Tips Mengatasi Rambut Lepek Agar Penampilan Rambut Maksimal

Rambut lepek dapat mengganggu penampilan Anda
Ilustrasi seorang wanita dengan rambut lepek

Rambut lepek bisa mengganggu penampilan dan membuatnya menjadi kurang menarik. Namun Anda tidak perlu panik, karena masih ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut lepek.

Penyebab rambut lepek

Rambut lepek biasanya terjadi karena jumlah minyak berlebih pada kulit kepala sehingga rambut terlihat kurang bervolume, tipis, dan berminyak.

Kulit kepala pada dasarnya memiliki minyak alami yang disebut dengan sebum. Minyak alami di kulit kepala ini diproduksi oleh kelenjar sebasea dan berfungsi untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Akan tetapi, kelenjar sebasea seperti pisau bermata dua. Di satu sisi, kelenjar ini memiliki andil dalam menjaga kesehatan kulit kepala. Namun di sisi lainnya, jika kulit kepala tidak dirawat dengan baik, kelenjar sebasea bisa menghasilkan minyak berlebih sehingga menyebabkan rambut lepek.

Tips mengatasi rambut lepek

Untuk mengatasi masalah rambut lepek ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Hindari penggunaan conditioner

Conditioner memang bisa membantu Anda mengatasi rambut kusut. Meski begitu, pemilik rambut lepek tidak disarankan untuk menggunakan produk ini. Alasannya adalah penggunaan conditioner bisa memperburuk kondisi rambut Anda.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan produk pelembut yang mengandung silikon, seperti cyclomethicone atau dimethicone. Kedua kandungan ini akan melapisi batang rambut Anda dengan lapisan tipis yang dapat membuat rambut lebih bervolume dan tidak terlihat berminyak.

2. Jangan keramas terlalu sering atau jarang

Keramas terlalu sering sama buruknya dengan jarang keramas. Pasalnya saat Anda jarang mencuci rambut, bakteri pada kulit kepala dapat menyumbat folikel.

Sedangkan jika Anda keramas terlalu sering, kulit kepala akan merespons dengan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Itulah mengapa sering keramas sama buruknya dengan jarang membersihkannya. Sebagai solusinya, Anda bisa keramas setidaknya setiap dua hingga tiga hari sekali.

3. Jangan mencuci rambut dengan air hangat

Mandi dengan air hangat mungkin bisa menjadi cara untuk relaksasi, tapi mencuci rambut dengan air hangat justru bisa memicu rambut lepek.

Agar rambut tetap sehat dan terhindar dari lepek, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air dengan suhu suam-suam kuku dan diakhiri dengan air dingin atau sejuk. Mencuci rambut dengan air dingin atau sejuk dapat membantu kutikula kembali menutup.

4. Jangan menyisir terlalu sering

Pada dasarnya, menyisir rambut bagus untuk kesehatan rambut Anda. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak menyisirnya secara berlebihan karena justru bisa menstimulasi produksi minyak berlebih. Jadi pastikan Anda menyisirnya dalam frekuensi yang wajar.

5. Mengeriting rambut Anda

Selain menghindari penggunaan conditioner, rambut lepek juga bisa diatasi dengan mengeritingnya. Cobalah menggunakan alat pengeriting rambut berukuran agak besar untuk menciptakan rambut yang mengembang.

6. Blow-dry

Ketika rambut Anda setengah kering, cobalah untuk membaginya menjadi lima atau enam bagian, lalu keringkan satu per satu menggunakan alat pengering. Selalu mulai dengan bagian depan dan poni.

Kemudian, blow rambut Anda pada bagian tengah ke arah atas. Cara ini akan memberikan kesan rambut bervolume. Setelah itu, akhiri sesi blow-dry Anda dengan sekali lagi menggunakan alat pengering bersuhu dingin pada akar rambut Anda untuk membuatnya mengembang tahan lama.

7. Ganti gaya rambut Anda

Mengganti gaya rambut yang lebih bervolume juga bisa membantu Anda untuk mengatasi rambut lepek. Anda bisa coba mengganti potongan rambut menjadi bob atau gaya rambut berlapis. Potongan rambut berlapis dapat menciptakan tampilan rambut yang nampak bervolume.

Rambut adalah mahkota yang perlu Anda jaga kesehatan dan keindahannya. Segera terapkan beberapa tips di atas dan jangan biarkan rambut lepek menurunkan kepercayaan diri Anda.

Webmd
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/hair-problems#3-6
https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-best-kept-hair-secrets
https://www.webmd.com/beauty/features/fine-straight-hair#1
Diakses pada 21 April

Everyday health
https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/steps-to-bigger-hair.aspx
Diakses pada 21 April

Good house keeping
https://www.goodhousekeeping.com/beauty/a39499/greasy-hair-causes/
Diakses pada 21 April

Artikel Terkait