Tips Potong Rambut Bayi untuk Pertama Kali dengan Benar dan Aman


Potong rambut bayi untuk pertama kali bisa dilakukan oleh orangtua. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan agar proses pemotongan rambut berjalan dengan lancar dan aman.

(0)
Cara potong rambut bayi harus benar supaya berjalan lancar dan amanPotong rambut bayi bisa menggunakan gunting maupun alat cukur
Potong rambut bayi untuk pertama kalinya merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh orangtua. Beberapa orangtua biasanya menyerahkan tugas tersebut ke salon anak, namun tak jarang juga yang memotong rambut buah hati mereka sendiri.Jika Anda hendak mencukur rambut si Kecil dengan tangan sendiri, beberapa hal perlu diperhatikan sebelum melakukan eksekusi, mulai dari persiapan, alat, dan langkah-langkah untuk melakukannya dengan benar. Hal ini penting untuk menjaga keamanan serta kenyamanan buah hati Anda saat potong rambut untuk pertama kali.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum potong rambut bayi?

Sebelum mencukur rambut si Kecil, ada beberapa alat yang sebelumnya perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Peralatan yang perlu disiapkan untuk potong rambut bayi, di antaranya:
  • Sisir
  • Handuk
  • Gunting rambut
  • Botol semprot berisikan air bersih
  • Kain untuk menutupi bagian leher ke bawah
  • Kursi tinggi sebagai tempat duduk bayi
  • Wadah untuk menyimpan potongan pertama rambut bayi Anda
  • Mainan favorit si Kecil atau alat yang bisa mengalihkan perhatiannya seperti ponsel

Cara potong rambut bayi dengan benar

Potong rambut bayi harus dilakukan dengan hati-hati
Potong rambut bayi sedikit demi sedikit dalam potongan pendek
Saat hendak memotong rambut bayi, pilihlah waktu saat suasana hati buah hati Anda sedang gembira. Pastikan si Kecil sudah mendapatkan asupan makanan yang cukup, diganti popoknya, dan istirahat untuk meminimalkan potensi rewel atau menangis.Jangan lupa juga untuk memberikan mainan atau benda lain yang bisa mengalihkan perhatian si Kecil saat dicukur. Beberapa bayi mungkin akan ketakutan ketika dipotong rambutnya untuk pertama kali.Usai memastikan bahwa semuanya telah dipersiapkan dengan baik, Anda bisa mulai mencukur rambut si Kecil. Berikut ini langkah-langkah mengenai cara potong rambut bayi dengan benar:
  • Basahi rambut buah hati Anda menggunakan air dalam botol semprot.
  • Gunakan sisir untuk memisahkan bagian rambut yang hendak dipotong.
  • Pegang bagian rambut yang hendak dipotong menggunakan dua jari Anda, dan jauhkan dari kepala si Kecil.
  • Potong rambut tersebut menggunakan gunting secara hati-hati.
  • Lepaskan bagian rambut yang telah Anda potong, kemudian pindah ke bagian lainnya.
  • Saat mencukur, potong rambut bayi sedikit demi sedikit dalam potongan pendek. Hindari langsung mencukur rambutnya dengan potongan yang panjang.
Ketika memotong rambut anak, lakukan dengan hati-hati. Pastikan si Kecil tidak fokus dengan apa yang Anda lakukan karena dapat berbahaya dan membuatnya terluka apabila menengok ke arah samping atau belakang ketika dicukur.Jika bayi mengalami luka saat dicukur rambutnya, segera bawa si Kecil ke dokter. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah kondisinya semakin parah.Apabila Anda takut untuk melakukannya dengan tangan sendiri, jangan ragu untuk membawa si Kecil ke salon anak. Selain lebih aman, potong rambut bayi di salon anak tentunya memberikan hasil cukur yang lebih bagus dan memuaskan.

Kapan waktu yang tepat untuk potong rambut bayi pertama kali?

Tak ada patokan pasti mengenai kapan harus memotong rambut buah hati Anda untuk pertama kali. Beberapa bayi memiliki rambut yang tumbuh lebat dengan cepat, namun ada juga yang butuh waktu lama untuk panjang.Umumnya, potong rambut bayi sudah bisa dilakukan saat si Kecil memasuki usia 8 bulan. Namun, semuanya bergantung pada kesiapan buah hati Anda, bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama. Selain itu, beberapa orangtua mungkin akan menyesuaikan waktu potong rambut anak sesuai dengan tradisi, budaya, dan kepercayaan masing-masing.

Catatan dari SehatQ

Potong rambut bayi untuk pertama kali bisa dilakukan secara langsung oleh orangtua. Namun, beberapa hal perlu dipersiapkan dan diperhatikan supaya proses mencukur rambut anak dapat berjalan dengan lancar serta aman.Apabila Anda ragu atau takut untuk memotong rambut si kecil sendiri, bawalah si Kecil ke salon anak. Selain lebih aman, Anda bisa mendapat potongan rambut dengan hasil yang memuaskan dan sesuai harapan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai potong rambut bayi untuk pertama kalinya dan cara melakukannya dengan benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuimerawat bayikepala bayi
Parenting FirstCry. https://parenting.firstcry.com/articles/decoding-babys-body-language-whats-your-child-trying-to-say/
Diakses pada 27 Februari 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/newborns/connecting-communicating/communicating/baby-cues
Diakses pada 27 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait