Hindari Keriput dan Penuaan Dini Hanya dengan Menggunakan Sunscreen!

Pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30
Ketika mengaplikasikan sunscreen, oleskan secara tipis-tipis namun merata.

Meskipun menyadari pentingnya penggunaan sunscreen untuk mencegah keriput dan kanker kulit, terkadang banyak orang yang tidak mengindahkan penggunaannya. Kondisi ini bukan hanya menyebabkan orang-orang tidak melindungi kulit, tetapi juga membuat mereka berisiko terkena kanker kulit disebabkan paparan ultraviolet dari matahari.

Banyak orang tidak menggunakan sunscreen sebagaimana mestinya. Padahal, seharusnya orang dewasa harus menggunakan sekitar dua sendok teh sunscreen pada kepala, lengan, dan leher atau dua sendok makan jika menggunakannya di seluruh tubuh saat akan berenang.

Saat ini, Anda memang bisa dengan mudah mendapatkan produk makeup dengan kandungan SPF di dalamnya. Namun hal ini bukanlah solusi terbaik. Sebab, produk makeup tersebut belum cukup melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Panduan Menggunakan Sunscreen untuk Kecantikan Kulit

Agar kulit tetap terlindungi dan terhindar dari keriput sebelum waktunya, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menggabungkan keduanya.

1. Sunscreen yang Tepat

Sebelum mulai berdandan, pastikan Anda telah menggunakan sunscreen yang menawarkan perlindungan yang cukup untuk kulit Anda. The Skin Cancer Foundation menyarankan penggunaan pelembap yang mengandung sunscreen berspektrum luas, sehingga dapat menghalau bahaya sinar UVA dan UVB. Setidaknya, Anda memilih sunscreen dengan SPF 15.

Jika Anda mengkhawatirkan timbulnya lapisan putih akibat penggunaan sunscreen, pastikan Anda menghindari produk yang mengandung zinc oxide atau titanium dioksida. Sehingga, Anda tetap bisa menggunakan sunscreen sebelum menggunakan makeup, tanpa mencemaskan timbulnya lapisan putih.

2. Oleskan Sunscreen Secara Merata

Ketika mengaplikasikan sunscreen, oleskan secara tipis-tipis namun merata. Kira-kira sebanyak satu sendok teh untuk wajah, leher, dan telinga. Lalu, biarkan meresap ke dalam kulit dan bersihkan sisanya menggunakan tisu. Setelah Anda selesai mengoleskan sunscreen, bersihkan sisa-sisa sunscreen dari tangan Anda, sebelum mulai mengaplikasikan riasan.

Jika sunscreen yang digunakan terlalu sedikit, jumlah perlindungan yang diberikan juga berkurang. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sekitar dua sendok teh jika hanya digunakan pada kepala, lengan dan leher. Namun, jika Anda menggunakannya di seluruh tubuh, Anda disarankan untuk menggunakan sekitar 2 sendok makan.

3. SPF yang Cukup

SPF atau Skin Protection Factor biasanya dicantumkan pada kemasan untuk memberitahu lamanya sunscreen dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari (UV). Idealnya, SPF 30 akan melindungi kulit Anda 30 kali lebih panjang daripada tidak menggunakan sama sekali.

SPF 30 hanya membiarkan 3% sinar UVB mengenai kulit, sedangkan SPF 50 hanya 2%. Dengan kata lain, jika kulit tanpa olesan sunscreen dapat memerah dan terbakar dalam waktu 10 menit di bawah sinar matahari, maka dengan memakai SPF 30, maka daya tahan kulit di bawah sinar matahari adalah 300 menit atau 5 jam.

4. Jenis dan Bentuk yang Tepat

Pilihlah sunscreen yang cocok dengan kondisi Anda karena ini akan menjadi bagian keseharian Anda. Pastikan sunscreen yang digunakan melindungi Anda dari UVA dan UVB, memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

Jenis sunscreen yang digunakan bisa jadi tergantung pada pilihan Anda sendiri, dan bisa bervariasi tergantung daerah yang akan dilindungi. Pilihan sunscreen yang tersedia meliputi losion, krim, gel, salep, bentuk padat, dan spray.

  • Krim paling baik untuk kulit kering dan untuk digunakan di bagian wajah.
  • Gel cocok untuk daerah berambut, seperti kulit kepala.
  • Bentuk padat atau stick cocok untuk daerah mata.
  • Spray paling disukai orangtua untuk memberikan sunscreen kepada anak.

5. Gunakan Kembali

Seorang ahli merekomendasikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen satu kali sehari, saat Anda beraktivitas di dalam ataupun di luar ruangan. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah, The Skin Cancer Foundation merekomendasikan penggunaan kembali sunscreen pada wajah dan bibir, setiap dua jam sekali.

Selain diaplikasikan sebelum menggunakan makeup, sunscreen pun bisa Anda pakai sebelum mengoleskan losion antinyamuk pada kulit tubuh. Anda dapat melakukan langkah ini jika ingin beraktivitas di lokasi dengan paparan sinar matahari, sekaligus rawan gigitan nyamuk

WebMD.
https://www.webmd.com/beauty/features/sunscreen-and-your-makeup-routine#1
Diakses pada Oktober 2018

Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/article/print/18081400001/health-information-for-traveller-to-2018-asian-games-in-indonesia.html
Diakses pada 12 Maret 2019

NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/sunscreen-and-sun-safety/
Diakses pada 27 Maret 2019

Skin Cancer Foundation. https://www.skincancer.org/skin-cancer-information/ask-the-experts/does-a-higher-spf-sunscreen-always-protect-your-skin-better
Diakses pada 27 Maret 2019

AAD. https://www.aad.org/media/stats/prevention-and-care/sunscreen-faqs
Diakses pada 27 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed