Urutan Skincare untuk Remaja Sebagai Langkah Tepat Jaga Kulit Sejak Dini


Skincare untuk remaja perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Ada beberapa urutan skincare remaja yang sebaiknya digunakan seperti pelembap hingga sunscreen agar terhindar dari masalah kulit yang umum terjadi saat usia pubertas.

(0)
02 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Skincare untuk remaja ada berbagai macam yang bisa digunakan sesuai jenis kulitSkincare untuk remaja perlu diaplikasikan dengan urutan yang benar
Skincare untuk remaja hadir dalam berbagai jenis dan merek di pasaran. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Cara menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan sejak dini agar masalah kulit saat puber yang berisiko menurunkan rasa percaya diri bisa dihindari. Saat masuk usia remaja, pasti ada banyak hal yang dialami untuk pertama kali, mulai dari pacar pertama hingga jerawat pertama. Ya, kondisi kulit memang akan berubah saat masuk usia pubertas karena jadi lebih mudah berminyak dan berjerawat. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kesehatan kulit dengan penggunaan skincare yang aman untuk remaja pemula.

Urutan skincare remaja sesuai produknya

Untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini, penggunaan produk perawatan kulit atau skincare menjadi hal yang penting dilakukan.Skincare adalah berbagai produk perawatan kulit yang terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari sabun pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya.Urutan skincare untuk remaja pemula harus diperhatikan agar tidak sampai salah saat menggunakannya. Jika sampai salah, maka hasil perawatannya jadi tidak maksimal.Berikut adalah urutan skincare untuk remaja pemula yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. 

1. Sabun cuci muka

Salah satu urutan skincare pagi dan malam untuk remaja adalah sabun cuci muka. Cuci muka merupakan tahap awal yang tidak boleh terlewat. Apa pun jenis kulit Anda, pilihlah sabun cuci muka yang kandungannya ringan dan mampu menyingkirkan kotoran serta minyak di wajah.
Skincare untuk remaja yang penting adalah rutin membersihkan wajah
Cuci muka dengan sabun pembersih wajah lembut
Anda dapat melakukan cuci muka minimal 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan air suam-suam kuku atau air hangat saat membersihkan wajah. Ini bertujuan untuk melonggarkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami pada wajah. Bagi remaja dengan kulit wajah normal atau kulit kombinasi, pilihlah sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat dapat membantu mengendalikan produksi minyak sekaligus meningkatkan hidrasi kulit. 

2. Toner wajah

Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja berikutnya adalah toner wajah. Fungsi toner wajah adalah membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah tahap membersihkan wajah. Toner wajah juga bermanfaat dalam membantu mengembalikan pH kulit Anda yang hilang saat mencuci muka. Bagi remaja dengan kulit berjerawat, penggunaan toner dengan kandungan tertentu bisa membantu meredakan jerawat meradang, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari. Toner yang beredar di pasaran juga ada banyak jenisnya. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

3. Pelembap

Urutan skincare untuk remaja yang tak kalah penting adalah mengoleskan pelembap. Anda dapat mengoleskan pelembap dua kali sehari.Penggunaan pelembap bertujuan untuk membuat kulit terhidrasi, terasa kenyal, dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. Cara mengoleskan pelembap adalah ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.
Pelembap adalah skincare untuk remaja yang penting digunakan
Gunakan pelembap wajah dua kali sehari
Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta target masalah kulit yang Anda alami.Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap berlabel bebas minyak guna mencegah penyumbatan pori-pori. Bagi remaja yang rentan mengalami jerawat, gunakan pelembap bertekstur gel. Sementara, bagi remaja yang memiliki kulit sensitif, hindari penggunaan pelembap yang mengandung zat wewangian. Alangkah baiknya bila pelembap yang digunakan kandungannya ringan serta mengandung SPF dan berlabel broad-spectrum untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

4. Sunscreen atau tabir surya

Skincare untuk remaja yang tak kalah penting adalah sunscreen atau tabir surya. Walaupun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, paparan sinar matahari masih bisa menembus ke dalam. Jadi, penggunaan sunscreen sebagai urutan skincare untuk remaja pemula tidak boleh sampai terlewat.Anda bisa menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide untuk mencegah munculnya masalah jerawat. Selain itu, pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 serta berlabel broad-spectrum guna melindungi dari paparan sinar ultraviolet A dan B. Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

5. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah adalah rekomendasi skincare untuk remaja yang perlu dilakukan beberapa kali dalam sepekan. Eksfoliasi wajah atau scrub bertujuan untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang rentan terjadi pada usia pubertas. Lakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu dengan produk khusus yang bisa memicu pengelupasan kulit mati.Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat dan golongan alpha hydroxy acid/AHA untuk menjaga pori-pori kulit tetap bersih. Penggunaan scrub wajah dari bahan alami juga dapat dilakukan di rumah. Anda bisa membuat scrub wajah alami dari campuran gula dan madu. Bagi pemilik kulit sensitif, gunakan scrub wajah alami dari campuran oatmeal, madu, dan susu. 

6. Obat jerawat

Skincare untuk remaja yang tak kalah penting adalah obat jerawat
Oleskan salep jerawat yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida
Skincare untuk remaja pemula yang perlu digunakan adalah obat jerawatSaat kulit sedang berjerawat, ganti urutan skincare untuk remaja menjadi tahapan cuci muka, toner, lalu oleskan obat jerawat.Meski jerawat dapat muncul pada usia berapa pun, usia pubertas biasanya lebih sering mengalami jerawat akibat ketidakseimbangan hormon yang terjadi.  Nah, pilihan obat jerawat yang bisa digunakan adalah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksidaSelain itu, obat jerawat mengandung sulfur juga dapat membantu mengobati jerawat akibat pubertas. Kandungan sulfur biasanya cenderung lebih lembut di kulit daripada asam salisilat dan benzoil peroksida. 

Rekomendasi skincare untuk remaja pemula lainnya

Selain menerapkan urutan skincare remaja pemula di atas, Anda juga disarankan untuk memaksimalkan perawatan wajah dengan langkah-langkah sebagai berikut. 

1. Hindari menyentuh area wajah

Salah satu rekomendasi skincare untuk remaja pemula yang perlu dipatuhi adalah hindari menyentuh area wajah, terutama dengan jari tangan yang belum dibersihkan. Pasalnya, sering menyentuh wajah tanpa membersihkannya dengan air dan sabun dapat memindahkan minyak, kotoran, dan bakteri yang terdapat pada permukaan jari tangan Anda. Kondisi inilah yang memicu munculnya jerawat. Langkah ini berlaku pula bagi Anda yang sedang berjerawat. Sebaiknya, hindari menyentuh atau memencet jerawatSebab, memencet jerawat dapat memicu infeksi, merusak jaringan kulit, hingga menyebabkan peradangan lebih lanjut. 

2. Selalu bersihkan make up sebelum tidur

Bagi Anda yang menggunakan make up, pastikan untuk membersihkannya sebelum tidur di malam hari. Anda bisa mulai membersihkan wajah dengan micellar water, minyak pembersih wajah (cleansing oil), atau produk pembersih wajah lain sebelum mencuci muka lainnya.Hal tersebut dilakukan agar debu, kotoran, minyak, dan make up yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas bisa terangkat sempurna. Hindari tidur menggunakan make up karena kebiasaan ini dapat berisiko menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya jerawat. 

3. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk remaja

Rekomendasi skincare untuk remaja berikutnya adalah gunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit Anda. Pastikan Anda menggunakan sabun pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen yang kandungannya lembut di kulit. Pilih pelembap dan sunscreen yang berbahan dasar air atau bertekstur gel untuk mencegah kulit semakin berminyak. 

4. Jangan berbagi penggunaan produk make up dengan orang lain

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak disarankan untuk menggunakan produk make up dengan orang lain. Pasalnya, langkah ini dapat memindahkan bakteri antarkulit sehingga memperparah kondisi jerawat atau masalah kulit yang sedang dialami. 

5. Minum air putih yang cukup

Minum banyak air putih juga menjadi rekomendasi skincare untuk remaja. Dengan demikian, kulit Anda akan terhidrasi dengan baik dan tampak bercahaya. 

6. Konsumsi sayuran dan buah lebih banyak

Cara menjaga kesehatan kulit tak hanya dari perawatan luar, melainkan juga dari apa yang Anda konsumsi. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, serta hindari makanan berminyak dan mengandung tinggi gula dapat memperparah masalah kulit saat pubertas. 

Sebelum pakai skincare untuk remaja, kenali dulu jenis kulit Anda

Ada berbagai jenis rekomendasi skincare untuk remaja yang hadir di pasaran. Masing-masing ditujukan untuk kondisi kulit yang berbeda-beda. Nah, agar hasil perawatan kulit Anda maksimal, sebaiknya kenali dulu jenis kulit Anda. 

1.  Kulit normal

Kulit wajah normal adalah jenis kulit yang teksturnya terlihat halus dan lembut. Selain itu, tidak juga muncul bintik-bintik merah dan tidak ada kulit yang terlihat memerah dan mengelupas.

2. Kulit berminyak

Kalau Anda punya kulit yang berminyak, maka kulit akan terlihat mengilap dan pori-pori pun terlihat besar. Kulit berminyak membuat jerawat dan komedo jadi lebih mudah muncul.

3. Kulit kering

Kulit kering kadang agak sulit dibedakan dari jenis kulit normal. Namun jika disentuh, kulit akan terasa kasar. Biasanya, kulit yang kering jadi mudah mengelupas dan sering terasa gatal.

4. Kulit kombinasi

Pada kulit kombinasi, area dahi dan hidung atau yang lebih dikenal sebagai area T-zone akan terlihat berminyak dan area lainnya seperti pipi, terlihat kering.Setelah mengetahui jenis kulit Anda, maka pilihlah produk perawatan kulit atau skincare yang aman untuk remaja sesuai jenis kulit. Biasanya, di kemasan setiap produk perawatan kulit tertulis bahwa produk tersebut ditujukan untuk kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi.Baca Juga: Perawatan Kulit Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda

Catatan dari SehatQ

Perlu diingat bahwa sifat setiap kulit orang pun berbeda-beda. Terkadang, produk skincare untuk remaja yang digunakan oleh satu orang belum tentu cocok digunakan oleh orang lain.Pasalnya, urutan skincare remaja yang benar juga perlu disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah. Dengan demikian, manfaat dari setiap urutan skincare remaja bisa Anda dapatkan dengan optimal. Anda pun tidak perlu kaget kalau ada satu atau dua produk yang mungkin akan membuat kondisi kulit semakin berjerawat. Segera hentikan penggunaan produk tersebut dan berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi skincare yang aman untuk remaja sesuai masalah kulit Anda. Jika Anda merasa bingung dan ragu dalam memilih dan menggunakan skincare yang aman untuk remaja, konsultasikan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kulit berminyakmakeupperawatan kulitjerawatkulit kering
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-for-teen-skin.aspx
Diakses pada 4 Mei 2020
WebMD. https://teens.webmd.com/teen-skin-care-tips#2
Diakses pada 4 Mei 2020
Mom Junction. https://www.verywellhealth.com/skin-care-for-teens-15938
Diakses pada 4 Mei 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/skin-care-tips-for-teenagers
Diakses pada 2 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait