5 Tips untuk Membantu Anak Belajar Mengenal Huruf

(0)
24 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa hal yang dapat membantu anak belajar mengenal hurufSeorang anak sedang belajar mengenal huruf dengan bantuan alat
Belajar mengenal huruf adalah salah satu langkah paling penting dalam perkembangan anak karena ini adalah tahap awal untuk belajar membaca dan menulis. Meskipun tidak mudah untuk diajarkan, Anda bisa memulai mengajarkan anak untuk mengenal huruf dengan berbagai metode supaya mereka lebih bersemangatContohnya dengan membaca, bernyanyi, dan bermain, Anda dapat membuat anak-anak penasaran dengan huruf dan memicu keinginan mereka untuk belajar lebih banyak. Pastikan untuk membuat hal-hal menyenangkan sebagai daya tarik belajar mengenal huruf.Idealnya, Anda bisa mulai mengajarkan huruf pada anak-anak ketika mereka berusia dua tahun. Mungkin ada beberapa anak yang menunjukkan minatnya belajar mengenal huruf lebih dini dan mampu memahaminya dengan cepat. Jika Anda dapat membuat anak-anak tertarik, maka belajar mengenal huruf akan sangat menyenangkan.

Tips penting untuk membantu anak belajar mengenal huruf

Berbagai tips berikut dapat Anda praktikkan untuk membantu anak belajar mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan.

1. Ajarkan huruf satu per satu

Jangan buru-buru mengajarkan semua huruf pada anak. Jika ini dilakukan, anak-anak bisa kewalahan dan justru akan membuat mereka bosan serta kehilangan semangatnya untuk belajar mengenal huruf.Sebaiknya, ajari anak satu per satu huruf. Buat anak melihatnya dalam berbagai bentuk dan ukuran. Anda bisa menggunakan bagan, pola, atau buku mewarnai. Begitu anak paham, cobalah untuk mengulangnya sebelum pindah ke huruf berikutnya.

2. Buat suasana belajar menjadi menyenangkan

Tidak ada orang yang suka belajar dengan suasana yang membosankan, begitu juga anak-anak. Salah satu cara terbaik untuk belajar mengenal huruf adalah dengan menunjukkan video huruf berbasis kartun.Kadang menyanyikan lagu-lagu tentang huruf ABC juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Nyanyikan setiap alfabet dan bantu anak Anda mengenali setiap hurufnya. Metode ini akan membantu Anda menarik perhatian mereka dengan mudah.

3. Identifikasi huruf

Belajar mengenal huruf bisa dilakukan dengan menggunakan media, seperti koran, majalah, atau papan iklan. Media-media tersebut berguna untuk membantu anak Anda mengidentifikasi huruf-huruf.Ketika ada yang salah saat mengidentifikasinya, cobalah minta anak Anda memperbaikinya. Beri hadiah pelukan, permen, atau pujian saat melakukannya dengan benar, hal itu akan membuat anak Anda memahami dengan cepat.Anda juga bisa menggunakan alat bantu, seperti puzzle alfabet atau game alfabet, untuk menarik perhatian anak dalam mengidentifikasi huruf.

4. Ajarkan huruf besar dan huruf kecil

Untuk mempelajari huruf besar dan kecil, gunakan bagan huruf dan bantu anak Anda menyalin huruf-huruf tersebut di atas kertas. Ulangi beberapa kali supaya mereka dapat mengenali dan mengingatnya dengan cepat.

5. Pengulangan adalah kunci

Pastikan anak Anda memahami huruf demi huruf. Jika masih ada yang belum yakin, kembalilah untuk mengulanginya.Lakukan apa pun yang anak Anda ingin dengar dan lakukan, seperti baca buku huruf, menggambar, atau bernyanyi. Secara tak langsung, ia akan mencoba untuk meniru apa yang Anda lakukan.

Bagaimana jika anak Anda kesulitan belajar mengenal huruf?

Masalah ini adalah salah satu dari sekian banyak ketakutan orangtua. Namun, Anda tidak perlu khawatir, mungkin hanya perlu waktu yang lebih lama bagi anak untuk belajar mengenal huruf. Kecuali jika ada kondisi lain yang mendasari ketidakmampuan anak belajar mengenal huruf, seperti gangguan disleksia.Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat anak belajar mengenal huruf.

1. Hindari cara belajar yang monoton

Anak-anak memang terkenal dengan sifatnya yang mudah bosan. Sebagai orangtua, Anda harus berupaya membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Cobalah untuk mengajar dengan berbagai metode dan usahakan gunakan metode yang berbeda setiap harinya. Dengan begitu, anak akan tertarik dan bersemangat.

2. Sabar dan terus memotivasinya

Saat belajar mengenal huruf pada anak, wajar saja bila anak Anda melakukan kesalahan. Sikap terbaik bagi orangtua adalah tidak menghukumnya, tetapi terus memotivasi anak Anda untuk memperbaiki kesalahannya. Jika mereka mampu mempelajarinya dengan baik, apresiasi usahanya dengan pujian atau hadiah.

3. Jangan terlalu memaksakan kehendak pada anak

Mungkin anak Anda butuh waktu untuk memahami apa yang sudah dipelajarinya. Tiap anak tentu saja memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, bisa dalam hitungan hari bahkan bulan. Dan semua itu kadang diluar ekspektasi orangtua. Oleh karena itu, menjadi fleksibel adalah solusi yang tepat.Itulah beberapa tips untuk membantu anak belajar mengenal huruf. Apabila anak terus kesulitan memahami huruf dalam waktu yang tidak wajar, Anda bisa mengonsultasikan masalah ini kepada dokter anak.
tips mendidik anak
Growinghandsonkids. https://www.growinghandsonkids.com/7-mistakes-avoid-teaching-alphabet-preschooler.html
Diakses pada 10 Juni 2020
Magiccrate. https://www.magiccrate.in/blog/education-tips-for-toddlers/teach-child-alphabets/
Diakses pada 10 Juni 2020
Parenting.firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-teach-kids-alphabets-top-10-ways/
Diakses pada 10 Juni 2020
Themeasuredmom. https://www.themeasuredmom.com/teaching-the-alphabet-to-preschoolers-why-and-how/
Diakses pada 10 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait