Terapkan Cara Menjaga Kesehatan Mental Berikut, demi Jantung Sehat

Melakukan meditasi di alam terbukadapat memperkuat tubh dan membantu Anda lebih rileks
Rileks di alam terbuka membantu meredakan stres dan kecemasan

Ungkapan, “Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat,” memang tidak berlebihan. Kesehatan jiwa atau kesehatan mental, jika dijaga dengan baik, akan mendukung kondisi jantung sehat dan kuat.

Berbagai kajian telah menemukan, bahwa kesehatan mental yang buruk berisiko memicu penyakit jantung. Kondisi mental tersebut, hadir dalam berbagai bentuk, termasuk stres, rasa kecemasan, maupun kondisi depresi.

Selain itu, karena mengalami kondisi psikologis di atas, Anda mungkin cenderung mencari pelarian, melalui gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja konsumsi alkohol, makanan yang tidak baik untuk kesehatan jantung, maupun merokok.

[[artikel-terkait]]

Lakukan ini untuk menjaga kesehatan mental dan jantung

Anda hendaknya memahami cara memelihara kesehatan mental Anda, termasuk dalam menangani gangguan stres, kecemasan, maupun depresi, untuk meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung. Sepuluh langkah berikut ini bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan mental, demi jantung sehat.

  • Memotivasi diri dengan ungkapan positif (positive self-talk)

Dialog internal yang sifatnya negatif, dapat memancing stres. Cobalah untuk mengungkapkan hal-hal baik pada diri sendiri. Misalnya, yakinkan diri sendiri, bahwa Anda mampu mengerjakan tugas kantor dengan baik, seperti, “saya bisa melakukan semua ini”.

  • Lakukan hal yang Anda suka

Lakukan hobi Anda dengan rutin, untuk mengendalikan gangguan stres. Apabila Anda tidak mempunyai aktivitas yang digemari, kegiatan seperti membaca buku, menyulam, atau bermain alat musik, dapat menjadi pilihan.

  • Atur asupan makanan sehat

Konsumsi makanan bergizi, dapat meningkatkan kondisi fisik maupun mental Anda. Anda juga sangat disarankan, untuk membatasi atau menjauhi pemicu masalah kesehatan jantung, seperti alkohol.

  • Berolahraga dengan teratur

Alokasikan waktu Anda untuk melakukan aktivitas fisik, sebagai cara alami untuk menghilangkan stres. 

  • Mengatur jadwal dengan bijak

Tinjau kembali kalendar aktivitas Anda. Kurangi kegiatan yang sebenarnya tidak penting bagi diri Anda. Cara ini dapat membuat Anda merasa lebih lega di tengah aktivitas yang terlalu sibuk.

  • Lakukan yoga dan meditasi

Meditasi dan yoga dapat memperkuat tubuh, serta membantu Anda lebih rileks. Teknik dalam yoga dan meditasi dapat mengurangi tekanan darah.

  • Rileks di alam terbuka

Menghabiskan waktu di alam terbuka, dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Menerapkan tips ini juga dapat meningkatkan suasana hati, serta mendorong munculnya perasaan bahagia. Berjalan-jalan di hutan bersama teman dan keluarga, terbukti dapat menangkal gejala depresi.

  • Merawat hewan peliharaan

Secara umum, merawat hewan peliharaan dapat mengurangi risiko depresi. Selain itu, orang yang merawat binatang peliharaan, cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang rendah. Kolesterol dan trigliserida merupakan faktor risiko penyakit jantung.

  • Mencari solusi untuk setiap masalah

Hindari kecenderungan untuk komplain, saat menghadapi masalah. Fokuslah dalam menemukan solusi untuk menyelesaikannya.

  • Beristirahat dengan cukup

Manfaat tidur tidak hanya sekadar untuk kesehatan fisik, tapi juga membantu memperbaiki mood Anda. Kurang tidur akan membuat masalah yang Anda hadapi, terlihat lebih buruk.

Kondisi negatif kesehatan mental, sebenarnya dapat Anda cegah. Lakukan cara-cara di atas untuk menjaga kesehatan mental. Tanpa harus melakukannya sekaligus, Anda bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang mudah untuk diterapkan.

American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/stress-management/3-tips-to-manage-stress
Diakses pada 25 Juni 2019

American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/mental-health-and-wellbeing/how-does-depression-affect-the-heart
Diakses pada 25 Juni 2019

American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/stress-management/spend-time-in-nature-to-reduce-stress-and-anxiety
Diakses pada 25 Juni 2019

American Heart Association. https://www.heart.org/HEARTORG/Conditions/More/MyHeartandStrokeNews/Mental-Health-and-Heart-Health_UCM_438853_Article.jsp
Diakses pada 25 Juni 2019

Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/heart-disease-and-mental-health
Diakses pada 25 Juni 2019

Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/mental-health/mood-boosting-power-of-dogs.htm
Diakses pada 25 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/stress-and-high-blood-pressure/art-20044190
Diakses pada 25 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed