Tips Mengatur Pencahayaan Meja Kantor yang Tepat


Pencahayaan meja kantor yang tepat dianggap mampu meningkatkan etos kerja, memaksimalkan suasana hati, hingga menciptakan suasana yang nyaman untuk bekerja. Pencahayaan ini dapat diatur dengan berbagai hal, mulai dari menggunakan lampu yang tepat hingga mengatur tingkat pencahayaannya.

0,0
26 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pencahayaan meja kantor yang tepat dapat membantu menciptakan suasana nyaman untuk kerjaPencahayaan meja kantor yang baik dapat memaksimalkan kinerja Anda
Pencahayaan meja kantor yang tepat merupakan hal penting dalam meningkatkan produktivitas kerja. Pencahayaan yang efektif bermanfaat memaksimalkan suasana hati, meningkatkan etos kerja, hingga menciptakan ruang kantor yang optimal.
Di masa pandemi, tidak sedikit orang yang harus bekerja dari rumah. Sama halnya dengan kantor resmi, meja kerja di rumah juga harus memiliki pencahayaan yang tepat. Sebab, pencahayaan ruangan yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, misalnya mata tegang hingga sakit kepala berat.

Tips mengatur pencahayaan meja kantor yang tepat

The National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa pencahayaan yang baik dapat menghasilkan efek biologis dan terapeutik yang kuat pada pekerja. Untuk mewujudkannya, berikut adalah tips untuk mengatur pencahayaan meja kantor yang tepat.

1. Kenal jenis lampu untuk ditempatkan di kantor

Memiliki beberapa sumber cahaya dalam ruang kantor dengan tingkatan yang berbeda dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman. Hal ini mungkin dapat diterapkan jika Anda memiliki ruang kerja pribadi, baik di kantor maupun di rumah.
  • Lampu kantor tentunya diperlukan untuk mengatur tingkat pencahayaan ruangan secara keseluruhan. Cahaya ini bisa didapatkan dari lampu utama di dalam ruangan kantor.
  • Lampu meja kerja atau lampu lantai yang berada di samping meja dapat membantu mengatur.pencahayaan meja kantor yang tepat. Lampu ini umumnya dibuat khusus untuk mendukung aktivitas Anda bekerja di depan komputer, membaca, atau menulis di atas meja.
  • Lampu aksen atau lampu pelengkap untuk memperindah ruang kantor bisa menambah tingkat pencahayaan ruangan kerja Anda. Contohnya, Anda dapat menempatkan lampu sorot untuk menonjolkan arsitektur ruangan.

2. Hindari cahaya terlalu terang

Lampu kantor yang tepat adalah lampu yang tidak mengganggu saat Anda bekerja. Lampu yang terlalu terang dapat membuat mata Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk fokus.Penggunaan lampu agak redup lebih disarankan untuk pencahayaan meja kantor yang tepat. Misalnya, lampu meja kerja yang memiliki tudung. Lampu tersebut dapat memberikan suasana yang jauh lebih rileks, tetapi memungkinkan Anda untuk bekerja dengan nyaman dan fokus pada pekerjaan.

3. Lampu jangan terlalu redup

Meski penggunaan lampu agak redup dianjurkan, sebaiknya Anda jangan memilih lampu yang terlalu dalam pencahayaan meja kantor. Alih-alih membuat nyaman, lampu yang terlalu redup malah bisa membuat Anda mengantuk dan membuat mata lelah.

4. Perhatikan kualitas cahaya

Kualitas sinar lampu kantor dan bagaimana lampu tersebut menghasilkan warna juga tidak kalah penting.Selain itu, pastikan cahaya yang dipancarkan memiliki suhu yang sesuai dan jangan terlalu panas. Menggunakan lampu yang tingkat keredupannya bisa diatur sendiri bisa menjadi pilihan terbaik.

5. Pilih lampu meja yang tepat

Untuk mendapatkan pencahayaan meja kantor yang tepat, pilihlah lampu meja kerja yang dapat diatur ketinggian dan posisi lampunya.Sebaiknya pilih lampu meja LED agar tidak memancarkan panas dan pastikan alas lampu mejanya tidak memakan banyak tempat.

6. Manfaatkan cahaya biru

Cahaya biru atau blue light dikenal memiliki dampak buruk untuk mata dan bisa membuat seseorang sulit tidur.Namun, penelitian yang dilakukan Mid Sweden University menunjukkan bahwa hal ini bisa berdampak positif bagi pekerja yang mengantuk karena lampu biru dinilai lebih efektif dari konsumsi kafein pada fungsi psikomotorik.Pencahayaan meja kantor yang tepat dengan lampu biru dapat membuat Anda lebih terjaga saat bekerja. Gunakan jenis lampu ini di pagi hari dan ganti dengan jenis lampu lainnya yang lebih lembut di sore harinya.Itulah tips mengenai pencahayaan meja kantor yang tepat. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan pada mata atau sakit kepala yang tidak menghilang saat cahaya lampu telah disesuaikan, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan matasakit kepalagangguan mata
CCOHS. https://www.ccohs.ca/oshanswers/ergonomics/lighting_general.html
Diakses 12 Oktober 2021
Y Lighting. https://www.ylighting.com/blog/how-to-modern-workspace-lighting/
Diakses 12 Oktober 2021
Work Space Design. https://www.workspacedesign.co.uk/the-rise-of-activity-based-workspaces/
Diakses 12 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait