Tips Menyiapkan Menu Makan Siang Anak agar Selalu Sehat

(0)
19 Sep 2020|dr. Levina Felicia
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Usia sekolah menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan pola makan siang yang baik pada anak. Menu makan siang yang sehat dapat menjaga anak tetap aktif dan bersemangat menjalani hari di sekolah.Akan tetapi, diperlukan upaya khusus yang kreatif untuk menyiapkan bekal makan siang bagi buah hati. Pasalnya, waktu makan anak terbatas saat jam makan siang.

Alasan menu makan siang anak harus diperhatikan

Bekal makan siang yang sehat akan memberikan energi yang cukup untuk anak. Dengan ini, ia bisa bermain, belajar, dan berkonsentrasi sepanjang hari dengan baik.Bagi anak usia sekolah, penting untuk menyiapkan menu makan siang yang kaya nutrisi. Jangan lupa juga untuk menyertakan botol minum berisi air putih yang cukup selama buah hati bersekolah.Menyiapkan menu makan siang anak yang sehat dan digemari bisa menjadi tantangan besar bagi orang tua. Pasalnya, waktu makan anak yang terbatas selama jam istirahat di sekolah.Anak juga bisa saja lebih memilih untuk bermain daripada menghabiskan makan siangnya. Karena itu, diperlukan beberapa upaya khusus dari para orang tua ketika menyiapkan bekal sekolah anak.

Tips menyiapkan menu makan siang anak

Usia sekolah merupakan umur ketika anak mulai membuat pilihannya sendiri, termasuk makanan. Anak usia sekolah belajar dengan cepat dan mudah terpengaruh oleh teman maupun lingkungan sekitarnya.Oleh sebab itu, usia sekolah tersebut juga menjadi waktu yang tepat dalam mengenalkan pola makan yang sehat bagi anak.Melibatkan anak dalam menyiapkan menu makan siang dalam bentuk bekal, dapat menjadi kesempatan guna mengenalkan pola makan sehat pada anak. Langkah ini akan sekaligus memberikan peluang agar Si Kecil dapat menentukan makanan yang ia inginkan. Bagaimanakah caranya?
  • Bicarakan pada anak tentang makanan apa yang ia sukai

Diskusikan tentang pilihan makanan dan minuman yang lebih sehat, lalu tentukan bersama buah hati mengenai bahan pangan yang ia pilih sebagai menu makan siang anak.
  • Buat daftar belanja bersama

Ajak anak berbelanja bahan makanan bersama-sama. Biarkan ia memilih makanan dan minuman dari daftar belanja yang telah Anda buat.
  • Siapkan bekal bersama anak

Anda dapat menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu pada malam sebelumnya. Dengan ini, persiapan bekal di pagi hari bisa lebih mudah.
  • Pilih kotak dan botol yang tepat

Sebagian kotak makan dan botol minum yang tersedia terbuat dari plastik. Orang tua harus jeli dalam memilih jenis plastik yang menjadi bahan dasar peralatn ini.Untuk membantu, Anda dapat mempelajari kode-kode plastik yang tertera pada peralatan makan. Umumnya, kode ini terletak di bagian bawah dengan bentuk angka.Tiap kode plastik akan menandakan jenis plastik yang berbeda, dan fungsinya. Contohnya, jenis plastik yang tahan panas atau tidak.

Kenapa anak tidak menghabiskan bekalnya?

Kadangkala, anak pulang ke rumah dengan menyisakan bekal makan siang. Hal ini tentu bisa membuat orang tua bingung dan kecewa. Ternyata, sederet alasan di bawah ini dapat menjadi dalangnya:
  • Jenis kotak makan

Jenis kotak makan rupanya berpengaruh pada nafsu makan anak. Bila anak tidak menyukai kotak makan yang digunakan, ia bisa saja enggan untuk mengeluarkannya ketika makan siang. Anak juga mungkin makan terburu-buru makan dan cenderung tak habis karena tidak ingin kotak bekalnya dilihat oleh teman-temannya.Sebagai solusi, pilihlah kotak makan bersama-sama dengan Si Kecil. Tidak mustahil bila ia memiliki preferensi untuk alat makan ini. Misalnya, kotak makan siang dengan gambar karakter yang sedang tren.
  • Rasa bosan

Cobalah memberikan menu makan siang anak yang berbeda setiap hari. Untuk anak yang lebih kecil, Anda bisa membuat sandwich atau makanan lain dengan bentuk yang beragam, seperti lingkaran atau segitiga.Dengan mengembangkan kreativitas dalam membuat bekal dan menu makan siang anak, buah hati akan menantikan jam makan siangnya dan makan dengan semangat.
  • Kemasan susah dibuka atau lengket

Pastikan menu makan siang anak mudah dikonsumsi. Pasalnya, sebagian anak mungkin malas makan jika kemasan makanan sulit dibuka atau membuat tangannya menjadi lengket.Karena itu, usahakan untuk menyiapkan menu makan siang anak dengan kemasan yang mudah dibuka. Jangan lupa juga untuk menyertakan alat makan yang sesuai, seperti sendok dan garpu.Bila menyertakan buah-buahan dalam menu makans siang anak, kupas atau potong-potong agar lebih praktis ketika hendak dimakan ooleh Si Kecil.
  • Makanan yang terlalu kering

Anak bisa saja kurang semangat makan bila jenis makanannya terlalu kering. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memberikan sedikit saus sebagai pelengkap makan siang anak.

Jenis makanan yang mesti ada dalam menu makan siang anak

Pastikan bekal makan siang anak mengandung gizi yang cukup dan seimbang. Hal ini bisa dipenuhi dengan menyertakan jenis-jenis makanan berikut:
  • Makanan pokok, seperti nasi, roti, atau kentang
  • Buah-buahan segar
  • Sayur-sayuran
  • Lauk-pauk, seperti telur, daging-dagingan, serta ikan
  • Susu
Sertakan pula sebotol air putih dengan jumlah yang mencukupi kebutuhan cairan anak. Anda juga bisa menyiapkan keju atau yoghurt sebagai camilan di samping bekal makan siang.Menyiapkan bekal dan menu makan siang anak perlu mempertimbangkan preferensi buah hati. Ajaklah ia untuk ikut memilih kotak makan serta peralatannya, maupun bahan pangan yang disukai.Orang tua juga bisa mengajak buah hati dalam membuat makan siangnya. Dengan ini, anak akan merasa lebih terlibat dan bersemangat saat makan siang.Tidak pula, siapkan dan gunakan kotak makan yang tertutup rapat sehingga makanan tidak tumpah. Tapi pastikan juga kotak ini tetap mudah dibuka oleh anak. emoga bermanfaat!
makanan sehatnutrisi anak
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/school-age/nutrition-fitness/breakfast-lunches/healthy-lunches
Diakses pada 19 September 2020
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/lunch-box-tips
Diakses pada 19 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait