Tips Pasang Extension Bulu Mata agar Tampak Lentik dan Tebal

Sambung bulu mata atau dikenal dengan extension bulu mata adalah teknik menyambung bulu mata menggunakan lem khusus
Extension bulu mata masih menjadi tren kecantikan hingga saat ini

Extension bulu mata hingga saat ini masih menjadi tren kecantikan. Hal ini tak terlepas dari kegelisahan para wanita yang tidak memiliki cukup banyak waktu atau kesabaran untuk menggunakan bulu mata palsu atau mengulas maskara berkali-kali demi mendapatkan kesan bulu mata lentik nan menggoda. 

Anda tergiur ingin melakukannya, tetapi masih ragu untuk mencoba perawatan kecantukan satu ini? Jangan khawatir, ketahui dulu tips dan informasi pemasangan extension bulu mata dalam artikel berikut ini. 

Apa itu extension bulu mata?

Sambung bulu mata atau dikenal dengan extension bulu mata adalah teknik menyambung bulu mata menggunakan lem khusus. Bulu mata individual yang digunakan terbuat dari serat sintetis, seperti nilon, kemudian ditanamkan satu per satu di atas bulu mata kelopak atas Anda. 

Ada tiga jenis extension bulu mata yang tersedia, yakni sintetis, sutera, atau bulu. Ukuran panjangnya pun beragam, mulai dari 6-17 milimeter. Dengan ini, bulu mata Anda menjadi tampak lebih lentik, panjang, dan tebal tanpa perlu menggunakan maskara. 

Yang harus diketahui sebelum menggunakan extension bulu mata

Teknik extension bulu mata memang masih diminati oleh banyak perempuan hingga saat ini karena penampilan tetap bisa menawan meski tanpa memulaskan make up. Tak ayal pemasangan extension bulu mata pun semakin menjamur. 

Jika Anda tertarik untuk melakukannya, pastikan Anda mengetahui tips sebelum memasang extension bulu mata berikut ini.

1. Memilih salon kecantikan yang berpengalaman

Pastikan Anda memilih salon kecantikan yang menawarkan pemasangan extension bulu mata berpengalaman. 

Pasalnya, pemasangan ekstensi bulu mata yang asal dan terburu-buru serta penggunaan bulu mata palsu dan lem yang tidak aman dapat menyebabkan mata menjadi iritasi dan infeksi. Bahkan, berisiko menyebabkan bulu mata asli menjadi rontok. 

2. Melakukan konsultasi dengan terapis kecantikan

Sudah memilih salon kecantikan yang berpengalaman, kini saatnya Anda berkonsultasi dengan terapis kecantikan. Anda bisa menyampaikan panjang dan bentuk bulu mata yang diinginkan. Selain itu, Anda pun bisa bertanya apa saja mengenai do dan don’ts pemasangan extension bulu mata. 

3. Memastikan bahan bulu mata dan lem yang digunakan

Perhatikan bahan bulu mata palsu dan lem yang digunakan. Bahan bulu mata palsu yang tepat akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak berat saat mengedipkannya. 

Selain itu, pastikan bila lem khusus yang digunakan untuk menempelkan bulu mata mengandung bahan-bahan yang aman dan tidak membahayakan (seperti formaldehide). 

Bagaimana proses pemasangan extension bulu mata yang aman?

Pemasangan extension bulu mata yang aman
Terapis kecantikan memasang extension bulu mata menggunakan pinset

Berikut adalah proses pemasangan extension bulu mata yang aman:

  • Seorang terapis extension bulu mata mencelupkan satu buah bulu mata sintetik dalam lem perekat menggunakan pinset panjang berujung runcing. Lem perekat yang digunakan mengandung formulasi khusus dan bersifat semipermanen. 
  • Sementara, dengan sebuah pinset lain, ia memisahkan bulu mata alami Anda untuk mengisolasi hanya satu helai sambil terus memegangnya sampai lem mengering. 
  • Terapis akan mengulangi proses tersebut, setiap satu bulu mata dalam satu waktu, dan menanamkan hingga 40-100 bulu mata sintetik untuk setiap mata. 
  • Untuk mendapatkan kesan bulu mata yang alami, terapis akan menggunakan bulu mata yang berbeda panjang-pendeknya. 

Bulu mata baru Anda dapat bertahan mulai dari beberapa minggu hingga dua bulan. Kemudian, akan jatuh mengikuti bulu mata alami yang rontok. Namun, tak perlu khawatir, umumnya Anda tetap memiliki setidaknya 50 persen dari bulu mata ekstensi yang ditanam setelah 30 hari. 

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan satu kali kunjungan setiap beberapa bulan sekali untuk sesi touch-up pada bulu mata yang sudah tumbuh kembali. 

Berapa lama extension bulu mata dapat bertahan?

Menanamkan satu set lengkap bulu mata palsu membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. Hasilnya pun dapat dipertahankan hingga satu tahun lamanya dengan beberapa kali sesi touch up. Anda direkomendasikan melakukan touch up setiap 3-4 minggu sekali. 

Jika Anda masih tidak sepenuhnya yakin dengan hasil yang Anda dapatkan atau ini merupakan kali pertama Anda melakukan extension bulu mata, sebaiknya mulai dengan setengah set terlebih dahulu. Pasalnya, akan lebih mudah untuk menambah bulu mata baru dibandingkan mencabutnya. 

Setengah set bulu mata palsu menjadi alternatif ekonomis untuk mencapai hasil akhir yang sama dramatisnya, ditanamkan sebagai isian untuk menebalkan bulu mata alami, atau diaplikasikan di sisi luar mata untuk penampilan yang spesial. 

Pantangan setelah melakukan pemasangan extension bulu mata

Perawatan extension bulu mata tergantung pada lem perekat yang digunakan saat pemasangan
Pastikan bulu mata tidak terkena air selama 12-24 jam setelah pemasangan

Setelah proses pemasangan, pastikan bulu mata tidak terkena air selama 12-24 jam pertama. Ini berlaku pula saat Anda telah melakukan touch up ekstensi bulu mata. Air dapat menghilangkan lem perekat bulu mata sehingga menyebabkan bulu mata rontok. 

Selanjutnya, perawatan extension bulu mata tergantung pada lem perekat yang digunakan saat proses pemasangan. Bagi Anda yang menggunakan lem untuk mata sensitif, hindari menggunakan produk make up yang berbahan dasar minyak atau produk pembersih make up mata. 

Selain itu, hindari penggunaan maskara tahan air (waterproof) pada bulu mata ekstensi. Pasalnya, akan sulit untuk membersihkannya dan berisiko membuat bulu mata menjadi rontok. 

Dengan tips dan informasi mengenai pemasangan extension bulu mata yang dipaparkan di atas, Anda tak perlu khawatir lagi bila ingin melakukan perawatan sambung bulu mata di salon kecantikan. 

Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/lash-extensions-tips-you-need-to-know_n_5a3be3c2e4b025f99e156c90

Diakses pada 11 Maret 2020

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-lash-out#1

Diakses pada 11 Maret 2020

Wolipop Detik. https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3631176/tips-sebelum-pasang-extension-bulu-mata

Diakses pada 11 Maret 2020

Artikel Terkait