Cara Bijak Menggunakan Aplikasi Cari Jodoh untuk Menghindari Gangguan Mental

Aplikasi cari jodoh dapat mengganggu mental seseorang
Mencari pasangan lewat aplikasi pencarian jodoh, membuat seseorang fokus pada penampilan luar semata.

Kemajuan teknologi saat ini membuat segalanya menjadi instan, termasuk di dalamnya urusan percintaan. Dengan menjamurnya berbagai situs dan aplikasi cari jodoh, Anda boleh jadi menemukan pasangan dalam waktu sekejap.

Meski memudahkan, aplikasi cari jodoh tetap memiliki sisi gelap. Aplikasi tersebut memiliki potensi untuk menganggu kondisi mental Anda. Kondisi ini akan diperparah jika sebelumnya Anda memiliki gangguan kecemasan dan depresi.

[[artikel-terkait]]

Bagaimana aplikasi cari jodoh mengganggu mental seseorang?

Mencari pasangan lewat aplikasi cenderung membuat sebagian penggunanya fokus pada sisi luar seseorang. Misalnya fisik dan bentuk rupa dari foto profil pengguna lain.

Anda bisa menyukai seseorang dalam sekejap karena bentuk fisiknya saja, namun rasa tersebut akan hilang beberapa waktu kemudian. Sebagian dari Anda mungkin juga cenderung mengabaikan hal-hal yang lebih dalam, seperti nilai komitmen, persahabatan, dan kesukaan bersama.

Fenomena tersebut berpotensi membuat sebagian orang kehilangan kepercayaan diri. Rendahnya kepercayaan diri ini dapat menjadi faktor risiko berbagai gangguan mental, termasuk di antaranya kondisi depresi.

Selain itu, aplikasi cari jodoh juga memungkinkan penggunanya mengalami penolakan secara langsung. Semakin banyak penolakan yang diterima seseorang, semakin besar peluang untuk mengalami dampak psikologis yang negatif.

Jenis gejala yang mungkin Anda alami

  • Gejala kecemasan psikologis, seperti merasa gugup atau merasa panik saat akan mengakses aplikasi cari jodoh.
  • Gejala kecemasan fisik, misalnya denyut jantung Anda menjadi cepat, merasa mual atau dada yang terasa sesak.
  • Menggumam yang sifatnya negatif. Anda mungkin akan berbicara kepada diri sendiri, sebagai bentuk rasa putus anda Anda.

Mencari pasangan, termasuk melalui aplikasi jodoh, memang akan terasa sulit. Sehinggal wajar jika Anda merasa sedikit down apabila ditolak atau belum menemukan seseorang yang ideal. Apabila gejala-gejala di atas mulai Anda rasakan, mungkin penggunaan aplikasi cari jodoh sudah memberikan dampak negatif untuk Anda.

Cara sehat menggunakan aplikasi cari jodoh

Ada beberapa tips yang disarankan untuk Anda dalam menggunakan situs dan aplikasi kencan. Tips tersebut diantaranya:

  • Hanya gunakan aplikasi kencan apabila siap menerima penolakan
    Seperti yang telah disampaikan di atas, penggunaan aplikasi kencan identik dengan penolakan dari pengguna lain, yang mungkin Anda taksir. Anda harus mempersiapkan diri untuk kondisi ini. Jika tidak, sebaiknya tunda pemakaian aplikasi cari jodoh.
  • Jangan online jika suasana hati tidak baik
    Sebaiknya Anda tidak membuka aplikasi kencan apabila sedang berada dalam kondisi hati dan pikiran yang tidak nyaman. Hal ini bisa menghindari Anda dari kemungkinan yang lebih parah.
  • Pindahkan interaksi ke luar aplikasi
    Jangan cepat menilai seseorang tidak cocok dengan Anda apabila tidak merasa cocok saat chat. Anda mungkin bisa mencoba untuk berbincang lewat telepon, atau bertemu langsung di tempat yang ramai dan aman.
  • Menyampaikan preferensi Anda
    Agar tidak membuang waktu, saat berbincang Anda bisa sampaikan kriteria yang Anda cari. Misalnya, Anda mencari pasangan yang memiliki hobi yang sama dengan Anda.
  • Berpikiran terbuka
    Beberapa orang boleh jadi tidak memiliki kepercayaan diri, humor yang sesuai, atau cara komunikasi yang baik seperti Anda. Coba untuk lebih berpikiran terbuka saat berbicara dengan mereka.
  • Be kind!
    Apa yang ditanam, itu yang akan Anda tuai. Coba untuk selalu berbaik hati dalam menggunakan aplikasi kencan. Misalnya, jika Anda merasa tidak cocok setelah berbincang dengan seseorang, sampaikan dengan bahasa yang sopan.

Setelah mengetahui risikonya bagi kesehatan mental, kini Anda harus lebih bijak ya, jika ingin menggunakan aplikasi pencarian teman kencan. Jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah di atas, agar terhindar dari gangguan kesehatan mental, akibat menggunakan aplikasi tersebut.

Healthy Place. https://www.healthyplace.com/relationships/online-relationships/the-advantages-and-disadvantages-of-online-dating
Diakses pada 20 Juni 2019

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/mental-health/a25934206/dating-apps-mental-health/
Diakses pada 20 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed