Tips Mengatasi Memar, Keseleo, dan Benjol Akibat Kecelakaan

Mengobati memar dengan mengompres area yang terdampak dengan air dingin atau es
Salah satu pertolongan pertama pada luka memar adalah dengan mengompresnya

Saat Anda melakukan aktivitas fisik, baik itu ringan ataupun berat, akan ada kemungkinan untuk terjadi sebuah kecelakaan atau insiden yang menyebabkan cedera.

Cedera yang terjadi pun cukup beragam, mulai dari ringan hingga cukup serius. Dalam hal ini, Anda perlu untuk lebih waspada dan mengenali tanda serta gejala yang timbul saat mengalami sebuah kecelakaan. Bisa jadi cedera yang Anda alami termasuk memar, keseleo, atau benjol.

Cara Mengobati Memar, Keseleo, dan Benjol

Tidak jarang, seseorang yang mengalami cedera juga akan membutuhkan tindakan lebih lanjut atau perawatan lain, tergantung pada kondisi dan tingkat cedera yang dialami.

Seperti misalnya penggunaan splint atau alat bantu untuk menjaga area cedera dapat sembuh dengan benar. Yang pasti, Anda perlu untuk melakukan konsultasi dengan pada dokter agar mendapatkan arahan untuk perawatan dan tindakan yang tepat terhadap cedera yang dialami.

Berikut adalah beberapa cara mengobati kondisi cedera seperti memar, keseleo, dan benjol:

1. Mengobati Memar

Jika Anda mengalami kecelakaan seperti terjatuh, menabrak sesuatu, atau terkena benturan keras, Anda mungkin akan mendapatkan memar pada bagian tubuh tersebut. Memar ini terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit.

Untuk membantu mengobati memar, gunakanlah kompres air es atau air dingin sesaat setelah cedera terjadi, kemudian angkat area luka pada posisi yang tinggi. Memar biasanya berlangsung setidaknya sekitar 2 minggu.

Saat dalam tahap penyembuhan, memar berubah warna dari merah/keunguan menjadi kekuning-kuningan. Namun, jika memar yang Anda alami menjadi semakin parah atau membengkak dan menyakitkan, segera kunjungi dokter.

2. Mengobati Mata Lebam

Saat seseorang terlibat dalam perkelahian, tidak jarang ia akan mengalami bengkak dan lebam pada mata. Untuk mengatasinya, kompreslah bagian mata dengan menggunakan es yang dibungkus handuk selama 20 menit setiap 2 jam sekali.

Jangan lupa untuk segera melakukan pemeriksaan dokter untuk mengetahui apakah ada cedera yang serius.

3. Mengobati Benjol di Kepala

Terkena benturan di kepala kerap menyebabkan munculnya benjol pada kepala. Untuk mencegah pembengkakan dan rasa sakit yang semakin parah, Anda dapat menggunakan kompres es.

Namun, meskipun benjol merupakan hal yang biasa terjadi, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan jika benturan atau cedera kepala diikuti dengan adanya perdarahan dari kepala atau wajah, sakit kepala parah atau muntah, tidak sadar, bicara cadel, masalah penglihatan atau pupil dengan ukuran yang tidak rata, masalah pernapasan, linglung, dan kejang.

4. Mengobati Keseleo atau Terkilir

Untuk mengobati keseleo atau terkilir, Anda juga dapat melakukan perawatan rumah berupa kompres air dingin dan perban pada area yang terkena cedera, kemudian diiringi dengan istirahat dan asupan obat antinyeri untuk mengurangi rasa sakit. 

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati cedera berupa memar, keseleo, ataupun benjol.

Meskipun terkesan biasa terjadi, tetaplah waspada dan cermati bagian tubuh yang mengalami cedera untuk menghindari kemungkinan adanya komplikasi dan masalah yang lebih serius.

WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/sprains-strains-17/slideshow-care-guide

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-bruises

 

Artikel Terkait

Banner Telemed