logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

7 Cara yang Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Gampang Lemas saat Puasa

open-summary

Lemas saat puasa bisa diatasi dengan tidak melewatakan sahur, mengonsumsi makanan yang bergizi, cukup minum air saat sahur dan berbuka, berolahraga teratur, serta mengatur porsi makan saat buka puasa.


close-summary

4.27

(22)

4 Apr 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Tips mengatasi lemas saat puasa adalah minum air yang cukup saat sahur dan berbuka

Lemas saat puasa bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tidak lupa sahur

Table of Content

  • Cara mengatasi dan mencegah lemas saat puasa
  • Kenapa puasa membuat badan lemas dan pusing?
  • Catatan dari SehatQ

Merasa lemas saat puasa adalah hal yang umum terjadi. Apalagi, kalau Anda juga tetap beraktivitas seperti biasanya. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mencoba beberapa cara mencegah serta mengatasi rasa lemas.

Advertisement

Sebagai contoh, dengan minum cukup air saat berbuka dan sahur, konsumsi makanan bergizi seimbang, hingga tidak melewatkan sahur. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Cara mengatasi dan mencegah lemas saat puasa

Sebagian orang yang puasa di bulan Ramadan identik dengan rasa lemas, haus, dan juga mengantuk.

Mengutip dari Cleveland Clinic, di bulan puasa umat islam menahan makan dan minum dari fajar hingga waktu maghrib. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan diri.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat antara waktu buka puasa dan sahur. Begitu juga dengan melakukan kebiasaan yang menyehatkan selama bulan puasa.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi, agar badan tidak lemas saat puasa.  Selain itu, aktivitas harian pun dapat tetap berjalan seperti biasa tanpa hambatan.

Tips mencegah lemas saat puasa adalah dengan tidak melewatkan sahur
Tidak melewatkan sahur adalah salah satu cara agar saat puasa tidak lemas

1. Jangan melewatkan sahur

Sama seperti halnya sarapan, sahur juga sangat penting karena menjadi cara mengatasi badan lemas saat puasa. S

aat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya Anda berbuka.

Makan sahur juga dapat mencegah Anda makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar.

Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang serta mencukupi kebutuhan cairan harian agar bisa berpuasa dengan lancar.

2. Konsumsi makanan sehat saat sahur dan buka puasa

Ini adalah salah satu cara agar tidak lemas saat puasa yang penting untuk Anda lakukan.

Mengonsumsi makanan manis dan berlemak selama bulan puasa memang tidak dilarang. Hanya saja, jangan sampai Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Perlu diingat, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk makan dan minum saat bulan puasa. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi asupan yang sehat serta mengandung gizi seimbang.

Makanan yang sehat penting untuk membuat tubuh bisa berfungsi dengan baik, termasuk mencegah lemas saat puasa. Berikut ini beberapa bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi: 

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari beras merah, kacang-kacangan, dan ubi.

Manfaat karbohidrat kompleks adalah perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga Anda bisa kenyang lebih lama, mengatasi lemast, dan juga mencegah lapar berlebihan saat puasa.

Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serta juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsi kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian.

Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein seperti telur, keju, ayam, atau daging sapi, juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

3. Mencukupi kebutuhan cairan

Tips mencegah lemas saat puasa dengan tidak makan berlebihan saat buka
Awali buka puasa dengan kurma dan air putih untuk menjaga tenaga selama puasa

Satu hal yang sangat penting untuk menghindari rasa lemas saat puasa adalah memastikan Anda cukup minum air saat sahur dan berbuka puasa. Sebab, meski sedang puasa, kebutuhan cairan di tubuh tidak berkurang.

Selain minum air mineral, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran. 

4. Makan cukup saat buka puasa

Membatasi jumlah makanan yang masuk saat berbuka adalah salah satu tips agar tidak cepat lemas saat puasa yang ampuh. Sebab jika terlalu banyak makan, Anda akan cepat merasa ngantuk dan lelah.

Memang saat berbuka, semua makanan terlihat menggiurkan. Namun sebelum mengonsumsi makanan berat, ada baiknya Anda memulai berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan seperti kurma dan air putih.

Kurma adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah kurma juga membantu mengeluarkan enzim pencernaan sebagai persiapan untuk masuknya makanan ke tubuh. Anda juga disarankan untuk tidak makan terlalu cepat dan memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan yang masuk.

5. Berolahraga semampunya

Olahraga teratur tetap bisa Anda lakukan selama bulan puasa. Hanya saja, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, Anda disarankan untuk menunda olahraga hingga tiba waktunya berbuka puasa.

Dengan begitu, tubuh akan berada dalam keadaan terbaiknya dan Anda juga bisa untuk minum.

Tunggu 2-3 jam setelah makan untuk mulai berolahraga. Hal ini juga untuk memberikan waktu agar tubuh mencerna makanan tersebut dengan sempurna.

Jangan lupa banyak minum air saat sedang atau setelah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga

  • Garam Kosher dengan Tekstur Lebih Kasar, Apa Manfaatnya?
  • 11 Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan
  • 4 Cara Mengolah Daun Kelor tanpa Menghilangkan Nutrisinya

6 Tidur siang sebentar

Bangun di waktu sahur bisa membuat sebagian orang jadi kurang tidur, sehingga lebih cepat mengantuk sekaligus lemas saat puasa di siang hari.

Kalau memungkinkan, tidak ada salahnya untuk tidur siang sebentar (power nap). Alasannya, karena tidur siang bermanfaat untuk relaksasi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan mood.

Namun, jaga agar waktu tidur tetap singkat, yaitu sekitar 10-20 menit. Semakin lama Anda tidur siang, semakin besar kemungkinan merasa pusing setelahnya.

7 Jangan beraktivitas terlalu berat

Sebenarnya, saat berpuasa pun Anda boleh-boleh saja beraktivitas seperti biasa, karena merupakan ibadah. Namun, kondisi yang tidak terlalu bugar juga bisa membuat tubuh menjadi lemas saat puasa.

Untuk itu coba batasi aktivitas fisik dan lakukan seperlunya. Misalnya, tidak memaksakan diri naik turun tangga, berjalan kaki terlalu jauh, dan lain-lainya.

Kenapa puasa membuat badan lemas dan pusing?

Selama waktu puasa, tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Maka dari itu, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat dan lemak untuk menyediakan energi.

Sedangkan tubuh tidak dapat menyimpan air. Hal ini membuat organ ginjal menghemat air sebanyak mungkin, dengan cara mengurangi urine yang keluar.

Namun, tubuh tidak dapat menghindari kelhilangan air melalui kulit atau saat Anda berkeringat.

Tidak hanya karena kehabisan energi, kondisi cuaca juga bisa membuat Anda merasa kelelahan, lemas, pusing, hingga sulit berkonsentrasi saat puasa.

Faktanya, ini tidak berbahaya bagi kesehatan asalkan Anda mengonsumsi cukup cairan wada waktu buka puasa dan sahur. Akan tetapi, kalau Anda sampai mengalami gejala dehidrasi parah, sebaiknya segera batalkan puasa, lalu minum air putih yang mengandung gula atau garam.

Catatan dari SehatQ

Jika dilakukan secara teratur, cara mengatasi sekaligus mencegah rasa lemas saat puasa di atas, juga akan memberikan dampak positif lain untuk tubuh, terutama dalam jangka panjang. 

Menjaga pola makan dan berolahraga teratur akan membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung, dan obesitas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika tips puasa sehat di atas dapat Anda aplikasikan sehari-hari, selain di bulan Ramadan. 

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara agar badan tidak terasa lemas saat puasa? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

tips puasamakanan sehatramadanhidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved