6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah
Sakit kepala sebelah sebenarnya bisa diatasi tanpa menggunakan obat.

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang cukup umum dialami oleh sebagian besar orang. Salah satu jenis sakit kepala, yaitu migrain atau sakit kepala sebelah bisa menimbulkan rasa sakit berdenyut di satu sisi kepala yang terkadang memicu mual dan muntah.

Sakit kepala sebelah bukanlah hal yang menyenangkan, tetapi Anda tidak harus selalu merogoh tas atau kantong untuk mencari obat migrain ataupun jauh-jauh pergi ke apotek untuk membeli obat yang dapat mengatasi migrain Anda!

[[artikel-terkait]]

Ketika sakit kepala sebelah melanda

Mengatasi sakit kepala sebelah tanpa menggunakan obat-obatan adalah hal yang mungkin bisa dilakukan. Jangan cepat-cepat lari ke apotek dan coba beberapa tips mengatasi sakit kepala sebelah dari rumah di bawah ini!

  • Terapi suhu dengan menggunakan kompres

Penggunaan kompresan dingin atau hangat di kepala atau leher berefek dalam mengatasi sakit kepala sebelah. Kompresan dingin membantu untuk meringankan rasa sakit yang dialami.

Sementara kompresan hangat atau kantongan pemanas berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Sebenarnya, Anda tidak perlu repot mencari kompresan hangat ataupun kantongan pemanas, karena mandi air hangat memiliki efek yang serupa.

Namun, bagi orang yang memiliki masalah kulit, peredaran darah, atau diabetes perlu menghindari penggunaan suhu yang terlalu ekstrim.

  • Acupressure

Hampir serupa dengan akupuntur, acupressure juga meliputi menekan bagian tertentu dari tubuh. Hanya saja, acupressure tidak menggunakan jarum dan hanya menekan daerah tubuh tertentu dengan jari.

Penekanan bagian tubuh tertentu tersebut dianggap mampu melemaskan otot dan menghilangkan rasa sakit. Penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa acupressure pada bagian titik PC6 mampu mengatasi mual karena sakit kepala sebelah.

Titik PC6

Titik PC6 merupakan titik yang terletak tiga jari di atas bagian bawah pergelangan tangan pada lengan bagian dalam. Penelitian lain di tahun 2014 mendapati bahwa acupressure mampu mengatasi sakit kepala.

Salah satu titik yang dianggap mampu mengatasi sakit kepala sebelah adalah titik LI-4 yang terdapat pada daerah antara bagian bawah jempol kiri dan jari telunjuk. Anda dapat menekan titik tersebut dengan tekanan yang tidak terlalu keras selama lima menit.

  • Kafein

Bagi para pecinta kopi, kandungan kafein dalam kopi mampu mengatasi sakit kepala sebelah yang ringan. Tidak suka kopi? Jangan khawatir, Anda bisa mengonsumsi minuman lain yang mengandung kafein.

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein karena konsumsi kafein yang berlebih bisa menimbulkan sakit kepala lainnya.

  • Minum air

Dehidrasi atau kurang minum air mampu memicu sakit kepala sebelah, karenanya meminum air sepanjang air bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi.

  • Makanan yang kaya vitamin B kompleks

Makanan yang mengandung vitamin B kompleks membantu mengurangi kemunculan sakit kepala sebelah dengan cara mengatur zat-zat kimia di otak.

Beberapa makanan yang tinggi vitamin B kompleks adalah yogurt, kerang, telur, daging sapi, susu, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, salmon, organ dalam, daging ayam, biji bunga matahari, dan daging babi.

  • Jahe

Jahe yang telah lama dipercaya menangkal masuk angin di Indonesia merupakan salah satu alternatif alami untuk mengatasi migrain. Hal ini didapati dalam hasil penelitian di tahun 2014 yang menemukan bahwa jahe bisa menangani sakit kepala sebelah.

Salah satu cara menggunakan jahe untuk mengobati sakit kepala sebelah adalah dengan teh jahe. Anda dapat mencincang atau memotong seutas jahe sebelum dimasukkan ke dalam empat cangkir air mendidih.

Diamkan jahe selama 5-10 menit sebelum dikonsumsi. Bila rasa jahe terlalu kuat, Anda bisa menambahkan madu, gula, ataupun jus lemon.

Penyebab sakit kepala sebelah

Meskipun sudah mengetahui cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, Anda tentunya ingin mengetahui apa penyebab dari sakit kepala sebelah yang dialami, beberapa hal dapat menjadi pemicu dari sakit kepala sebelah atau migrain yang diatasi, seperti:

  • Konsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti alkohol, dan sebagainya
  • Obat-obatan tertentu, seperti obat tidur, dan sebagainya
  • Kurang tidur atau kelelahan
  • Tekanan darah rendah
  • Merasakan emosi tertentu, rasa cemas, syok, dan sebagainya
  • Faktor lingkungan, seperti bau yang tajam, asap rokok, cahaya yang terlalu terang, dan sebagainya
  • Perubahan hormon karena menstruasi

Konsultasikan ke dokter

Bila sakit kepala sebelah yang dirasakan mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak kunjung sembuh meskipun Anda sudah mencoba tips di atas dan menggunakan obat-obatan di apotek, maka segeralah berkunjung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b-foods
Diakses pada 19 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/ginger-for-headache
Diakses pada 01 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/symptoms-
causes/syc-20360201
Diakses pada 19 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/in-
depth/migraines/art-20047242
Diakses pada 19 Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322814.php
Diakses pada 19 Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/148373.php
Diakses pada 09 Agustus 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23657930
Diakses pada 19 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23415783
Diakses pada 19 Juni 2019

SpringerLink.https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs10072-012-1069-y
Diakses pada 19 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed