7 Cara Menurunkan Demam pada Anak Secara Alami di Rumah


Beragam cara menurunkan demam pada anak di rumah dapat dilakukan dengan cara mandi air hangat, beristirahat penuh, hingga menyejukkan tubuh anak.

0,0
09 Dec 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menurunkan demam pada anak dari rumahSalah satu cara menurunkan demam pada anak adalah memintanya istirahat.
Setiap orangtua umumnya memiliki pengalaman anak yang demam. Tidak sedikit pula orangtua yang merasa panik di saat anak demam. Supaya bisa segera ditangani, Anda sebaiknya mempelajari beberapa cara menurunkan demam pada anak secara alami yang dapat dilakukan di rumah.
Cara menurunkan demam pada anak di rumahBerikut adalah beberapa cara mengatasi anak demam tinggi di rumah secara alami yang bisa dicoba oleh orangtua.

1. Meminta anak untuk minum banyak cairan

Cara menurunkan demam pada anak di rumah yang tidak boleh dilewatkan adalah pastikan Anda senantiasa memenuhi kebutuhan cairannya.Namun, meminta anak untuk mau minum air putih terkadang menjadi tantangan yang cukup berat. Oleh karena itu, Anda dapat memilih cairan lain yang mungkin lebih menarik perhatiannya, seperti:
  • Kaldu ayam hangat
  • Jus buah encer
  • Popsicle (orangtua boleh membuat popsicle dari buah yang dibekukan).
Cara meredakan panas pada anak ini dapat memastikan cairan tubuhnya tercukupi dan terhindar dari dehidrasi selama mengalami demam.

2. Beristirahat penuh

Beristirahat penuh adalah cara mengatasi demam pada anak yang dinilai ampuh. Terkadang, anak-anak tidak bisa diam saat dirinya sedang demam. Padahal, mereka disarankan untuk beristirahat sampai demamnya mereda.Jika anak tidak mau beristirahat, cobalah untuk membacakan cerita di kasur supaya ia bisa beristirahat dengan baik. Cara mengatasi demam pada anak ini dapat membantu tubuh si kecil untuk lekas pulih.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat dianggap sebagai cara mengatasi anak demam yang cukup efektif. Sebab, air hangat dipercaya bisa menurunkan demam. Sebaliknya, air dingin malah bisa membuat badan anak semakin hangat.Jika anak tidak mau mandi, Anda bisa memberikan kompres hangat di bagian keningnya untuk meredakan demam yang dialami si kecil.

4. Menyejukkan tubuh anak

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa cara untuk menyejukkan tubuh yang bisa dilakukan sebagai cara menurunkan demam anak, di antaranya:
  • Menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal
  • Tidak menggunakan selimut yang berlapis-lapis saat tidur
  • Lap tubuh anak dengan air yang hangat
  • Nyalakan kipas untuk menjaga sirkulasi udara di sekitar anak
  • Minum air yang sejuk atau bersuhu ruangan.
Namun, jika anak menggigil akibat beberapa hal di atas, sebaiknya Anda langsung menghangatkan tubuhnya.

5. Minum air jahe

Cara mengatasi anak panas secara tradisional yang bisa dicoba adalah minum jahe. Rempah ini memiliki senyawa antibakteri yang membuatnya dianggap efektif melawan demam.Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda boleh memotong sedikit jahe dan merebusnya untuk dijadikan teh.Meski begitu, Anda perlu tahu bahwa tidak semua anak menyukai rasa jahe. Selain itu, jangan memberikan terlalu banyak jahe karena bisa menyebabkan nyeri ulu hati.

6. Kompres hangat

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kompres hangat termasuk cara menurunkan panas pada balita yang tergolong efektif.Cobalah kompres bagian ketiak dan selangkangan selama 10-15 menit untuk mengeluarkan panas lewat pori-pori tubuh.Cara meredakan panas pada balita ini dapat Anda lakukan sebagai tindakan pertolongan pertama demam.

7. Minum obat penurun demam

Saat badan anak panas, Anda boleh memberikan obat penurun demam. Dikutip dari Very Well Health, obat penurun demam ini dikenal dengan sebutan antipiretik.Ada banyak obat antipiretik yang bisa dibeli di apotek, misalnya acetaminophen. Namun ingat, jika anak Anda masih berusia di bawah 3 bulan, jangan memberikan obat-obatan apa pun sebelum mendapatkan izin dari dokter.Hindari juga penggunaan obat aspirin pada anak karena bisa menyebabkan kondisi medis fatal bernama sindrom Reye.Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum melakukan cara menangani anak demam ini supaya si kecil terhindar dari efek samping yang merugikan.

Kapan harus bawa anak ke dokter jika demam?

Jika berbagai cara mengobati anak demam di atas tidak membuahkan hasil yang positif, segera bawa si kecil ke dokter. Dokter dapat memberikan obat-obatan resep yang aman untuk anak guna meredakan demam yang dialaminya.Standford Childern's Health menyarankan Anda untuk segera bawa anak ke dokter terdekat apabila:
  • Bila usia anak Anda di bawah tiga bulan dan mengalami demam
  • Bila usia anak antara 3-5 bulan dengan suhu 38,3° C
  • Bila usia anak di atas 6 bulan dengan suhu 38,8° C
  • Bila suhu di atas 40° C
  • Bila demam lebih dari tiga hari
  • Bila demam disertai gejala lain, seperti kaku leher, nyeri tenggorokan, sesak, nyeri telinga, ruam kulit, kejang, atau nyeri kepala.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak atau cara mengatasi panas pada balita lainnya, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
penyakit anakkesehatan anakdemam
WebMD. https://www.webmd.com/children/guide/treat-fever-young-children#1
Diakses pada 1 Mei 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/404_how-can-i-reduce-my-childs-fever-without-using-medicine_10338495.bc
Diakses pada 1 Mei 2019
Standford Childern's Health. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=fever-in-children-90-P02512
Diakses pada 24 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326925#children
Diakses pada 9 Desember 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/viral-fever-home-remedies#cooling-tips
Diakses pada 9 Desember 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/effective-fever-remedies#1.-Echinacea
Diakses pada 9 Desember 2021
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/penanganan-demam-pada-anak
Diakses pada 9 Desember 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/safe-ways-to-treat-a-fever-4023633
Diakses pada 9 Desember 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait