Tips Sehat Saat Mudik, Ini Daftar Obat yang Perlu Dibawa

Sebaiknya bawalah suplemen vitamin C ketika mudik untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Salah satu yang sebaiknya Anda bawa ketika mudik adalah suplemen vitamin C.

Tentu tidak menyenangkan, jika perjalanan mudik yang sudah Anda rencanakan dari jauh-jauh hari, menjadi terganggu karena penyakit. Perjalanan jauh, serta kondisi tubuh yang melemah karena sedang berpuasa, tidak jarang menjadi penyebab terjadinya penyakit seperti nyeri sendi, maag, atau mual.

Semakin membingungkan, jika kondisi tersebut terjadi di tengah kemacetan, ketika Anda sulit untuk menjangkau apotek atau sarana kesehatan. Karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan obat-obatan yang dapat membantu meredakannya.

Daftar obat-obatan yang perlu dibawa saat mudik

Saat perjalanan jauh, terutama jika Anda bepergian bersama anak-anak, banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi, termasuk gangguan kesehatan. Agar mudik tetap dapat berjalan lancar, berikut beberapa obat-obatan yang perlu Anda persiapkan

1. Obat mual

Meski sudah menjadi kegiatan tahunan, tapi bagi sebagian orang, perjalanan jauh saat mudik masih bisa menyebabkan mual saat berkendara, maupun ketika kendaraan lain seperti pesawat dan kapal laut.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mengonsumsi obat sebelum, maupun sesudah mual terasa.

Obat mual yang sering digunakan merupakan jenis antihistamin, yang bisa Anda beli dengan bebas di apotek. Jenis obat antihistamin yang paling yang umum digunakan adalah cyclizine dan dimenhydrinate.

Namun sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan serta efek samping yang mungkin muncul.

Obat mual jenis tersebut umumnya dapat menimbulkan kantuk, sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi jika sedang mengemudikan kendaraan.

2. Obat demam

Obat yang umum dibawa saat perjalanan salah satunya adalah paracetamol. Obat ini dapat meredakan demam, terutama pada anak-anak.

Pada orang dewasa, obat ini juga dapat membantu mengatasi sakit yang kerap muncul saat mudik, seperti sakit kepala, sakit punggung, dan nyeri sendi karena flu.

Perlu diingat, dosis pemberiannya berbeda, untuk anak dan dewasa. Sehingga, Anda disarankan untuk membawa dua jenis obat paracetamol, yaitu paracetamol untuk anak, dan paracetamol untuk dewasa.

3. Suplemen vitamin C

Vitamin C mengandung banyak antioksidan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Antioksidan merupakan molekul yang dapat meningkatkan kerja sistem imun.

Sehingga, tubuh terlindungi dari bakteri, virus, maupun radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

Pria direkomendasikan mengonsumsi vitamin C sebanyak 90 mg per harinya. Sementara itu bagi wanita, rekomendasi harian untuk konsumsi vitamin C adalah 75 mg.

4. Obat untuk pencernaan

Diare saat mudik tentu sangat menyiksa. Belum lagi, kondisi ini bisa memperlama perjalanan Anda, karena harus berhenti di tiap rest area untuk ke kamar kecil. Untuk membantu meredakannya, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti attapulgite.

Konsumsi obat tersebut sebanyak 2 tablet setiap habis buang air besar, maksimal 12 tablet per harinya. Anak berusia 6-12 tahun dapat mengonsumsi 1 tablet setiap setelah buang air besar, paling banyak 6 tablet sehari.

5. Obat maag

Untuk mengatasi maag yang kambuh saat perjalanan mudik, Anda dapat mengonsumsi obat magnesium hidroksida.

Obat ini bisa Anda beli bebas di apotek, dan dapat dikonsumsi hingga empat kali, sehari sebanyak satu atau dua tablet setiap kali konsumsi, dengan cara dikunyah.

Tips mudik lainnya agar tubuh tetap sehat

Obat-obatan di atas mungkin dapat membantu Anda, saat terjadi gangguan kesehatan. Namun, tentu alangkah lebih baiknya jika Anda juga mempersiapkan perjalanan dengan baik ,agar obat-obatan tersebut bisa dikurangi penggunaannya.

Salah satu tips mudik sederhana yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tabir surya. Meski Anda bepergian menggunakan kendaraan, sinar matahari masih dapat menembus masuk. Sehingga, Anda tetap perlu melindungi kulit dari paparan ini.

Selain itu, berhati-hatilah saat jajan minuman maupun makanan. Pilih tempat yang bersih, dan usahakan pilih makanan yang sehat. Jangan lupa juga selalu gunakan sabuk pengaman saat berkendara, demi keselamatan Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/first-aid/how-to-beat-motion-sickness#2
Diakses pada 10 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-57595/paracetamol-oral/details
Diakses pada 10 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits#section2
Diakses pada 10 Mei 2019

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/new%20diatabs?lang=id
Diakses pada 10 Mei 2019

Pusat Informasi Obat Nasional. http://pionas.pom.go.id/monografi/magnesium-hidroksida
Diakses pada 10 Mei 2019

Centres for Disease Control and Prevention. https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/survival-guide
Diakses pada 10 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed