Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal
Obat-obatan menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi kesuburan

Peluang terjadinya kehamilan tidak bisa diprediksi dengan pasti. Pada pasangan dengan kondisi kesehatan yang cukup baik dan yang melakukan hubungan seks secara reguler biasanya akan mencapai kehamilan pada tahun pertama mencoba hamil.

Jika sudah mencoba cukup lama tapi tidak kunjung hamil, beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas bagi pria dan wanita.

[[artikel-terkait]]

Jaga Temperatur Testis untuk Meningkatkan Kesuburan

Apakah Anda suka berendam air hangat di kamar mandi? Atau melakukan sauna sehabis olahraga? Tahukah Anda, untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan, ternyata testis harus dalam temperatur dingin.

Menurut Eisenberg, MD, direktur program bedah dan reproduksi pria di Stanford, temperatur yang baik untuk produksi sperma adalah beberapa derajat di bawah suhu tubuh. Jadi, setiap kondisi yang meningkatkan suhu testis dimana sperma tersebut diproduksi justru berpotensi menimbulkan gangguan.

Penelitian telah membuktikan bahwa suhu panas dapat menurunkan jumlah sperma dan dibutuhkan waktu antara 2-3 bulan untuk membuat sperma baru yang matang. Sumber panas lainnya dapat berasal dari laptop yang Anda pangku.

Memangku laptop dapat menaikkan suhu skrotum sekitar satu derajat. Meski hanya satu derajat, kenaikan suhu ini dapat memengaruhi produksi sperma dalam waktu singkat, yaitu sekitar 15 menit saja. Jadi, jangan membiasakan untuk memangku laptop jika Anda sedang menggunakannya.

Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, menurunkan berat badan akan memperbesar peluang kehamilan. Berat badan berlebih akan membuat wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, bahkan tidak berovulasi sama sekali.

Menurut McLennan, MD, spesialis pengobatan janin di UC Davis Medical Center, mengurangi berat badan dalam jumlah yang kecil saja dapat meningkatkan kesuburan dan mengurangi risiko kesehatan selama kehamilan.

Bukan hanya kelebihan berat badan, ternyata tubuh yang terlalu kurus juga dapat memengaruhi kesuburan. Sebab, berat badan yang kurang bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan berisiko terhadap persalinan prematur dan berat badan bayi rendah.  

Pilih Obat-obatan yang Aman untuk Kehamilan

Sebelum Anda berencana untuk melakukan program hamil, sebaiknya periksa kembali efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Pastikan obat-obatan yang dikonsumsi tidak memengaruhi kesuburan maupun membahayakan bayi di masa depan. Konsumsi obat untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria, biasanya harus dihentikan.

Bukan hanya pria, wanita pun juga harus memperhatikan hormon testosteron, serta obat-obatan lain untuk mengatasi tiroid, kejang, masalah psikis, serta obat hormonal yang memiliki kandungan estrogen serta progesteron.  

Kandungan hormon-hormon tersebut biasanya terdapat dalam pil KB, yang berfungsi untuk mencegah kehamilan. Jika konsumsi dengan kandungan hormon tersebut dihentikan, biasanya tubuh tidak membutuhkan waktu lama untuk mengalami kehamilan. Bahkan jika Anda telah mengonsumsi obat tersebut bertahun-tahun.

Jenis obat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda adalah yang mengandung asam folat. Konsumsi asam folat secara rutin setiap hari akan meningkatkan kesuburan dan membantu mencegah bayi cacat lahir.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/8-ways-to-boost-your-fertility
Diakses pada 2 Februari 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324411.php
Diakses pada 2 Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed