Tips Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil dan yang Harus Dihindari


Ibu hamil mempunyai kulit yang lebih sensitif sehingga harus cermat memilih kosmetik yang aman. Beberapa tips ini bisa diikuti ibu hamil dalam menggunakan kosmetik, salah satunya memilih pelembap bebas minyak.

(0)
13 Jun 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
kosmetik yang aman untuk ibu hamil tidak boleh mengandung parabenKosmetik tanpa kandungan retinol aman untuk ibu hamil.
Kulit yang berubah menjadi lebih sensitif saat hamil terkadang membuat Anda kesulitan saat ingin menggunakan kosmetik seperti biasa. Kosmetik yang aman untuk ibu hamil memang memiliki bahan yang berbeda, karena disesuaikan dengan keamanan untuk janin.Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu bingung. Terdapat banyak tips yang bisa memudahkan Anda dalam memilih kosmetik yang tepat serta mengenali bahan yang harus dihindari.[[artikel-terkait]]

Ibu hamil boleh makeup atau tidak?

Ibu hamil memakai makeup boleh saja, asalkan makeup untuk ibu hamil yang digunakan mengandung bahan-bahan yang aman untuk janin.Pasalnya, sejumlah jenis makeup yang biasa digunakan sebelum hamil mengandung zat yang bisa berbahaya ketika digunakan saat hamil.Sejumlah produk kecantikan yang sebaiknya dihindari saat hamil adalah produk yang mengandung zat kimia cukup keras dan berbahaya jika diserap tubuh.Apabila bahan kimia ini terserap oleh tubuh, ia akan menyebabkan alergi kosmetik yang berisiko membahayakan tumbuh kembang janin dalam kandungan.Jadi apabila ingin menggunakan makeup atau skincare selama hamil, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan bahwa produk yang digunakan aman untuk ibu hamil. Baca juga: Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil, Ini yang Boleh Dilakukan dan Tidak

Bahan kosmetik yang dilarang untuk ibu hamil

Beberapa bahan kosmetik yang beredar, bisa berbahaya untuk janin. Karena itu, Anda perlu menghindari kandungan kosmetik yang berbahaya untuk ibu hamil seperti berikut ini:
  • Avage, fabior, tazorac (tazarotene)
  • Differin (adapalene)
  • Panretin (alitretinoin)
  • Retin-A, renova (tretinoin)
  • Retinoic acid (asam retinoat)
  • Retinol
  • Retinyl linoleate
  • Retinyl palmitate
  • Targretin gel
  • Tretinoin
  • Formaldehida
  • Phtalates
  • Paraben
  • Hydroquinone
  • Toluene
  • Merkuri
Selain menghindari kosmetik yang dilarang untuk ibu hamil, sebagai langkah aman, Anda dapat menggunakan kosmetik yang hanya menggunakan bahan-bahan dari mineral.Makeup yang boleh dipakai ibu hamil berbahan mineral sebagian besar akan tetap berada di atas permukaan kulit, dan pada kebanyakan orang tidak menimbulkan iritasi.

Tips pakai kosmetik untuk ibu hamil

Sebelum hamil, Anda mungkin bebas menggunakan kosmetik apa pun. Namun, memasuki masa kehamilan, penggunaan kosmetik yang sembarangan, bisa jadi memberikan efek buruk untuk janin di dalam kandungan.Padahal bagi beberapa wanita, penggunaan kosmetik sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.
sunblock
Untuk itu, ikuti tips pemakaian kosmetik yang aman untuk ibu hamil berikut ini agar Anda bisa tetap cantik dan segar tanpa membahayakan janin.

1. Tetap gunakan sunscreen

Meski sedang hamil, Anda tetap perlu menggunakan sunscreen. Kebanyakan produk yang beredar aman digunakan oleh ibu hamil, meski dapat menyerap ke dalam kulit. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungannya.Sebagai langkah aman, Anda dapat memilih sunscreen berbahan titanium dioksida atau zink dioksida. Kedua bahan tersebut tidak meresap ke dalam kulit, sehingga aman bagi bayi di dalam kandungan.

2. Pilih pelembap yang bebas minyak

Pilihlah pelembap yang bebas minyak agar baik untuk kulit kering maupun kulit berminyak. Saat hamil, produksi minyak dalam tubuh bisa meningkat. Sehingga, menggunakan produk yang berminyak bisa memicu timbulnya jerawat.Jadi, saat menggunakan pelembap atau sunscreen, Anda disarankan untuk memilih produk yang tidak mengandung minyak.

3. Ganti foundation dengan concealer

Mengingat kulit menjadi lebih sensitif saat hamil, maka Anda disarankan untuk menghindari penggunaan foundation yang berat selama hamil. Sebab, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori di kulit dan memicu timbulnya jerawat.Sebaiknya Anda membiarkan kulit bernapas, dan menggunakan concealer sebagai gantinya. Anda dapat menggunakan produk ini untuk menutupi kantung mata dan meratakan warna kulit wajah.Baca juga: Ini Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil Secara Alami yang Aman
menggunakan makeup

4. Trik membuat mata terlihat segar

Kehamilan, meski terkadang terasa melelahkan, namun juga memberikan kilau khas di wajah Anda. Dikutip dari Baby Centre, untuk semakin menonjolkannya, Anda dapat menggunakan eyeliner agar mata terlihat lebih segar.

5. Hindari penggunaan maskara

Beberapa produk maskara dapat mengandung diazolidinyl urea bahan yang bisa berbahaya untuk bayi. Anda dapat mengganti penggunaan maskara dengan penjepit bulu mata.Agar bulu mata terlihat lebih bervolume, Anda bisa memanfaatkan blow dryer dengan pengaturan panas rendah, lalu arahkan langsung ke bulu mata sambil menggunakan penjepit bulu mata. Atur arah angin blow dryer, agar jangan sampai terkena bola mata.

6. Gunakan blush on

Bagi beberapa wanita, contouring merupakan langkah merias wajah yang wajib dilakukan. Namun, produk yang digunakan untuk melakukannya, bisa jadi terlalu berat untuk kulit ibu hamil yang sensitif.Untuk menggantinya, gunakan blush on untuk mengubah dimensi wajah, sesuai keinginan Anda. Penggunaan blush on juga akan membuat wajah terlihat lebih segar.

7. Tetap merapikan alis

Menggambar alis bisa menghilangkan kesan lelah di wajah. Sehingga, untuk mengatasinya bisa dengan satu langkah sederhana ini.Memahami jenis kosmetik yang aman untuk ibu hamil, dapat membantu Anda terhindar dari bahaya yang mengancam janin. Konsultasikan lebih jauh dengan dokter kandungan, untuk mengetahui bahan-bahan lain yang sebaiknya dihindari, sesuai kondisi Anda.Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter terkait makeup atau kosmetik yang aman untuk ibu hamil, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilanproduk kecantikankosmetik
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait