Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Bebas Bau Mulut dan Ompong

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidaklah sulit
Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting dalam menjaga penampilan

Menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tidak kalah pentingnya dengan merawat kesehatan organ lainnya! Gangguan pada mulut dan gigi bisa menimbulkan rasa sakit yang akhirnya menggangu aktivitas keseharian Anda. Belum lagi jika gigi sampai lepas, penampilan Anda jadi tidak menarik lagi.

Padahal merawat kesehatan gigi dan mulut terbilang mudah dilakukan dibandingkan dengan merawat organ lain. Ayo, mulai menjaga kesehatannya dengan beberapa cara mudah berikut ini.

Bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana tanpa memerlukan perawatan yang mahal, berikut adalah tips-tips yang bisa diterapkan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut Anda.

  • Menyikat gigi dengan benar

Selalu sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan pastikan Anda menyikat gigi dengan benar. Jangan terlalu terburu-buru dalam membersihkan gigi, sikat gigi secara perlahan dan dengan pola melingkar untuk menghilangkan plak di gigi.

  • Pilih sikat gigi yang sesuai

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah pemilihan sikat gigi. Pilihlah sikat gigi dengan sikat yang lembut dan ganti sikat gigi jika terdapat bulu sikat yang bengkok. Bulu sikat yang bengkok atau tumpul dapat merusak gigi.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Selain sikat gigi, Anda juga harus memilih kandungan pasta gigi yang benar. Sangat disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang mampu melindungi gigi dari kerusakan dengan membasmi bakteri dan melindungi gigi.

  • Bersihkan bagian lidah

Lidah merupakan salah satu bagian dalam mulut yang sering tidak diperhatikan saat merawat kesehatan gigi dan mulut.

Padahal, plak juga bisa menumpuk di lidah Anda! Penumpukan plak di lidah dapat menyebabkan bau tidak sedap dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karenanya, selalu bersihkan bagian lidah dengan perlahan setiap kali Anda menyikat gigi.

  • Lakukan flossing

Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya melakukan flossing atau pembersihan dengan benang gigi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Flossing tidak hanya bertujuan untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di gigi, tetapi juga untuk mengurangi plak dan peradangan di gigi. Sebaiknya lakukan flossing sebanyak sehari sekali.

  • Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur 

Saat sedang lelah dan ngantuk, mudah untuk melupakan hal kecil seperti menyikat gigi. Namun, Anda tetap perlu menyikat gigi sebelum tidur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan  menghilangkan plak gigi dan bakteri yang ada dalam mulut seharian.

  • Menggunakan obat kumur

Meskipun Anda tidak wajib menggunakan obat kumur, tetapi obat kumur dapat membantu mengurangi keasaman di mulut, memberikan mineral pada gigi, serta membantu membersihkan gusi dan bagian gigi yang sulit disikat.

  • Konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayuran yang segar dan renyah dapat menstimulasi gigi dan gusi, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini penting untuk diterapkan, khususnya untuk anak-anak.

  • Minum air putih

Meminum air tidak hanya menghindarkan Anda dari dehidrasi, tetapi juga berguna menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan membersihkan sisa makanan yang asam dan lengket dari mulut. Sebaiknya minumlah air sehabis makan.

  • Kurangi makanan yang asam dan bergula

Makanan yang mengandung asam dan gula dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Gula dapat menjadi asam di gigi yang mampu mengikis lapisan permukaan gigi dan menyebabkan lubang di gigi.

  • Hindari merokok

Tidak hanya berpotensi menyebabkan kanker mulut, kandungan nikotin dan tar dalam rokok dapat memberikan warna kuning pada gigi, meningkatkan penumpukan plak gigi, serta merusak gusi dan tulang yang menyokong gigi Anda

  • Periksa gigi secara rutin

Hal lain yang sering diabaikan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.

Pemeriksaan dengan dokter gigi berguna untuk memeriksa kondisi gigi dan membersihkan karang gigi yang menumpuk.

Catatan dari SehatQ

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak sesulit yang dibayangkan, tetapi saat Anda lalai melakukannya, Anda dapat mengalami masalah pada gigi dan gusi, seperti gigi berlubang, peradangan pada gusi, dan sebagainya.

Saat Anda mengalami keluhan seputar kesehatan gigi dan mulut, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi Anda agar bisa menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/best-practices-for-healthy-teeth#1
Diakses pada 17 Januari 2020

WebMD. webmd.com/oral-health/features/eight-ways-to-keep-your-mouth-healthy
Diakses pada 17 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed