Langkah Berbeda Pertolongan Pertama Memar di Kulit, Mata, Kepala, dan Pergelangan Kaki

(0)
09 May 2019|Aby Rachman
Kompres dingin di atas kulit yang memarPertolongan pertama pada luka memar adalah mengompresnya dengan air dingin atau es
Saat Anda melakukan aktivitas fisik, baik itu ringan ataupun berat, akan ada kemungkinan untuk terjadi sebuah kecelakaan atau insiden yang menyebabkan cedera. Cedera yang terjadi pun cukup beragam, mulai dari ringan hingga cukup serius. Dalam hal ini, Anda perlu untuk lebih waspada dan mengenali tanda serta gejala yang timbul saat mengalami sebuah kecelakaan. Bisa jadi cedera yang Anda alami termasuk memar, keseleo, atau benjol.

Cara Mengobati Memar, Keseleo, dan Benjol

Tidak jarang, seseorang yang mengalami cedera juga akan membutuhkan tindakan lebih lanjut atau perawatan lain, tergantung pada kondisi dan tingkat cedera yang dialami. Seperti misalnya penggunaan splint atau alat bantu untuk menjaga area cedera dapat sembuh dengan benar. Yang pasti, Anda perlu untuk melakukan konsultasi dengan pada dokter agar mendapatkan arahan untuk perawatan dan tindakan yang tepat terhadap cedera yang dialami. Berikut adalah beberapa cara mengobati kondisi cedera seperti memar, keseleo, dan benjol:

1. Cara menghilangkan memar

Memar adalah bercak yang muncul di kulit saat pembuluh darah kapiler pecah atau terbuka di bawah kulit. Jika Anda mengalami kecelakaan seperti terjatuh, menabrak sesuatu, atau terkena benturan keras, Anda mungkin akan mendapatkan memar pada bagian tubuh tersebut.Pada kulit gelap, bercak ini mungkin akan berwarna ungu gelap, coklat atau hitam. Warna ini muncul karena darah dari kapiler pembuluh darah masuk ke jaringan halus di bawah kulit dan menyebabkan perubahan warna. Pada awalnya, memar akan terasa lembut atau bengkak.Untuk mengatasi memar, Anda perlu menghambat perdarahan yang terjadi. Ambillah kompres dingin (kain yang direndam dalam air dingin) atau es yang dibalut handuk.Untuk mempersiapkan kompres, Anda bisa meletakkan beberapa es batu atau sayuran beku ke dalam tas plastik kemudian balut dalam handuk. Tahan di daerah yang terbentur selama setidaknya 10 menit. Jangan letakkan es langsung di atas kulit karena bisa jadi terlalu dingin dan menyakiti Anda.Obat penghilang nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat juga digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat memar.

2. Cara menghilangkan mata lebam

Mata lebam merupakan kondisi yang disebabkan perdarahan di bawah kulit sekitar mata. Meskipun kebanyakan mata lebam disebabkan cedera yang tidak sserius, namun bisa menjadi indikator cedera serius seperti cedera bagian dalam mata, patah tulang di sekitar mata.Untuk mengatasi dan menghilangkan mata lebam, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut:
  • Gunakan kompres dingin segera setelah cedera terjadi. Lakukan dengan halus dan perlahan – kompres dengan kain dingin berisi es di sekitar mata. Jangan tekan di atas mata itu sendiri. Segera lakukan ini setelah cedera terjadi untuk menghindari pembengkakan. Ulangi beberapa kali sehari selama satu atau dua hari.
  • Cari asal darah. Jika Anda melihat ada darah di bagian bola mata, segera cari pertolongan darurat oleh dokter spesialis mata (opthalmologist).
  • Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami gangguan penglihatan (double vision, penglihatan berbayang, atau pandangan kabur), sakit tak tertahankan, memar di kedua mata, perdarahan di satu mata atau dari hidung.
  • Kompres dengan kain hangat. Intervensi ini mungkin akan berguna setelah beberapa hari pembengkakan terjadi. Lakukan beberapa kali dalam sehari atau dua hari.

3. Cara menghilangkan benjol di kepala

Terkena benturan di kepala kerap menyebabkan munculnya benjol pada kepala. Untuk mencegah pembengkakan dan rasa sakit yang semakin parah, Anda dapat menggunakan kompres es. Namun, meskipun benjol merupakan hal yang biasa terjadi, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan jika benturan atau cedera kepala diikuti dengan adanya perdarahan dari kepala atau wajah, sakit kepala parah atau muntah, tidak sadar, bicara cadel, masalah penglihatan atau pupil dengan ukuran yang tidak rata, masalah pernapasan, linglung, dan kejang.

4. Cara mengobati keseleo atau terkilir

Keseleo adalah sebuah cedera pada pita yang menghubungkan dua atau lebih tulang ke sendi. Pita ini disebut juga ligamen. Keseleo biasanya disebabkan oleh sendi yang dipaksa untuk segera bergerak melebihi gerakan yang biasa dilakukan.Pada umumnya, Anda dapat sembuh dengan sendirinya jika mengalami keseleo atau terkilir, khususnya jika Anda mendapatkan perawatan lebih awal dan yang benar setelah cedera. Pada kebanyakan kasus, ini berarti Anda melakukan terapi RICE (Rest, Ice, Compression, dan Elevation):
  • Rest: Istirahatkan pergelangan kaki hingga rasa sakit hilang
    Tubuh Anda membutuhkan istirahat agar dapat sembuh. Olahraga berintensitas tinggi sebelum keseleo sembuh sepenuhnya bisa jadi menyebabkan keseleo semakin parah dan meningkatkan kemungkinan Anda akan mengalami cedera kembali.
  • Ice: Berikan kompres dingin sesegera mungkin
    Kompres pergelangan kaki Anda dengan handuk basah dan letakkan plastik penuh dengan es atau sepaket jagung atau kacang beku di atasnya. Kompres selama 10-20 menit, kemudian angkat kompres selama 40 menit. Ulangi sesering mungkin selama 48-72 jam pertama setelah cedera.
  • Compress: Tekan dengan perban elastis
    Perban akan membantu mengontrol pembengkakan
  • Elevate: Angkat pergelangan kaki
    Duduklah di atas kasur, sofa, atau kursi, dan gunakan bantal untuk menaikkan kaki yang cedera – sedikit di atas panggul.
Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati cedera berupa memar, keseleo, ataupun benjol. Meskipun terkesan biasa terjadi, tetaplah waspada dan cermati bagian tubuh yang mengalami cedera untuk menghindari kemungkinan adanya komplikasi dan masalah yang lebih serius.
memarkeseleobenjolcedera
WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/sprains-strains-17/slideshow-care-guideHealthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-bruisesNHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/accidents-first-aid-and-treatments/what-are-bruises/
Diakses pada 9 Maret 2020
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-black-eye/basics/art-20056675
Diakses pada 9 Maret 2020
Patient. https://patient.info/bones-joints-muscles/sports-injuries/ankle-injury-sprained-ankle
Diakses pada 9 Maret 2020
UI Hospitals and Clinics. https://uihc.org/health-topics/ankle-sprains
Diakses pada 9 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait