Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya
Masa subur merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam program kehamilan

Bagi setiap pasangan yang telah menikah, memiliki anak tentu menjadi dambaan. Ada yang cepat dikaruniai kehamilan, namun ada pula yang hingga bertahun-tahun tak juga hamil meski telah melakukan berbagai cara.

Setelah menikah, pertanyaan seperti “kapan punya anak?” pun kian banyak dilontarkan dari keluarga, kerabat, teman, atau rekan kerja. Untuk mewujudkan kehamilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan program hamil.

Tips sukses melakukan program hamil

Melakukan program kehamilan memang memerlukan waktu, usaha, dan kesabaran yang tinggi. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan program kehamilan yang sukses. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Berhenti menggunakan KB dan alat kontrasepsi

Sebelum memulai program hamil, Anda harus berhenti menggunakan KB dan alat kontrasepsi apapun. Semakin cepat Anda berhenti, maka akan semakin cepat siklus menstruasi Anda kembali normal. Namun pada umumnya, sistem reproduksi kembali aktif kembali setelah 3 bulan menghentikan KB.

  • Melakukan pemeriksaan kesehatan

Melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan program hamil penting untuk dilakukan. Sebab, dengan melakukan pemeriksaan tersebut, Anda dan pasangan dapat mengetahui jika terdapat masalah yang bisa mengganggu kesuburan, seperti gangguan tiroid atau kista ovarium.

  • Mengetahui masa subur

Masa subur adalah waktu terbaik untuk hamil. Ini merupakan waktu yang tepat untuk fokus melakukan hubungan seks. Namun, tidak semua wanita mengetahui kapan masa suburnya. Salah satu tanda masa subur yang mudah dikenali adalah lendir serviks menjadi lebih licin dan tipis.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka kemungkinan berovulasi akan jatuh pada hari ke-14 setelah mens berhenti. Namun, banyak wanita yang memiliki siklus lebih panjang ataupun lebih pendek. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui kapan masa subur Anda.

  • Melakukan hubungan seks lebih sering

Melakukan hubungan seks saat masa subur memang bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Namun, tidak ada salahnya untuk lebih sering melakukan hubungan seks.

Anda dapat melakukan hubungan setiap dua hari sekali. Bagi wanita, setelah berhubungan intim sebaiknya berbaring di tempat tidur selama 10-15 menit agar sperma lebih cepat masuk ke leher rahim sehingga bisa segera mendapat kehamilan.

  • Melakukan olahraga ringan

Tubuh yang bugar dapat membuat Anda menjadi lebih subur. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya membantu menurunkan berat badan, namun juga menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar hormon stres, dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan.

Akan tetapi, jangan melakukan olahraga yang berlebihan dan berat karena malah akan menggagalkan program hamil. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berjalan atau jogging, untuk menghindari risiko tersebut.

  • Hindari stres

Stres yang berlebih dapat menurunkan peluang untuk hamil karena menyebabkan kadar hormon menjadi rusak dan mengurangi lendir serviks pada wanita. Dalam menyukseskan program hamil, Anda harus tetap tenang dan jangan berpikir terlalu keras.

Untuk menghindari stres, Anda dapat mengikuti kelas yoga atau zumba, mendengarkan musik, dan berbincang dengan pasangan atau teman.

  • Berhenti merokok

Merokok diketahui dapat mengurangi kesuburan pria maupun wanita. Oleh sebab itu, sebaiknya berhentilah merokok saat melakukan program hamil agar kemungkinan untuk hamil semakin besar.

  • Liburan bersama

Liburan bersama dapat menjadi salah satu kunci untuk hamil. Ketika liburan, keintiman Anda bersama pasangan menjadi lebih meningkat. Selain itu, liburan bersama juga bisa menghilangkan stres.

Makanan untuk program hamil yang direkomendasikan

makanan ibu hamil

Apa yang Anda makan juga penting untuk menyukseskan program hamil. Berikut beberapa makanan untuk program hamil yang direkomendasikan:

  • Kandungan seng yang tinggi dalam tiram dapat memompa produksi sperma dan testosteron sehingga meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Namun, jika Anda tidak menyukai tiram maka seng dapat diperoleh dari daging sapi tanpa lemak, unggas, susu, kacang-kacangan, atau telur.

  • Buah dan sayuran. Beberapa buah dan sayuran mampu melindungi sperma dari kerusakan. Sayuran berdaun hijau mengandung folat (vitamin B kompleks) yang dapat mencegah sperma memiliki kromosom abnormal. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk, tomat, dan beri juga bisa meningkatkan kualitas sperma. Sementara, kandungan vitamin A dalam aprikot, wortel, dan paprika merah dapat menjaga sperma agar tidak lamban.

  • Lemak sehat omega-3, seperti yang terkandung dalam salmon, sarden, sayuran berdaun hijau, dan kacang walnut, dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan sperma bergerak. Selain itu, dapat memberi efek positif pada kesuburan, meningkatkan kualitas sel telur, membantu mengatur ovulasi, dan menunda penuaan ovarium.

Selain makanan untuk program hamil yang direkomendasikan, ada pula makanan yang dilarang untuk program hamil. Berbagai makanan tersebut, di antaranya:

  • Lemak jenuh, seperti makanan cepat saji ayam goreng, kentang goreng, burger dapat merusak bentuk dan ukuran sperma, serta membuatnya kurang kuat.

  • Kafein dan alkohol. Kedua asupan tersebut dianggap dapat menggagalkan program hamil yang Anda lakukan. Sebab, kafein dan alkohol dapat memengaruhi kesuburan Anda bersama pasangan. Jika Anda ingin hamil, maka Anda harus membatasi atau bahkan berhenti mengonsumsinya.

Melakukan program hamil tentu tidaklah mudah, perlu tekad yang kuat dari Anda dan pasangan untuk menjalankannya. Selalu konsultasikan pada dokter mengenai perkembangan atau masalah yang terjadi ketika Anda dan pasangan menjalankan program hamil. Dokter akan memberi saran yang tepat agar Anda dapat segera mendapat kehamilan.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/7-tips-getting-pregnant-faster#1
Diakses pada 17 September 2019

Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/l25005539/how-to-get-pregnant-fast-9-tips-for-quick-conception-photos
Diakses pada 17 September 2019

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_trying-to-conceive-five-changes-to-make-to-your-diet-now_3558.bc
Diakses pada 17 September 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/photo-gallery/get-pregnant-now.aspx
Diakses pada 17 September 2019

Very Well Health. https://www.verywellfamily.com/how-to-get-pregnant-faster-1960275
Diakses pada 17 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed