7 Tips Menggunakan Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sebaiknya menghindari penggunaan maskara
Kosmetik tanpa kandungan retinol aman untuk ibu hamil.

Kulit yang berubah menjadi lebih sensitif saat hamil terkadang membuat Anda kesulitan saat ingin menggunakan kosmetik seperti biasa. Kosmetik yang aman untuk ibu hamil memang memiliki bahan yang berbeda, karena disesuaikan dengan keamanan untuk janin.

Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu bingung. Terdapat banyak tips yang bisa memudahkan Anda dalam memilih kosmetik yang tepat serta mengenali bahan yang harus dihindari.

[[artikel-terkait]]

Cara pakai kosmetik yang aman untuk ibu hamil

Sebelum hamil, Anda mungkin bebas menggunakan kosmetik apa pun. Namun, memasuki masa kehamilan, penggunaan kosmetik yang sembarangan, bisa jadi memberikan efek buruk untuk janin di dalam kandungan.

Padahal bagi beberapa wanita, penggunaan kosmetik sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk itu, ikuti tips pemakaian kosmetik yang aman untuk ibu hamil berikut ini agar Anda bisa tetap cantik dan segar tanpa membahayakan janin.

sunblock

1. Tetap gunakan sunscreen

Meski sedang hamil, Anda tetap perlu menggunakan sunscreen. Kebanyakan produk yang beredar aman digunakan untuk ibu hamil, meski dapat menyerap ke dalam kulit. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungannya.

Sebagai langkah aman, Anda dapat memilih sunscreen berbahan titanium dioksida atau zink dioksida. Kedua bahan tersebut tidak meresap ke dalam kulit, sehingga aman bagi bayi di dalam kandungan.

2. Pilih pelembap yang bebas minyak

Kilau yang muncul saat masa kehamilan, membuat aura ibu hamil terlihat berbeda. Namun, jika kilau tersebut disebabkan oleh terlalu banyaknya produksi minyak di wajah, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab, kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Jadi, saat menggunakan pelembap atau sunscreen, Anda disarankan untuk memilih produk yang tidak mengandung minyak.

3. Ganti foundation dengan concealer

Mengingat kulit menjadi lebih sensitif saat hamil, maka Anda disarankan untuk menghindari penggunaan foundation yang berat selama hamil. Sebab, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori di kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Sebaiknya Anda membiarkan kulit bernapas, dan menggunakan concealer sebagai gantinya. Anda dapat menggunakan produk ini untuk menutupi kantong mata dan meratakan warna kulit wajah.

menggunakan makeup

4. Trik membuat mata terlihat segar

Kehamilan, meski terkadang terasa melelahkan, namun juga memberikan kilau khas di wajah Anda. Untuk semakin menonjolkannya, Anda dapat menggunakan eyeliner agar mata terlihat lebih segar.

5. Hindari penggunaan maskara

Beberapa produk maskara dapat mengandung diazolidinyl urea bahan yang bisa berbahaya untuk bayi. Anda dapat mengganti penggunaan maskara dengan penjepit bulu mata.

Agar bulu mata terlihat lebih bervolume, Anda bisa memanfaatkan blow dryer dengan pengaturan panas rendah, lalu arahkan langsung ke bulu mata sambil menggunakan penjepit bulu mata. Atur arah angin blow dryer, agar jangan sampai terkena bola mata.

6. Gunakan blush on

Bagi beberapa wanita, contouring merupakan langkah merias wajah yang wajib dilakukan. Namun, produk yang digunakan untuk melakukannya, bisa jadi terlalu berat untuk kulit ibu hamil yang sensitif.

Untuk menggantinya, ginakan blush on untuk mengubah dimensi wajah, sesuai keinginan Anda. Penggunaan blush on juga akan membuat wajah terlihat lebih segar.

7. Tetap rapikan alis

Menggambar alis bisa menghilangkan kesan lelah di wajah. Sehingga, kesan wajah layu, bisa Anda hindari dengan satu langkah sederhana ini.

Bahan kosmetik yang perlu dihindari ibu hamil

Beberapa bahan kosmetik yang beredar, bisa berbahaya untuk janin. Karena itu, Anda perlu menghindari kosmetik yang mengandung bahan-bahan di bawah ini.

  • Avage, fabior, tazorac (tazarotene)
  • Differin (adapelene)
  • Panretin (alitretinoin)
  • Retin-A, renova (tretinoin)
  • Retinoic acid (asam retinoat)
  • Retinol
  • Retinyl linoleate
  • Retinyl palmitate
  • Targretin gel
  • Tretinoin

Sebagai langkah aman, Anda dapat menggunakan kosmetik yang hanya menggunakan bahan-bahan dari mineral. Produk tersebut sebagian besar akan tetap berada di atas permukaan kulit, dan pada kebanyakan orang tidak menimbulkan iritasi.

Memahami jenis kosmetik yang aman untuk ibu hamil, dapat membantu Anda terhindar dari bahaya yang mengancam janin. Konsultasikan lebih jauh dengan dokter kandungan, untuk mengetahui bahan-bahan lain yang sebaiknya dihindari, sesuai kondisi Anda.

Artikel Terkait

Banner Telemed