7 Tips Traveling yang Ampuh untuk Cegah Tubuh Sakit

(0)
Tips traveling untuk cegah sakit perlu dilakukan agar kondisi tubuh Anda senantiasa sehat selama jalan-jalanTraveling sudah jadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang untuk lepas penat
Saat berencana melakukan perjalanan singkat ke suatu tempat dalam waktu yang lama, sebaiknya jangan abaikan kesehatan Anda. Ya, jangan sampai momen menyenangkan Anda selama di kota atau negara tujuan malah terganggu lantaran kondisi tubuh yang kurang sehat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara cegah sakit saat jalan-jalan dengan tips traveling berikut ini.

Tips traveling agar tidak mudah jatuh sakit

Traveling tampaknya sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tetapi, sebaiknya jangan abaikan kondisi kesehatan Anda saat sedang jalan-jalan. Berikut adalah tips traveling yang perlu dilakukan agar tidak mudah jatuh sakit.

1. Mencukupi asupan air putih

Minum air putih yang cukup adalah salah satu tips traveling yang penting
Pastikan untuk mencukupi asupan air putih saat jalan-jalan
Salah satu tips traveling untuk mencegah sakit adalah mencukupi asupan air putih. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas yang dilakukan selama Anda traveling juga perlu dipertimbangkan. Pasalnya saat traveling, seringkali rasa haus diabaikan dan tanpa disadari tubuh sudah mengalami dehidrasi ringan.Jadi, jika cuaca di kota atau negara tujuan traveling Anda lebih panas maka sebaiknya konsumsi cairan lebih banyak. Atau bila Anda lebih banyak jalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan maka tingkatkan konsumsi cairan lebih dari biasanya.

2. Mengonsumsi vitamin

Tips traveling untuk mencegah sakit berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin guna meningkatkan sistem imun tubuh.Sebab, cuaca atau aktivitas yang dilakukan saat traveling bisa saja membuat Anda mudah terkena berbagai penyakit. Terutama saat kondisi imun tubuh sedang melemah. Rutin mengonsumsi vitamin dapat membuat daya tahan tubuh Anda tetap terjaga.Anda bisa mendapatkan sumber vitamin dari makanan, seperti ragam buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, tak ada salahnya untuk minta suplemen vitamin ke dokter Anda sebelum pergi traveling.

3. Berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman

Saat traveling ke sebuah kota atau negara tertentu, Anda mungkin penasaran ingin mencicipi ragam kuliner yang ada di lokasi tersebut. Akan tetapi, pastikan Anda mencari tahu kandungan serta kebersihan makanan atau minuman tersebut, lalu sesuaikan dengan kondisi tubuh. Terlebih jika Anda mengalami alergi terhadap suatu jenis makanan atau minuman tertentu.Selain itu, beberapa negara atau kota negara tujuan traveling bisa jadi memiliki kandungan air yang tidak aman untuk dikonsumsi, seperti air dari keran. Air dari keran tersebut bisa saja terkontaminasi oleh bakteri, virus, maupun bibit penyakit lainnya.Mungkin kasusnya akan berbeda bila dibandingkan dengan masyarakat lokal di kota atau negara tersebut yang sudah terbiasa minum dari air keran. Jadi, sebagai langkah pencegahan, sebaiknya masaklah air sendiri atau beli air mineral kemasan yang cenderung lebih aman untuk dikonsumsi. 

4. Selalu cuci tangan

Cuci tangan menjadi tips traveling untuk cegah sakit
Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik
Cuci tangan juga menjadi tips traveling untuk cegah sakit yang penting dan mudah dilakukan guna menjaga kesehatan.Selama traveling Anda akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Pada saat itulah, disadari atau tidak, tangan Anda mungkin sudah terpapar virus atau bakteri yang menempel.Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, terutama sebelum makan atau minum, dapat membantu menyingkirkan dan membunuh virus atau bakteri yang mungkin terdapat pada permukaan tangan Anda. Pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang tepat selama minimal 20 detik.Namun, jika Anda sulit menemukan akses air mengalir saat traveling, Anda bisa mencuci tangan dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol minimal 60%.

5. Meluangkan waktu untuk olahraga

Meski asyik traveling di negara atau kota tujuan berlibur, cobalah meluangkan waktu untuk olahraga.Luangkan waktu untuk bergabung dalam kegiatan olahraga, atau mudahnya Anda bisa memanfaatkan fasilitas olahraga atau gym di tempat Anda menginap. Anda juga bisa jalan santai atau jogging di area tempat menginap atau di taman kota. 

6. Tidur yang cukup

Tips traveling untuk mencegah sakit yang tak kalah penting adalah tetap mematuhi aturan tidur yang baik.Namun, beberapa situasi dan kondisi dapat membuat jadwal tidur Anda menjadi berantakan. Misalnya, jadwal perjalanan yang padat, hotel atau tempat menginap yang kurang nyaman, perbedaan zona waktu, jet lag, atau tidak bisa tidur lantaran tubuh yang terlalu lelah.Jadi, selalu upayakan Anda mendapat waktu tidur yang cukup selama traveling. Jika tidak, hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

7. Sedia obat-obatan

Sedia obat-obatan merupakan tips traveling untuk cegah sakit lainnya
Kotak P3K sebaiknya harus Anda bawa saat traveling
Pastikan Anda selalu sedia obat-obatan selama traveling. Sebab, Anda tentu tidak pernah tahu kapan hal terburuk akan terjadi pada Anda, termasuk bila jatuh sakit.Dengan menyediakan obat-obatan (seperti obat pereda nyeri, obat maag, atau obat alergi) dan peralatan P3K lainnya, maka dapat membantu Anda untuk mendapatkan pertolongan pertama apabila kemungkinan Anda terkena kondisi kesehatan tertentu saat traveling.

Catatan dari SehatQ

Saat traveling, sebaiknya jangan abaikan kondisi kesehatan Anda. Jangan sampai momen jalan-jalan nan menyenangkan justru berakhir petaka dengan kondisi tubuh yang kurang sehat. Dengan melakukan tips traveling untuk cegah sakit di atas, niscaya Anda senantiasa dalam kondisi sehat walaupun sedang jalan-jalan.
hidup sehatpola hidup sehat
US News. https://travel.usnews.com/features/simple-ways-to-avoid-getting-sick-while-traveling
Diakses pada 19 Mei 2020
HGTV. https://www.hgtv.com/lifestyle/travel/top-ways-to-stay-healthy-while-traveling-pictures
Diakses pada 19 Mei 2020
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/16-tips-to-stay-healthy-while-traveling_b_57f083a9e4b07f20daa10cc8
Diakses pada 19 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait