logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mengatasinya dengan Benar

open-summary

Penyebab rambut lepek adalah produksi kelenjar minyak berlebih di kulit kepala. Hal ini dapat dipengaruhi oleh frekuensi keramas, jenis rambut, hingga perubahan hormon. Untuk itu, cara mengatasi rambut lepek bisa dimulai dengan memilih sampo dan keramas dengan benar.


close-summary

5

(6)

22 Apr 2020

| Salis Annisa

Rambut lepek dapat mengganggu penampilan Anda

Rambut yang lepek bisa menurunkan percaya diri Anda

Table of Content

  • Penyebab rambut lepek
  • PANTENE Shampo Anti-Lepek sebagai cara agar rambut tidak lepek
  • Cara mengatasi rambut berminyak dan lepek

Rambut lepek adalah kondisi yang dapat mengganggu penampilan dan membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Namun Anda tidak perlu panik, karena ada berbagai cara mengatasi rambut lepek dan berminyak yang bisa dilakukan. 

Advertisement

Penyebab rambut lepek

Rambut lepek biasanya terjadi karena jumlah minyak berlebih pada kulit kepala sehingga rambut terlihat kurang bervolume, tipis, dan berminyak.

Kulit kepala pada dasarnya memiliki minyak alami yang disebut dengan sebum. Minyak alami di kulit kepala ini diproduksi oleh kelenjar sebasea atau kelenjar minyak yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Akan tetapi, kelenjar minyak terkadang bekerja terlalu aktif sehingga memproduksi minyak berlebih yang menyebabkan rambut berminyak dan lepek. 

Produksi minyak berlebih di kulit kepala ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti: 

1. Terlalu sering keramas

terlalu sering keramas bisa menjadi penyebab rambut lepek
Bahan dalam sampo dapat merangsang minyak lebih banyak

Keramas adalah salah satu cara merawat rambut agar tetap sehat. Sayangnya, terlalu sering mencuci rambut ternyata bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala. Akibatnya, rambut lepek dapat terjadi.

Saat keramas, bahan yang terdapat dalam sampo akan merangsang kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum. 

Jadi, bila keramas terlalu sering, kulit kepala akan terus menghasilkan minyak sehingga membuat rambut lepek. 

2. Jenis rambut

Jenis rambut ternyata dapat memengaruhi produksi minyak di kulit kepala. Orang yang memiliki jenis rambut lurus lebih biasanya lebih berisiko mengalami rambut berminyak. 

Sebab, minyak akan lebih mudah menempel pada rambut yang lurus dibandingkan rambut bertekstur, seperti bergelombang. 

Selain itu, kilau minyak juga akan lebih terlihat pada orang yang memiliki rambut lurus.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormon dapat menyebabkan kelenjar sebasea memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi inilah yang kerap menjadi penyebab rambut lepek terjadi.

Salah satu hormon yang dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit dan rambut adalah hormon androgen. 

Adanya perubahan hormon umum terjadi pada masa pubertas, perempuan yang sedang menstruasi, dan ibu hamil. 

4. Penggunaan produk perawatan rambut

Penggunaan produk perawatan rambut ternyata juga menjadi penyebab rambut lepek. Pasalnya, minyak yang ada di kulit kepala tidak bisa dihilangkan begitu saja dengan air. 

Itu sebabnya, mencuci rambut dengan air tanpa menggunakan sampo atau melewati pemakaian kondisioner justru membuat penumpukan minyak di kulit kepala terjadi. 

Walaupun tidak mudah terlihat secara kasat mata, minyak dapat menjadi penyebab rambut lepek beberapa jam kemudian.

Produk perawatan rambut bisa jadi penyebab rambut lepek
Produk perawatan rambut bisa menjadi penyebab rambut lepek

Jadi, selalu pilih produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner, sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki.

Tak hanya itu, cara merawat rambut yang kasar ternyata juga dapat membuat rambut semakin berminyak. Ini termasuk saat Anda menyisir, mengikat, atau membersihkan rambut. 

Hal tersebut dipercaya bisa mengiritasi kulit kepala sehingga kelenjar minyak pada kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak.

5. Kondisi medis

Kondisi medis, seperti dermatitis seboroik, bisa menyebabkan rambut dan kulit kepala rambut berminyak. 

Penderita kondisi ini juga kerap mengalami keluhan rambut berketombe, bercak kemerahan pada kulit, serta kulit mengelupas disertai rasa gatal.

PANTENE Shampo Anti-Lepek sebagai cara agar rambut tidak lepek

PANTENE Shampo Anti-Lepek
Presented by PANTENE

Rambut lepek karena minyak memang dapat mengganggu penampilan, tetapi Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini. PANTENE Shampo Anti-Lepek dapat menjadi cara agar rambut tidak lepek karena minyak.

PANTENE Shampo Anti-Lepek mengandung formula yang ringan dan aman bagi rambut Anda. Sampo ini juga dilengkapi dengan pro-vitamin yang dapat membantu menutrisi dan menjadikan rambut terasa ringan dan halus.

Keramas menggunakan PANTENE Shampo Anti-Lepek dapat membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

Busa yang dihasilkan shampo ini juga melimpah dan dilengkapi dengan micro cleanser yang bermanfaat untuk membersihkan rambut secara lembut dari minyak, kotoran, dan polusi.

Gunakan PANTENE Shampo Anti-Lepek secara teratur untuk menjaga rambut Anda dari dari masalah lepek yang mengganggu.

Selain ampuh mengatasi rambut lepek, Anda juga bisa menikmati beberapa manfaat lainnya dari penggunaan sampo ini, seperti rambut yang lebih bervolume serta rambut kuat dan berkilau.

Cara mengatasi rambut berminyak dan lepek

Selain menggunakan sampo antilepek, Anda juga dapat mengatasi rambut lepek lainnya dengan langkah-langkah di bawah ini. 

1. Keramas yang benar

Anda sudah tahu jika terlalu sering mencuci rambut merupakan penyebab rambut lepek. 

Oleh sebab itu, cara mengatasi rambut berminyak dan lepek adalah dengan menghindari keramas lebih dari 1 kali setiap hari. 

Bagi Anda yang suka terburu-buru dalam membilas rambut saat mandi, kini sebaiknya lakukan secara perlahan. Sebab, sisa-sisa sampo yang tidak terbilas dapat menjadi penyebab rambut lepek.

Cara mengatasi rambut lepek dengan keramas yang benar
Keramas yang benar menggunakan sampo dan air suam-suam kuku

Jadi, cobalah untuk lebih sabar saat membilas rambut. Setidaknya, bersihkan rambut dengan air selama 1-2 menit guna memastikan segala busa dari sampo sudah terbilas bersih.

Agar rambut tetap sehat dan terhindar dari lepek, Anda bisa membilasnya dengan air dengan suam-suam kuku atau air hangat, dan diakhiri dengan air dingin atau sejuk. 

Mencuci rambut dengan air dingin atau sejuk dapat membantu kutikula kembali menutup.

2. Oleskan kondisioner

Jangan lupa menggunakan kondisioner yang dibuat khusus untuk rambut lepek. Langkah ini merupakan cara mengatasi rambut lepek yang tak kalah penting.

Namun, hindari penggunaan kondisioner hingga ke akar rambut karena justru bisa membuat rambut menjadi semakin lepek. Cukup oleskan kondisioner di bagian ujung rambut, lalu bilas dengan air.

3. Hindari produk rambut mengandung silikon

Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut berminyak. Pasalnya, berbagai produk kecantikan rambut, seperti sampo, kondisioner, hingga produk penata rambut lainnya, ada yang mengandung silikon. 

Produk perawatan rambut yang mengandung silikon berfungsi untuk membantu melembutkan rambut dan menambah kilaunya. Sayangnya, kandungan ini juga dapat menjadi penyebab rambut lepek. 

Berbagai produk kecantikan, seperti sampo, conditioner, hingga produk penata rambut, mengandung silikon untuk membuat rambut terasa lebih halus, berkilau, dan tampak lebih bervolume.

Silikon pada sejumlah produk perawatan rambut dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Alhasil, rambut bisa terlihat kotor, lepek, dan terasa berat. 

Bahkan, silikon juga mencegah kelembapan yang dibutuhkan untuk meresap ke dalam batang rambut.

Maka dari itu, sebaiknya hindari produk berbahan silikon atau senyawa, seperti dimethicone, cyclomethicone, dan amodimethicone. 

4. Pakai lidah buaya

Oleskan lidah buaya sebagai cara mengatasi rambut lepek
Oleskan lidah buaya langsung dari tanamannya

Tahukah Anda jika manfaat lidah buaya dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut lepek? 

Lidah buaya dapat mengatasi minyak berlebih di kulit kepala dan rambut sekaligus meningkatkan sirkulasi kulit kepala Anda.

Selain itu, khasiat lidah buaya juga ampuh dalam mengangkat sisa-sisa produk kecantikan yang terperangkap di dasar rambut, menenangkan kulit kepala, dan melindungi batang rambut. 

Penggunaannya sebagai masker rambut untuk rambut lepek ini secara rutin diyakini mampu membuat rambut Anda lebih sehat dan terasa lembut.

6. Gunakan teh hijau

Manfaat teh hijau diyakini baik sebagai cara mengatasi rambut lepek. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science, manfaat teh hijau dapat mengurangi produksi sebum dan menutrisi kulit kepala.

Khasiat tersebut mungkin berhubungan dengan kandungan epigallocatechin gallate pada teh hijau.

Anda bisa menggunakan teh hijau pada berbagai produk perawatan rambut, mulai dari sampo hingga masker rambut, atau membilas rambut dengan air seduhan teh hijau.

7. Masker madu

Madu sebagai cara mengatasi rambut lepek secara alami
Masker rambut untuk rambut lepek dari madu

Manfaat madu ternyata berfungsi untuk mengatasi rambut lepek. Sebuah studi yang dimuat dalam Europe PMC menemukan, penggunaan masker yang terbuat dari madu asli sebanyak 90% dan air putih 10% dapat mengurangi gejala dermatitis seboroik, seperti kulit kepala gatal, kemerahan, mengelupas, dan mengalami produksi minyak berlebih. 

Tak hanya itu, masker rambut untuk rambut lepek ini juga dapat menenangkan kulit kepala serta mencegah ketombe berkat kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya.

8. Pertimbangkan dry shampoo

Bagi pencinta produk kecantikan rambut tentu sudah akrab dengan produk dry shampoo

Ya, sampo yang tidak perlu dibilas ini ternyata bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi lepek yang praktis.

Meski tidak dapat membersihkan rambut secara menyeluruh, dry shampoo dapat membantu mengeringkan minyak dan membuat rambut lebih bersih dari kondisi sebelumnya. 

Bahkan, sejumlah produk dry shampoo ada yang memberi kesan rambut lebih segar.

Akan tetapi, dry shampoo bisa menghasilkan sisa atau residu yang membuat rambut tampak berpasir dan terlihat kotor. Terkadang, dry shampoo juga bisa membuat rambut kering. 

Oleh sebab itu, jika Anda menggunakan dry shampoo, segera cuci rambut pada keesokan harinya untuk mencegah iritasi dan kerusakan rambut. 

9. Hindari kebiasaan menyentuh rambut

Kebiasaan menyentuh rambut mungkin kerap Anda lakukan tanpa disadari. Sayangnya, hal ini justru menjadi penyebab rambut lepek. 

Semakin sering Anda menyisir, menggaruk, atau merapikan rambut, semakin banyak minyak alami yang diproduksi secara berlebihan. 

10. Batasi penggunaan alat penata rambut

Anda juga perlu membatasi penggunaan alat penata rambut, seperti catokan atau hair dryer. Sebab, suhu panas dari alat tersebut dapat memicu produksi minyak pada rambut. 

Jika ingin menggunakan blow dry, lakukan saat rambut Anda mulai setengah kering. Kemudian, bagi rambut menjadi 5-6 bagian dan keringkan secara perlahan menggunakan alat pengering rambut. Selalu mulai dengan bagian depan dan poni.

Blow rambut Anda mulai dari bagian tengah ke arah atas. Cara ini akan memberikan kesan rambut bervolume. 

Setelah itu, akhiri sesi blow-dry Anda dengan sekali lagi menggunakan alat pengering bersuhu dingin pada akar rambut Anda untuk membuatnya mengembang tahan lama.

11. Ganti gaya rambut 

Mengganti gaya rambut yang lebih bervolume juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi rambut lepek. 

Anda bisa coba mengganti potongan rambut menjadi gaya bob atau segi. Potongan rambut segi dapat menciptakan tampilan rambut yang tampak bervolume.

Baca Juga

  • Berbagai Cara agar Kulit Awet Muda yang Sederhana dan Murah Dilakukan
  • Obat Penumbuh Jambang Alami dan di Apotek, Ampuhkah?
  • Coba 7 Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Cepat Ini

Rambut adalah mahkota yang perlu Anda jaga kesehatan dan keindahannya. Segera terapkan beberapa tips di atas dan jangan biarkan rambut lepek menurunkan kepercayaan diri Anda.

Jika cara mengatasi rambut lepek di atas tak kunjung membuahkan hasil, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Anda juga bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!

Advertisement

kesehatan rambutkesehatan kulit kepalakulit dan kecantikanpertumbuhan rambut kepala

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved