Anda harus mempersiapkan hewan peliharaan sejak bulan-bulan awal kehamilan
Bayi dan hewan peliharaan dapat menjalin hubungan yang baik.

Banyak dari para calon orangtua yang merasa khawatir pada keberadaan anjing atau kucing di sekitar bayi mereka yang baru dilahirkan. Bentuk utama kekhawatiran tersebut biasanya adalah ketakutan akan adanya virus atau bakteri pada hewan peliharaan yang dapat menginfeksi si kecil. Di sisi lain, rasa sayang pada hewan peliharaan juga kerap menimbulkan ketakutan jika mereka akan merasa tersingkirkan dengan kehadiran anggota baru dalam keluarga.

Perlu diingat, hewan peliharaan dapat dikatakan sebagai makhluk yang cukup cerdas--khususnya anjing yang dapat memiliki ikatan dekat dengan pemiliknya. Tidak heran, mereka akan merasakan sesuatu berbeda saat Anda akan lebih memperhatikan si kecil dibandingkan mereka. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk segera mempersiapkan hewan peliharaan dengan kelahiran si kecil.

Mempersiapkan Hewan Peliharaan Sebelum Persalinan

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan hewan peliharaan sebelum datangnya bayi, antara lain:

  • Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang agak nakal dengan perilaku yang sulit diatur, Anda harus mulai memberikan pengajaran padanya sejak bulan-bulan awal kehamilan.

  • Untuk hewan peliharaan yang periang seperti anjing yang gemar melompat saat menyambut kehadiran Anda, pastikan untuk mengajarkan pada mereka cara untuk lebih tenang. Hal ini penting untuk menghindari gerakan atau tindakan agresifnya pada bayi.

  • Hewan peliharaan dengan bulu yang lebat kerap mengalami rontok dan mengotori seluruh sudut rumah. Segera lakukan perawatan untuk bulu hewan Anda agar tidak mengganggu sirkulasi udara di rumah.

  • Apabila hewan peliharaan Anda sering naik ke atas kasur atau kursi, pastikan Anda menemukan tempat yang tidak bisa dijangkau atau setidaknya terlarang untuk hewan peliharaan menghampiri. Di sanalah bayimu akan diletakkan saat tidur. Ajarkan pada hewan Anda sejak dini sebelum kelahiran si kecil.

  • Jika hewan peliharaan Anda sulit untuk diatur, pikirkan untuk menggunakan jasa pelatih untuk membuatnya lebih disiplin dan penurut sehingga Anda tidak akan kesulitan merawat bayi dengan keberadaannya.

Membawa Bayi Pulang Pertama Kali

Meskipun sudah mempersiapkan segala hal dengan sempurna, membawa bayi pulang ke rumah dengan keberadaan hewan peliharaan akan sedikit mengkhawatirkan. Meskipun begitu, Anda tetap harus melakukannya dan mengupayakan agar dapat tetap tenang dan santai.

Ingat, hewan akan paham jika Anda merasakan hal yang ganjal dengan keberadaannya. Cobalah untuk tetap bersikap ramah dan ceria padanya.

Selain itu, pastikan untuk tetap memberikan perhatian pada hewan peliharaan Anda dengan baik. Jika mengurus bayi sudah sangat melelahkan, Anda dapat berbagi tugas dengan pasangan siapa yang harus memegang bayi dan siapa yang akan bermain dengan hewan peliharaan.

Perkenalkan juga kehadiran si kecil padanya untuk membangun hubungan yang baik antara bayi dengan si anggota keluarga berbulu. Selanjutnya, jalani kehidupan dengan lebih tenang, dengan begitu, peliharaan Anda akan mulai terbiasa dengan kehadiran bayi di tengah-tengah kalian.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan di masa-masa adaptasi dan perkenalan antara bayi dan hewan peliharaan:

  1. Saat memperkenalkan bayi pada hewan peliharaan, pastikan keduanya dalam kondisi yang tenang dan mood yang baik. Jangan lupa pula untuk menjaga jarak aman di antara keduanya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Biarkan hewan peliharaan Anda mengenali aroma, suara, dan gerak-gerik bayi.

  2. Selalu awasi interaksi keduanya. Pastikan Anda selalu mengawasi saat bayi berada dekat dengan hewan peliharaan Anda. Jangan biarkan mereka menjilat dan mengendus bayi meskipun itu akan terlihat sangat menggemaskan.

  3. Perlahan, biarkan hewan peliharaan Anda menjadi semakin dekat dengan bayi seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, pastikan untuk tidak pernah membiarkan keduanya tanpa diawasi. Ingat, karakter hewan tidak dapat diprediksi meskipun sudah dididik menjadi penurut dan jinak.

  4. Terakhir, jangan pernah memaksakan hewan peliharaan Anda untuk dekat dengan bayi. Biarkan ia mendekat dengan caranya di waktu yang tepat.

Dengan persiapan yang matang dan meluangkan waktu yang seimbang, hewan peliharaan Anda akan belajar menerima dan tumbuh untuk mencintai anggota keluarga baru.

 

Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/baby-and-toddler/baby/looking-after-your-baby/fur-babies-introducing-your-pet-to-your-baby
Diakses pada November 2019

Parents. https://www.parents.com/parenting/pets/babies/introducing-pet-to-baby/
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed