Tips Pilih Primer yang Bagus Sesuai Jenis Kulit Wajah

(0)
Primer yang bagus sesuai jenis kulit wajah bisa bikin tampilan make up tampak lebih halus dan tahan lamaPrimer adalah salah satu produk kecantikan yang banyak diandalkan oleh para pencinta make up
Primer adalah salah satu produk kecantikan yang banyak diandalkan oleh para pencinta make up. Ada berbagai jenis primer yang bagus tersedia di pasaran. Ia tidak hanya berfungsi untuk membuat tampilan make up menjadi lebih halus dan tahan lama, tetapi memberikan manfaat lain sesuai jenis kulit wajah Anda. Lantas, apa saja jenis primer yang bagus sesuai jenis kulit wajah? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Apa fungsi primer wajah?

Alas make up atau primer adalah produk kecantikan yang berfungsi untuk membuat tampilan make up tampak lebih halus dan tahan lama. Primer dirancang khusus dengan memadukan manfaat skincare dan kosmetik, di mana ia dapat membantu melembapkan kulit sekaligus membuat hasil make up menjadi sempurna. Selain itu, beberapa fungsi primer wajah lainnya adalah:
  • Menyiapkan wajah sebelum menggunakan make up
  • Mengurangi tampilan garis-garis, halus, kerutan, dan pori-pori di wajah
  • Menyamarkan bekas jerawat
  • Melembapkan dan melembutkan kulit

Jenis primer yang bagus sesuai jenis kulit wajah Anda

Setelah mengetahui fungsi primer, kini saatnya Anda memilih jenis primer yang bagus sesuai jenis kulit wajah. Memilih primer yang bagus sesuai jenis kulit wajah dapat membuat tampilan make up tampak lebih sempurna maksimal. Selain itu, kandungan bahan aktifnya dapat mengatasi kekurangan pada kulit wajah Anda. Berikut adalah pilihan primer yang bagus berdasarkan kulit wajah.

1. Illuminating primer untuk kulit wajah normal

Beruntung bagi Anda yang memiliki kulit wajah normal. Sebab, jenis kulit wajah ini cenderung memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang. Akibatnya, kulit Anda menjadi tidak terlalu kering, tetapi juga tidak terlalu berminyak. Selain itu, Anda pun tidak memiliki masalah dengan pori-pori wajah. Sayangnya, pemilik kulit wajah normal hanya sedikit memiliki pilihan untuk mendapatkan primer yang bagus. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan primer yang memiliki formula illuminating sehingga kulit tampak halus, glowing, dan dewy. Namun, hindari penggunaan primer yang memberi efek matte pada wajah karena dapat membuat kulit tampak kusam. 

2. Mattifying primer untuk kulit wajah berminyak

Anda yang memiliki kulit wajah berminyak membutuhkan primer yang bagus dengan formula matte. Jenis primer ini dapat menyamarkan pori-pori, mengendalikan produksi minyak berlebih, dan membuat riasan wajah menjadi tahan lama.  Selain primer jenis matte, kandungan primer yang bebas minyak juga diperlukan agar teksturnya ringan di kulit dan tidak mengganggu produksi sebum kulit wajah Anda. Jika kulit Anda berminyak dan cenderung berjerawat, pastikan untuk memilih primer yang mengandung antijerawat, seperti asam salisilat dan asam glikolat. 

3. Hydrating primer untuk kulit wajah kering

Kulit wajah kering memiliki sedikit kelembapan di lapisan kulit terluarnya. Pada tipe kulit wajah kering, pori-pori dan garis-garis kulit wajah cenderung terlihat dengan jelas. Tak hanya itu, kulit kering biasanya terasa kasar, bersisik, timbul kemerahan, dan terasa gatal.  Memilih primer yang bagus untuk kulit wajah kering tidak boleh sembarangan. Salah-salah kulit Anda bisa semakin kering dan mengelupas. Pemilik kulit wajah kering disarankan memilih jenis primer yang berfungsi melembapkan dan menutrisi wajah. Tak hanya itu, Anda juga perlu memilih primer yang dapat menghidrasi kulit dan membuat kulit wajah tampak bersinar. Karenanya, pilihlah jenis primer yang berlabel hydrating (menghidrasi), melembapkan, dan memberikan efek dewy pada kulit dengan tekstur ringan, seperti krim. 

4. Color-correcting primer untuk kulit berjerawat kemerahan

Sesuai namanya, keunggulan color-correcting primer adalah meratakan warna kulit. Misalnya, primer warna hijau dapat menyamarkan warna kemerahan akibat jerawat atau warna pink bisa menyamarkan noda hitam di wajah dan area bawah mata yang gelap. Jenis primer yang bagus ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah warna kulit tidak merata. Alhasil, Anda bisa mengurangi penggunaan foundation atau concealer yang terlalu tebal dengan bantuan primer ini. 

5. Kulit kombinasi

Mencari produk kecantikan, termasuk primer, untuk kulit kombinasi memang cukup menantang. Pasalnya, kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit wajah kering, terutama pada area pipi, serta area wajah berminyak pada area T wajah. Jadi, penting untuk memilih produk yang dapat mengontrol minyak berlebih sekaligus melembapkan wajah secara bersamaan. Anda masih bisa menggunakan primer jenis matte, tetapi hanya pada bagian wajah yang berminyak. Kemudian, gunakan hydrating primer untuk melembapkan area wajah yang kering. 

6. Kulit sensitif

Memilih primer yang bagus untuk kulit wajah sensitif juga cenderung bikin rumit. Sebab, salah memilih primer yang bagus untuk kulit sensitif bisa berisiko menyebabkan iritasi dan alergi. Untuk kulit wajah sensitif, sebaiknya perhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam primer. Pilihlah primer yang bagus dengan kandungan yang dapat melembapkan dan menenangkan kulit, seperti sodium hialuronat. Hindari primer dengan kandungan wewangian, minyak, dan paraben. 

7. Kulit kusam

Pemilik kulit kusam membutuhkan primer yang dapat menutrisi dan mencerahkan kulit. Anda dapat mencari primer yang mengandung antioksidan dan zat aktif yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. 

Cara menggunakan primer yang tepat

Setelah mengetahui berbagai jenis primer yang bagus untuk kulit wajah, kini saatnya Anda menggunakan primer wajah dengan tepat berikut ini:
  • Selalu oleskan pelembap terlebih dahulu pada seluruh wajah. Pelembap berfungsi untuk membuat lapisan penghalang antara kulit yang terhidrasi dengan foundation
  • Tuangkan primer ke punggung telapak tangan secukupnya. 
  • Oleskan primer tipis-tipis ke seluruh wajah, termasuk area kelopak mata dan bibir. Ratakan menggunakan jari-jari tangan secara lembut. 
  • Diamkan selama beberapa menit agar primer dapat meresap ke dalam kulit dengan sempurna. 
  • Selanjutnya, maksimalkan penampilan riasan wajah Anda menggunakan foundation, concealer, bedak, blush on, pensil alis, lipstik, dan lainnya. 
Nah, dengan memilih primer yang bagus sesuai kulit wajah dan menggunakannya secara tepat, riasan wajah Anda akan jadi tampak lebih cantik dan sempurna. 
makeupproduk kecantikan
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1-2
Diakses pada 20 Mei 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/primer-tricks-you-have-never-heard-before/
Diakses pada 20 Mei 2020
Allure. https://www.allure.com/story/how-to-use-makeup-primer
Diakses pada 20 Mei 2020
DermStore. https://www.dermstore.com/blog/top_ten/best-makeup-primers/
Diakses pada 20 Mei 2020
Review This. https://www.reviewthis.com/choose-primer-for-skin-type/
Diakses pada 20 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait