7 Tips Perawatan Wajah agar Jerawat Tidak Semakin Parah

Perawatan jerawat yang tepat dapat membantu kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat
Mengatasi jerawat memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra

Mengatasi jerawat memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra. Seringkali, Anda tergoda untuk memencet jerawat agar segera hilang. Sayangnya, hal ini justru memperparah kondisi kulit dan membuat jerawat semakin meradang.

Perawatan jerawat tidak boleh sembarangan. Jika tidak, jerawat akan semakin membengkak, nyeri, dan meninggalkan bekas noda hitam. Simak tips berikut untuk perawatan jerawat yang tepat.

1. Jangan Memencet Jerawat

Jangan pernah tergoda untuk memencet jerawat. Tindakan ini justru akan membuat jerawat semakin lama sembuh.

Memencet jerawat bahkan dapat menimbulkan risiko infeksi atau bekas noda hitam. Anda bisa menggunakan es batu untuk meredakan rasa nyeri atau sensasi panas pada area berjerawat.

2. Menggunakan Obat Jerawat Berbahan Sulfur

Sejak lama, sulfur atau belerang diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit. Carilah obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, sulfur, dan resorsinol di apotek atau toko obat.

Kandungan zat ini dapat mengurangi efek peradangan jerawat dalam waktu singkat tanpa meninggalkan noda hitam. Perawatan jerawat ada kalanya membuat kulit kering atau iritasi. Jadi, berkonsultasi dengan dokter kulit untuk rekomendasi produk yang tepat.

3. Cuci Muka dengan Setidaknya Dua Kali Sehari

Bagi Anda yang berjerawat, cuci muka setidaknya dua kali sehari atau lebih jika Anda sedang banyak berkeringat. Gunakan ujung jari untuk mengoleskan sabun cuci muka.

Pilih pembersih jerawat yang tepat sesuai kondisi kulit Anda. Carilah pembersih yang lembut agar kulit tidak iritasi serta hindari menggunakan produk yang menggunakan alkohol.

4. Suntikan Kortikosteroid

Untuk jenis jerawat yang serius seperti jerawat kista, suntikan kortikosteroid dapat mengurangi pembengkakan dan mencegah jaringan parut atau bekas noda hitam. Setelah mendapat suntikan kortikosteroid, jerawat akan mengempis dalam beberapa hari. Namun perlu diingat, perawatan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter. 

5. Tea Tree Oil

Sifat tea tree oil dapat membunuh bakteri dan mencegah inflamasi. Untuk jerawat yang ringan, Anda bisa mengoleskan tea tree oil pada kulit dengan tekstur yang encer. Coba dahulu, dioleskan di belakang telinga untuk memastikan kulit Anda tidak memiliki reaksi alergi.

Produk ini kurang efektif apabila digunakan sebagai perawatan jerawat satu-satunya. Jadi, jika Anda ingin menggunakan produk ini gunakanlah sebagai perawatan tambahan seperti sebagai obat oles jerawat dan tidak digunakan di permukaan kulit yang tidak berjerawat.

6. Gunakan Concealer untuk Menutupi Jerawat

Anda diundang menghadiri acara pernikahan sahabat, tapi ada satu jerawat besar yang muncul tepat di pipi? Tidak ada waktu untuk melakukan perawatan jerawat. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan produk concealer untuk menyembunyikan jerawat dengan lapisan yang tipis.

Pastikan warna concealer Anda senada dengan warna kulit. Hanya menggunakan satu jenis concealer yang terlalu terang atau terlalu gelap dapat membuat jerawat terlihat lebih menonjol. Cobalah membaurkan atau mencampurkan dua warna concealer untuk mengesankan efek yang lebih natural dan sesuai dengan warna kulit Anda.

7. Jangan Sembunyikan dengan Aksesoris

Mungkin karena kurang percaya diri, seringkali wanita menyembunyikan jerawat di bawah topi atau ikat kepala yang ketat. Meski jerawat bisa ditutupi, tetapi Anda patut berhati-hati untuk efek jangka panjang. Panas dan gesekan bisa membuat jerawat semakin parah.

Menghilangkan jerawat memang tidak mudah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu melakukan perawatan jerawat dengan tepat dan teratur.

Alangkah lebih baik jika perawatan jerawat yang Anda lakukan juga disertai dengan konsultasi kepada dokter spesialis kulit. Dengan begitu, perawatan yang Anda lakukan dapat tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/ss/slideshow-acne-cover-ups
Diakses pada Oktober 2018

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/acne#tips
Diakses pada 27 Februari 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/does-tea-tree-oil-treat-acne-15529
Diakses pada 27 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed