Tips Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Salah satu tips menurunkan berat badan dengan bersepeda adalah mengoptimalkan waktu bersepeda
Bersepeda dapat membantu menurunkan berat badan

Terlepas dari apakah Anda seorang pesepeda pemula yang baru saja memulai olahraga atau seorang berpengalaman yang ingin meningkatkan kekuatan dan menurunkan berat badan, bersepeda membutuhkan pemahaman agar dapat memaksimalkan manfaatnya.

Menurunkan berat badan dengan bersepeda dapat dicapai dengan menerapkan beberapa teknik sederhana, baik di saat bersepeda maupun saat tidak bersepeda. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan teratur dan bergizi.

Namun, perlu diingat bahwa menurunkan berat badan dengan bersepeda akan membutuhkan banyak kesabaran, pengendalian diri, dan disiplin. Berikut adalah beberapa tips utama untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda.

1. Perhatikan Asupan dan Pola Makan

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal dengan lemak yang terbakar dan berat badan turun, tentu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah asupan dan pola makan harian Anda. Anda mungkin tidak perlu melakukan pemangkasan asupan yang terlalu berlebihan mengingat bersepeda akan membantu Anda dalam membakar kalori dalam tubuh.

Akan tetapi, bukan berarti Anda akan bebas dalam mengonsumsi beragam makanan sesuka hati. Fokuslah pada gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam menu yang menjadi asupan harian Anda. Selain itu, makanlah secara teratur dan perbanyak minum air putih.

2. Kurangi Asupan Tinggi Lemak dan Gula

Lemak dan gula memiliki peran besar dalam meningkatkan berat badan secara signifikan. Itulah sebabnya, Anda perlu untuk menghindari asupan makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi. Menghindari lemak dan gula juga memberikan manfaat lain seperti mengurangi risiko terjangkitnya penyakit berbahaya seperti stroke dan diabetes di masa depan.

Anda dapat mengganti camilan coklat dan minuman soda dengan buah dan infused water. Dengan begitu, Anda tetap akan mendapatkan asupan energi yang cukup tanpa harus merasa kelaparan dan menumpuk lemak dalam tubuh.

3. Hentikan Konsumsi Alkohol

Alkohol adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan yang signifikan. Pasalnya, asupan kalori dari alkohol per gelasnya cukup tinggi, misalnya segelas wine memiliki kandungan 178 kalori.

Jumlah kalori tersebut membutuhkan waktu setidaknya lebih dari 30 menit untuk dibakar dengan jogging. Tidak heran jika orang-orang yang gemar minum alkohol akan mudah memiliki perut yang buncit.

4. Kurangi Asupan saat Bersepeda

Jika Anda benar-benar memiliki target untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda, sebaiknya hentikan kebiasaan minum dan makan selama berlatih. Meskipun cukup dianjurkan dan aman untuk dilakukan, makan selama bersepeda akan menghambat proses penurunan berat badan.

Setidaknya, untuk durasi bersepeda yang kurang dari 60 menit tidak akan membutuhkan minuman atau makanan sebagai tambahan energi tubuh. Namun, sebaliknya saat Anda akan melakukan sesi bersepeda yang cukup berat di pagi hari, Anda dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu. Tentunya, dengan menu yang sehat dan rendah lemak dan gula.

5. Optimalkan Waktu Bersepeda

Bagi Anda yang bersepeda dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, waktu yang Anda habiskan untuk bersepeda lebih penting dibandingkan dengan jarak yang di tempuh. Jika Anda termasuk pesepeda pemula, Anda dapat memulai rutinitas sehat ini dengan melakukan tes yang sederhana.

Dengan berbagai aplikasi yang telah tersedia di telepon pintar Anda, hitung berapa jarak yang dapat Anda tempuh saat Anda bersepeda selama 30 menit. Catat jarak yang mampu Anda tempuh, dan tentukan target mengurangi waktu tempuh untuk mecapai jarak yang sama. 

Jika Anda rutin melakukannya, maka tingkat kebugaran tubuh makin lama akan semakin meningkat dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu juga akan semakin singkat. Selain itu, kalori yang dibakar pun semakin lama akan semakin banyak.

6. Konsisten dan Perlahan

Tidak perlu terburu-buru dalam memasang target penurunan berat badan dengan bersepeda. Yang terpenting untuk dilakukan adalah konsisten dan fokus dalam proses yang Anda lakukan. Buatlah target yang mudah dan masuk akal untuk dicapai sesuai dengan kemampuan. Perlahan, Anda akan mendapati diri Anda menjadi sosok yang lebih kuat dan stabil dalam berlatih.

Cycling Weekly. https://www.cyclingweekly.com/fitness/training/how-to-lose-weight-cycling-266755#kSTMxJCr6O7GgCV2.99
Diakses pada November 2018

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/how-to-lose-weight-on-your-bike-3495984
Diakses pada 19 Maret 2019

British Cycling. https://www.britishcycling.org.uk/knowledge/nutrition/article/izn20180124-Eating-on-the-bike-Struggling-with-Cycling-Weight-Loss-0
Diakses pada 19 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed