logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

7 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria agar Cepat Hamil

open-summary

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.


close-summary

4.25

(12)

2 Feb 2019

| Maria Yuniar

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara meningkatkan kesuburan wanita dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

salah satu cara meningkatkan kesuburan wanita adalah tidak minum sembarang obat

Table of Content

  • Cara meningkatkan kesuburan wanita dan pria

Peluang terjadinya kehamilan tidak bisa diprediksi dengan pasti. Maka itu, Anda perlu mulai memperhatikan cara meningkatkan kesuburan pria dan wanita agar cepat hamil dan dapat momongan.

Advertisement

Pada pasangan dengan kondisi kesehatan yang cukup baik dan yang melakukan hubungan seks secara reguler biasanya akan mencapai kehamilan pada tahun pertama mencoba hamil.

Jika sudah mencoba cukup lama untuk hamil namun tidak berhasil, beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan wanita agar cepat hamil.

Baca Juga

  • Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan
  • Asam D-Aspartat untuk Testosteron, Tidak Semua Pria Bisa Merasakan Manfaatnya
  • Berbagai Penyebab Tulang Rusuk Sakit saat Hamil dan Cara Menanganinya

Cara meningkatkan kesuburan wanita dan pria

Penelitian menunjukkan, 50% pasangan yang belum hamil pada tahun kedua pernikahan memiliki hubungan erat dengan kesuburan wanita. Jika Anda ingin segera cepat hamil, sejumlah cara meningkatkan kesuburan ini perlu diperhatikan oleh pria dan wanita:

1. Jaga pola makan dan berat badan ideal

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, menurunkan berat badan akan memperbesar peluang kehamilan. Berat badan berlebih akan membuat wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur, bahkan tidak berovulasi sama sekali dan menurunkan kesuburan sel telur.

Menurut McLennan, MD, spesialis pengobatan janin di UC Davis Medical Center, mengurangi berat badan dalam jumlah yang kecil saja dapat meningkatkan kesuburan dan mengurangi risiko kesehatan selama kehamilan.

Bukan hanya kelebihan berat badan, ternyata tubuh yang terlalu kurus juga dapat memengaruhi kesuburan. Sebab, berat badan yang kurang bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan berisiko terhadap persalinan prematur dan berat badan bayi rendah.

Obesitas pada pria juga dapat memengaruhi kualitas sperma yang diproduksi untuk membuahi sel telur. 

Baca juga: Cara Mengetahui Masa Subur untuk Merencanakan Kehamilan

2. Pilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan

Sebelum Anda berencana untuk melakukan program hamil, sebaiknya periksa kembali efek samping obat-obatan yang dikonsumsi.

Pastikan obat-obatan yang dikonsumsi tidak memengaruhi kesuburan maupun membahayakan bayi di masa depan. Konsumsi obat untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria, biasanya harus dihentikan.

Bukan hanya pria, wanita pun juga harus memperhatikan hormon testosteron, serta obat-obatan lain untuk mengatasi tiroid, kejang, masalah psikis, serta obat hormonal yang memiliki kandungan estrogen serta progesteron.  

Kandungan hormon-hormon tersebut biasanya terdapat dalam pil KB, yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.

Jika konsumsi obat hormon tersebut dihentikan, biasanya tubuh tidak membutuhkan waktu lama untuk mengalami kehamilan. Bahkan jika Anda telah mengonsumsi obat tersebut bertahun-tahun.

3. Mengonsumsi asam folat

Jenis obat atau suplemen yang dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda adalah yang mengandung asam folat. Konsumsi asam folat secara rutin setiap hari akan meningkatkan kesuburan dan membantu mencegah bayi cacat lahir. Pastikan untuk rutin memenuhi kebutuhan nutrisi penting asam folat sebanyak 400 mikrogram perhari.

Baca juga: Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur, Anda Wajib Tahu Agar Promil Sukses

4. Tidak mengonsumsi alkohol dan merokok

Rokok dan alkohol adalah salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan ketidaksuburan atau infertilitas baik pada pria dan wanita.

Maka itu, jika ingin cepat hamil, hindari paparan asap rokok baik dari perokok aktif maupun pasif. Hindari juga mengonsumsi alkohol karena dapat mengganggu kesuburan rahim. Tidak mengonsumsi alkohol dan merokok juga menjadi salah satu cara meningkatkan kesuburan pria.

Riset membuktikan, kebiasaan merokok memengaruhi berbagai aspek kesehatan sperma. Merokok berisiko mengurangi jumlah sperma dan bentuknya, sekaligus menurunkan tingkat motilitasnya. Yang dimaksud motilitas sperma adalah kemampuannya dalam berenang.

5. Makan makanan penyubur rahim

Dikutip dari Tommy's, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat turut mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang.

Maka agar cepat hamil, penting bagi pasangan pria dan wanita mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang mulai dari protein hewani, karbohidrat, lemak sehat, vitamin serta mineral.

Pilihlah makanan penyubur kandungan dari buah, sayur maupun produk olahan susu lainnya. Anda dapat mengonsumsi berbagai sayuran hijau, alpukat, jeruk, telur, yoghurt, madu hingga susu sebagai cara meningkatkan kesuburan wanita. 

Baca juga: Berencana Hamil? Jangan Lupakan Makanan Penyubur Kandungan Ini

6. Jangan mudah stres

Cara alami meningkatkan kesuburan pria dan wanita salah satunya adalah dengan tidak mudah stres. Pada wanita, stres busa menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh yang menganggu siklus menstruasi dan memicu masalah kesuburan.

Sementara pada pria, peningkatan hormon kortisol berdampak negatif pada testosteron. Stres yang berlebihan dalam jangka panjang membuat kadar testosteron menurun.

Pastikan untuk selalu berpikiran positif dan menenangkan diri ketika Anda sedang merasa tertekan atau lelah. Bila perlu cari pertolongan profesional untuk membantu mengelola masalah stres Anda. 

7. Rajin olahraga

Cara meningkatkan kesuburan pria dan wanita lainnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar dapat memelihara kestrabilan dan keseimbangan hormon sehingga dapat meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi. 

Rutin olahraga juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan pria karena olahraga terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan kesuburan sperma.

Jika Anda ingin berkonsultasi pada dokter terkait cara meningkatkan kesuburan wanita dan pria, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

kehamilanmeningkatkan kesuburan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved