7 Tips untuk Atasi Hilang Semangat yang Bisa Dilakukan Sendiri


Ada kalanya seseorang bisa mengalami hilang semangat. Saat semangat menghilang, melakukan apapun terasa hambar. Namun ada cara mengatasi hilang semangat yanng bisa dilakukan sendiri seperti, beristirahat, mendengarkan musik, hingga melakukan hobi.

0,0
05 Aug 2021|Azelia Trifiana
Hilang semangat kadang bisa mengganggu aktivitas harianHilang semangat kadang bisa mengganggu aktivitas harian
Mustahil seseorang bisa merasa bersemangat sepanjang waktu. Merasa hilang semangat itu manusiawi. Bahkan, kadang juga disertai merasa down. Jika ini terjadi, mengubah situasi menjadi lebih baik bisa dimulai dari diri sendiri.Cari tahu apa yang paling bisa membuat mood jadi lebih baik. Pilah mana hal yang bisa dikendalikan dan mana yang tidak. Lalu, lakukan yang berada di bawah kendali Anda.

Jurus saat kehilangan semangat

Setiap orang punya cara berbeda untuk mengembalikan semangat yang sedang terjun bebas. Mulailah dari hal-hal sederhana, seperti:

1. Beristirahat

Bisa saja, Anda kehilangan semangat karena merasa burnout, stres, jenuh, atau kelelahan. Jika ini yang menjadi pemicunya, cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat. Ambil jeda dari apa yang tengah ditekuni agar pikiran kembali segar.Tak perlu lama, jeda atau istirahat sejenak saja sudah cukup ampuh untuk mengembalikan fokus. Terbukti, dalam penelitian psikologi kognitif pada tahun 2017 lalu, orang yang istirahat lima menit lebih bisa menuntaskan pekerjaan.Selama jeda berlangsung, partisipan melakukan aktivitas lain seperti mendengarkan musik atau sekadar duduk diam. Hasilnya, fokus mereka lebih baik ketimbang yang belum beristirahat sama sekali.

2. Berjalan kaki

jalan kaki
Cobalah jalan kaki selama 20 menit untuk memperbaiki mood
Idealnya, orang dewasa beraktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Untuk mengembalikan mood ketika merasa down, cobalah berjalan kaki sejenak. Kira-kira selama 20 menit saja, lalu lihat bagaimana perbedaan yang Anda rasakan.Bukan hanya baik untuk mood dan juga kesehatan mental secara keseluruhan, berjalan kaki ini juga menyehatkan. Pastikan lingkungan sekitar kondusif untuk berjalan kaki atau jogging sejenak. Idealnya, lakukan di lingkungan yang hijau seperti lapangan atau taman.

3. Mendengarkan musik

Secara psikologis, musik bisa meningkatkan mood ketika merasa hilang semangat. Ada dua studi eksperimen terkait hal ini yang membuktikan bahwa musik berpengaruh terhadap mood seseorang. Utamanya, jenis musik yang bersemangat.Menariknya, cara ini bisa membuat seseorang yang sedang merasa down menjadi bersemangat dengan cepat. Jadi, ketika Anda mulai merasa jenuh atau suasana hati mendung, coba dengarkan musik untuk membuat mood jauh lebih baik lagi.

4. Menolong orang lain

menolong orang lain
Menolong orang lain dapat memberikan rasa bahagia
Inilah alasan mengapa menolong orang lain bisa menjadi pelipur lara ketika merasa sedih. Perilaku prososial ini – sesederhana apapun – akan menghasilkan emosi positif atau warm glow. Bukan pihak penerima bantuan yang merasakannya, rasa ini eksklusif dialami oleh pemberi pertolongan.Ada banyak sekali cara menolong orang lain, bahkan bagi Anda yang tak punya waktu leluasa. Mulai dari membantu orang lain menyeberang jalan, menahan pintu untuk orang di belakang, memberikan donasi, atau mengirim makanan untuk mereka yang membutuhkan.Ada banyak sekali dampak positif dari menolong orang lain terhadap kesehatan mental, mulai dari merasa lebih bahagia hingga membuat umur lebih panjang.

5. Bercerita

Terkadang ketika kehilangan semangat dan pikiran penuh dengan sugesti negatif, berbincang dengan orang terdekat bisa mengubah situasi 180 derajat. Tentunya, orang yang Anda percaya betul dan nyaman dijadikan tempat bercerita.Sebab, dukungan sosial seperti dari teman dekat semacam ini adalah faktor kunci bagi stabilnya emosi seseorang. Sebaliknya, kurangnya dukungan sosial akan menyebabkan kesepian dan rentan stres, menurut studi pada tahun 2017 ini.

6. Merencanakan sesuatu

Siapa sangka, merencanakan sesuatu yang tidak berkaitan dengan rutinitas saat ini seperti rencana di masa depan, berlibur, atau menggagas sesuatu dapat mengusir mood buruk. Dalam dunia psikologi, ini disebut dengan proactive coping.Terbukti, merencanakan sesuatu untuk masa depan dapat membantu menghalau stres sehari-hari. Cara ini dapat menjadi sumber motivasi ketika hilang semangat. Namun, tak cukup hanya itu. Harus dipadukan juga dengan menjalani hari seutuhnya.

7. Melakukan hobi

Setiap orang idealnya punya hobi yang membuat perasaan jadi jauh lebih baik saat melakukannya. Mulai dari memasak, membuat kue, menari, melakukan yoga, meditasi, bermain dengan hewan peliharaan, berendam air hangat, dan banyak lagi.Tak hanya itu, menuliskan jurnal tentang apa hal yang bisa disyukuri juga termasuk hobi positif. Ketika merasa kehilangan semangat, hobi ini bisa menjadi sumber relaksasi.Hobi ini sifatnya sangat personal. Apa yang orang lain sukai belum tentu cocok untuk Anda. Begitu pula sebaliknya. Namun, perbedaan ini bukan untuk dibanding-bandingkan, justru harus dihormati.

Catatan dari SehatQ

Anda tidak sendirian ketika merasa down dan hilang semangat. Semua orang pernah mengalaminya, apapun pemicunya. Bahkan, terkadang hal ini datang tanpa disangka-sangka.Ada banyak hal yang tak bisa dikendalikan dalam hal ini. Ketika ingin mengembalikan semangat, jangan fokus pada hal-hal itu. Justru, fokuslah pada apa yang bisa Anda kendalikan.Dengan demikian, Anda bisa mencari celah bagaimana cara mengembalikan mood dan semangat dengan cepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang gejala depresi yang disertai hilang semangat tanpa henti, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
depresikesehatan mentalpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-make-yourself-feel-better-right-now-5093352
Diakses pada 22 Juli 2021
Applied Cognitive Psychology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/acp.3334
Diakses pada 22 Juli 2021
The Journal of Positive Psychology. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17439760.2012.747000
Diakses pada 22 Juli 2021
Electronic Physician. http://www.ephysician.ir/index.php/browse-issues/2017/9/802-5212
Diakses pada 22 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait