9 Tips Semangat Kerja agar Kembali Produktif Setelah Akhir Pekan

(0)
Tips semangat kerja diperlukan agar Anda kembali bergairah melakukan rutinitas pekerjaanSalah satu tips semangat kerja setelah akhir pekan adalah tidak menganggap pekerjaan sebagai beban
Setelah bersantai di akhir pekan yang menyenangkan, tentu rasanya berat untuk kembali masuk kerja di hari Senin. Maka dari itu, penting bagi para pekerja untuk mencari tips semangat kerja agar kembali bergairah melakukan rutinitas pekerjaan. Terlebih apabila mengingat suasana kantor yang sedang membuat jenuh, tugas dan deadline yang menumpuk, serta target yang harus dicapai. Jadi, jangan biarkan hal-hal ini dapat menurunkan semangat kerja dan memengaruhi kinerja Anda dalam bekerja. 

Tips semangat kerja di kantor setelah akhir pekan

Rasa suntuk, jenuh, atau lelah bekerja jangan dibiarkan begitu saja. Mumpung masih awal pekan, sekarang saatnya Anda untuk bangkit dan mulai membuka lembaran baru demi bekerja lebih semangat dan produktif. Yuk, coba berbagai tips semangat kerja di bawah ini agar motivasi kerja semakin membara sehingga produktivitas Anda di kantor pun jadi meningkat. 

1. Temukan apa yang membuat Anda bahagia

Tips semangat kerja adalah dengan selalu tersenyum
Mencari sesuatu untuk disyukuri jadi salah satu tips semangat kerja
Meski terdengar klise, salah satu tips semangat kerja ini akan berhasil membantu meningkatkan motivasi dan produktivitas Anda di kantor. Anda dapat melakukannya sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri. Setiap orang tentu memiliki setidaknya satu hal kecil untuk disyukuri. Misalnya, kembali ke kantor karena bertemu dengan teman-teman kantor kesayangan, agenda makan siang atau kencan sepulang kantor, dan lainnya. 

2. Buat meja kerja senyaman rumah Anda

Meja kerja yang berantakan tentu dapat membuat semangat kerja Anda menurun. Nah, salah satu tips semangat kerja tetap tinggi setelah akhir pekan adalah menyisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja kerja. Tak ada salahnya menghias meja kerja sesuai keinginan Anda. Misalnya, meletakkan bingkai foto anggota keluarga atau kekasih hati, boneka pajangan atau miniatur mainan, atau kertas tempel yang bertuliskan tugas atau deadline yang harus Anda kerjakan dengan segera. Dengan tips semangat kerja ini, Anda akan merasa lebih nyaman dan rileks. 

3. Jangan anggap pekerjaan sebagai beban

Tips semangat kerja yang harus selalu diingat adalah jangan menganggap pekerjaan sebagai suatu beban yang berat. Meski mungkin melelahkan dan menguras otak, anggap saja pekerjaan yang kalian lakukan sebagai bagian dari kepingan puzzle yang dapat membantu Anda meningkatkan jenjang karir atau mendapatkan nilai baik di mata atasan.Jadi, energi yang dibutuhkan untuk bekerja akan datang lebih mudah dengan menerapkan tips semangat kerja ini. 

4. Hindari multitasking

Tips semangat kerja berikutnya adalah hindari multitasking
Hindari multitasking dengan membuat skala pekerjaan yang prioritas
Melakukan pekerjaan kantor memang erat hubungannya dengan multitasking. Namun, tahukah Anda kalau menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan secara bersamaan justru dapat membuang waktu?Ya, sebuah laporan ilmiah yang dipublikasikan dalam American Psychological Association mengemukakan bahwa orang-orang yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih kegiatan sekaligus justru menjadi mudah teralihkan pikirannya. Akibatnya, kualitas pekerjaan mereka akan menjadi buruk. Oleh karena itu, tips semangat kerja di kantor yang penting adalah fokus menyelesaikan satu pekerjaan di satu waktu sebelum beralih ke tugas berikutnya. 

5. Abaikan hal tidak penting

Tips semangat kerja untuk karyawan di kantor berikutnya adalah mengabaikan hal tidak penting. Sebaiknya, perhatikan apa saja hal-hal yang akan Anda lakukan hari ini. Hindari kegiatan tidak penting yang berpotensi menurunkan motivasi Anda saat bekerja. Misalnya, membuka akun sosial media setiap beberapa menit sekali sehingga dapat mengganggu produktivitas dalam bekerja sehingga pekerjaan Anda tak kunjung diselesaikan.Sebagai solusinya, Anda dapat membuka akun sosial media atau membalas pesan masuk yang sifatnya tidak terlalu penting pada saat istirahat atau makan siang.  

6. Jangan lupa untuk istirahat sejenak

Saat pagi hari Anda akan menumpahkan segala tenaga dan pikiran untuk bekerja. Namun, apabila jam makan siang sudah berdetak, sebaiknya segera tinggalkan pekerjaan untuk beristirahat sejenak. Makan siang tepat waktu dapat membantu mengembalikan energi yang hilang karena dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari. Hal ini juga perlu diimbangi dengan selalu minum banyak air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan. Begitu pula saat sore hari. Tak ada salahnya Anda bangkit dari kursi untuk melakukan stretching atau jalan-jalan sebentar. Misalnya, mengisi air minum ke pantry, cuci muka ke toilet, atau keluar gedung untuk membeli kopi dan mencari camilan sore hari.  Istirahat sejenak dari pekerjaan merupakan tips semangat kerja yang dapat membantu meningkatkan produktivitas sehingga memungkinkan Anda untuk kembali meneruskan pekerjaan dengan mata segar. 

7. Cari sahabat di tempat kerja

Tips semangat kerja adalah temukan sahabat di kantor
Punya sahabat di tempat kerja bisa bikin Anda semangat bekerja
Faktanya, tips semangat kerja di kantor setelah akhir pekan juga bisa berasal dari karyawan yang memiliki teman dekat di tempat kerja. Dengan ini, Anda dapat bekerja lebih semangat. Pekerjaan Anda pun akan terasa lebih ringan, menyenangkan, dapat dinikmati, dan lebih memuaskan. Tak hanya itu, memiliki sahabat di tempat kerja dapat memberikan rasa kebersamaan, loyalitas, dan kepuasan bekerja. 

8. Berikan penghargaan sekecil apa pun

Setiap kali Anda menyelesaikan satu pekerjaan dari daftar harian, rasa lega dan bahagia yang Anda rasakan akan mendorong otak untuk melepaskan senyawa kimia dopamine yang bertanggung jawab untuk memberikan suasana hati yang positif. Adanya dorongan hormon dopamine ini yang menjadi tips semangat kerja di kantor lainnya sehingga Anda semakin termotivasi dan mampu melakukan pekerjaan lebih banyak lagi. Namun, jangan lupakan untuk memberikan penghargaan sekecil apa pun sebagai bentuk apresiasi diri. Misalnya, makan malam romantis dengan pasangan, membeli gadget baru, meluangkan waktu untuk memanjakan diri dengan pergi ke mall atau bioskop, serta hal lain sebagai tips semangat kerja lainnya. 

9. Tetap tersenyum 

Mengenang memori indah atau menyenangkan dapat membuat Anda tersenyum. Inilah yang menjadi tips semangat kerja tinggi di kantor setelah akhir pekan lainnya. Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan Anda di kantor karena memberi tahu otak untuk membuat Anda menjadi lebih bahagia. Hal ini dapat terjadi berkat pelepasan senyawa neuropeptida. Tersenyum juga dapat “menularkan” rekan kerja di sekitar Anda untuk ikut tersenyum dan bekerja lebih semangat. 

Catatan dari SehatQ

Rasa suntuk atau jenuh bekerja jangan dibiarkan begitu saja. Kini, saatnya Anda untuk bangkit dan mulai membuka lembaran baru demi bekerja lebih produktif dengan tips semangat kerja di atas.Namun, jika setelah melakukan tips semangat kerja di atas Anda masih merasa kesulitan untuk fokus dan produktif bekerja, mungkin ada suatu penyebab medis di baliknya. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog guna mendapatkan penanganan yang tepat. 
kesehatan mentalkelelahan
Web Md. https://www.webmd.com/mental-health/what-is-dopamine#1
Diakses pada 22 Agustus 2020
American Psychological Association. https://www.apa.org/research/action/multitask
Diakses pada 22 Agustus 2020
Life Hack. https://www.lifehack.org/articles/work/stay-ultra-productive-at-work.html
Diakses pada 22 Agustus 2020
Life Hack. https://www.lifehack.org/articles/productivity/11-ways-productive-and-happy-the-same-time.html
Diakses pada 22 Agustus 2020
The Muse. https://www.themuse.com/advice/the-ultimate-guide-to-being-happier-and-more-productive-at-work
Diakses pada 22 Agustus 2020
Inc. https://www.inc.com/john-rampton/15-proven-tips-to-be-happy-at-work.html
Diakses pada 22 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait