Takut Lemas Saat Puasa? Cegah Dengan 5 Cara Ini


Lemas saat puasa bisa diatasi dengan tidak melewatakan sahur, mengonsumsi makanan yang bergizi, cukup minum air saat sahur dan berbuka, berolahraga teratur, serta mengatur porsi makan saat buka puasa.

(0)
25 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tips mengatasi lemas saat puasa adalah minum air yang cukup saat sahur dan berbukaLemas saat puasa bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tidak lupa sahur
Rasa lemas saat puasa bisa dicegah dengan beberapa cara, antara lain dengan tidak melewatkan sahur, minum cukup air, tetap berolahraga, tidak makan terlalu banyak saat buka puasa, dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang selama bulan puasa.Dengan melakukan cara-cara tersebut, puasa yang biasanya identik dengan rasa lemas dan ngantuk, jadi bisa dijalani dengan lebih bertenaga dan bugar. Aktivitas harian pun dapat tetap berjalan seperti biasa tanpa hambatan.

Cara mencegah lemas saat puasa

Berikut ini beberapa cara mencegah lemas saat puasa yang dapat Anda coba:
Tips mencegah lemas saat puasa adalah dengan tidak melewatkan sahur
Tidak melewatkan sahur adalah salah satu cara agar saat puasa tidak lemas

1. Tidak melewatkan sahur

Sama seperti halnya sarapan, sahur juga sangat penting untuk dilakukan. Saat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya Anda berbuka.Makan sahur juga dapat mencegah Anda makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar. Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang serta mencukupi kebutuhan cairan harian untuk modal berpuasa dengan lancar.

2. Mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka

Ini adalah salah satu cara agar tidak lemas saat puasa yang penting diperhatikan. Mengonsumsi makanan manis dan berlemak selama bulan puasa memang tidak dilarang. Hanya saja, jangan sampai Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Perlu diingat, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk makan dan minum saat bulan puasa. Sehingga, Anda juga memiliki waktu yang lebih sedikit untuk memberikan asupan yang sehat serta mengandung gizi seimbang. Makanan yang sehat penting untuk membuat tubuh bisa berfungsi dengan baik, termasuk mencegah lemas saat puasa.Berikut ini beberapa bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi: 
  • Karbohidrat kompleks

    Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari beras merah, kacang-kacangan, dan ubi. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga Anda bisa kenyang lebih lama dan mencegah lapar berlebihan saat puasa.
  • Makanan tinggi serat

    Makanan tinggi serta juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsi kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian.
  • Makanan tinggi protein

    Makanan tinggi protein seperti telur, keju, ayam, atau daging sapi, juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

3. Mencukupi kebutuhan cairan

Satu hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari rasa lemas saat puasa adalah memastikan Anda cukup minum air saat sahur dan berbuka puasa. Sebab, meski sedang puasa, kebutuhan cairan di tubuh tidak berkurang.Selain dengan minum air, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran. 
Tips mencegah lemas saat puasa dengan tidak makan berlebihan saat buka
Awali buka puasa dengan kurma dan air putih untuk menjaga tenaga selama puasa

4. Tidak makan terlalu banyak saat buka puasa

Membatasi jumlah makanan yang masuk saat berbuka adalah salah satu tips agar tidak cepat lelah saat puasa yang ampuh. Sebab jika terlalu banyak makan, Anda akan cepat merasa ngantuk dan lelah, sehingga kegiatan ibadah seperti tarawih menjadi malas dilakukan.Memang saat berbuka, semua makanan terlihat menggiurkan. Namun sebelum mengonsumsi makanan berat, ada baiknya Anda memulai kegiatan berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan seperti kurma dan air putih.Kurma adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah yang satu ini juga membantu mengeluarkan enzim pencernaan sebagai persiapan untuk masuknya makanan ke tubuh. Anda juga disarankan untuk tidak makan terlalu cepat dan memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan yang masuk.

5. Tetap berolahraga, namun pilih waktu yang tepat

Olahraga teratur tetap penting dilakukan selama bulan puasa. Hanya saja, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, Anda disarankan untuk menunda olahraga hingga tiba waktunya berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh akan berada dalam keadaan terbaiknya dan Anda pun diperbolehkan untuk minum.Tunggu 2-3 jam setelah makan untuk mulai berolahraga. Hal ini juga untuk memberikan waktu agar tubuh dapat mencerna makanan tersebut dengan sempurna. Jangan lupa untuk banyak minum air saat sedang, maupun setelah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Catatan dari SehatQ

Tips mencegah rasa lemas saat puasa di atas, jika dilakukan secara teratur, juga akan memberikan dampak positif lain untuk tubuh, terutama dalam jangka panjang. Menjaga pola makan dan berolahraga teratur akan membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung, dan obesitas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika tips puasa sehat di atas dapat Anda aplikasikan sehari-hari, selain di bulan Ramadan. 
tips puasamakanan sehatramadan
World Food Programme. https://www.wfp.org/stories/10-ways-stay-fit-and-healthy-during-ramadan
Diakses pada 30 April 2019
WHO. http://www.searo.who.int/bangladesh/stayhealthy/en/
Diakses pada 30 April 2019
British Nutrition Foundation. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html
Diakses pada 30 April 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait