Tips Skincare untuk Remaja dan Langkah Tepat Jaga Kulit Sejak Dini

(0)
02 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Skincare untuk remaja ada berbagai macam, Anda perlu pilih yang sesuaiSkincare untuk remaja perlu diaplikasikan dengan urutan yang benar
Saat masuk usia remaja, pasti ada banyak hal yang dialami untuk pertama kali, mulai dari pacar pertama hingga jerawat pertama. Ya, kondisi kulit memang akan berubah saat masuk usia pubertas karena jadi lebih gampang berjerawat dan berminyak. Karena itu, Anda perlu mulai memperhatikan kesehatan kulit dengan menggunakan skincare untuk remaja.Selain bisa membuat jadi lebih percaya diri, merawat kulit sejak dini akan membuat Anda terhindar dari bekas-bekas jerawat seperti bopeng dan flek hitam dikemudian hari. Jadi, mulailah untuk menjaga kulit dengan tips-tips berikut ini.

Sebelum pakai skincare untuk remaja, kenali dulu jenis kulit Anda

Saat ini ada banyak jenis skincare yang beredar di pasaran. Masing-masingnya ditujukan untuk kondisi kulit yang berbeda. Jadi, agar hasil perawatan kulit Anda bisa maksimal, kenali dulu jenis-jenis kulit yang ada.

• Kulit normal

Kulit yang berjenis normal, teksturnya terlihat halus dan lembut. Selain itu, tidak juga muncul bintik-bintik merah dan tidak ada kulit yang terlihat yang memerah dan mengelupas.

• Kulit berminyak

Kalau Anda punya kulit yang berminyak, maka kulit akan terlihat mengkilap dan pori-pori pun terlihat besar. Kulit berminyak membuat jerawat dan komedo jadi lebih mudah muncul.

• Kulit kering

Kulit kering kadang agak sulit dibedakan dari jenis kulit normal. Namun jika disentuh, kulit akan terasa kasar. Biasanya, kulit yang kering jadi mudah mengelupas dan sering terasa gatal.

• Kulit kombinasi

Lalu pada kulit kombinasi, area dahi dan hidung atau yang lebih dikenal sebagai area T-zone akan terlihat berminyak dan area lainnya seperti pipi, terlihat kering.Setelah mengetahui jenis kulit Anda, maka pilihlah produk perawatan kulit yang memang sesuai. Biasanya, di kemasan setiap produk perawatan kulit tertulis bahwa produk tersebut ditujukan untuk kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi.

Urutan pakai skincare untuk remaja

Urutan pemakaian skincare juga penting diperhatikan karena jika salah, maka hasil perawatannya pun tidak akan maksimal. Inilah urutan pakai skincare untuk remaja yang paling sederhana tapi efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Cuci muka

Cuci muka adalah tahap awal yang tidak boleh terlewat. Apapun jenis kulit Anda, pilihlah sabun cuci muka yang ringan dan cukup untuk menyingkirkan kotoran serta minyak di wajah.Cuci muka sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari yaitu saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Namun saat malam hari, Anda sebaiknya membersihkan muka dengan micellar water atau minyak pembersih wajah lain sebelum mencuci muka. Hal ini dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas bisa terangkat.

2. Pakai toner

Tahap kedua adalah memakai toner. Toner yang beredar di pasaran juga ada banyak jenisnya. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Toner berfungsi untuk mengecilkan sekaligus membersihkan pori-pori. Produk ini juga akan meremajakan kulit.

3. Pakai pelembap

Apapun jenis kulitnya, pelembap tetap perlu digunakan sebab produk ini akan membantu menghidrasi dan menutrisi kulit. Pilihlah pelembap yang berbahan ringan dan tidak mengandung minyak.

4. Pakai sunscreen

Terakhir, Anda harus selalu pakai sunscreen. Sebab, meski lebih banyak duduk di dalam ruangan atau di dalam mobil, sinar matahari masih bisa menembus ke dalam. Pilih sunscreen dengan SPF 35 ke atas untuk perlindungan maksimal.

Tips skincare untuk remaja

Agar kulit bisa terjaga dengan sempurna, berikut ini tips lain yang perlu diperhatikan.
  • Bersihkan kulit secara perlahan.
  • Selalu bersihkan muka sebelum tidur.
  • Jika kulit berminyak, pilih produk yang mengandung salicylic acid atau asam salisilat
  • Saat siang hari, jangan biarkan minyak menumpuk. Jika tidak memunginkan untuk cuci muka, gunakan kertas minyak untuk wajah.
  • Lakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu dengan produk khusus yang bisa memicu pengelupasan kulit mati.
  • Saat kulit sedang berjerawat, ganti urutan pemakaian skincare menjadi cuci muka, toner, lalu oleskan obat jerawat.
  • Jangan berbagi penggunaan alat make up dengan orang lain, karena bisa memindahkan bakteri antarkulit.
  • Jagalah kebersihan tangan. Sebab secara tidak sadar, Anda pasti sering menyentuh muka. Jika tangan kotor, maka wajah pun akan ikut kotor.
  • Kontrol kondisi kulit dengan datang ke dokter kulit setiap satu bulan atau beberapa bulan sekali sesuai kebutuhan.
Saat memilih skincare untuk remaja, pastikan pilih yang paling sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Selain itu, sifat setiap kulit pun berbeda-beda. Terkadang, produk yang cocok digunakan oleh satu orang belum tentu cocok digunakan oleh orang lain.Jadi jangan kaget kalau ada satu atau dua produk yang mungkin akan membuat kondisi kulit Anda tambah berjerawat. Saat hal ini terjadi, pastikan untuk segera berhenti menggunakan produk tersebut.
kulit berminyakmakeupperawatan kulitjerawatkulit kering
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-for-teen-skin.aspx
Diakses pada 4 Mei 2020
WebMD. https://teens.webmd.com/teen-skin-care-tips#2
Diakses pada 4 Mei 2020
Mom Junction. https://www.verywellhealth.com/skin-care-for-teens-15938
Diakses pada 4 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait