Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Mudah dan Tepat


Cara mencerahkan wajah kusam harus sesuai dengan penyebabnya. Anda bisa melakukan perawatan sehari-hari yang mudah dilakukan hingga bahan alami untuk mengatasi kulit kusam.

(0)
Cara mencerahkan wajah kusam secara alami bisa dilakukan dengan mudahPaparan sinar matahari berlebihan jadi salah satu penyebab wajah kusam dan gelap
Wajah kusam tentu dapat mengganggu penampilan. Akibatnya, kulit Anda jadi tampak lelah, tidak bercahaya, dan terlihat lebih tua. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai cara mencerahkan wajah kusam yang dapat dilakukan untuk membuat warna kulit menjadi tampak segar dan bercahaya kembali.

Apa penyebab wajah kusam dan gelap?

Kulit kusam adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kurang bercahaya sehingga tampak lelah dan tidak bersemangat. Beberapa tanda muka kusam lainnya adalah kulit terasa kering dan warna kulit tidak cerah atau tampak gelap dari biasanya. Penyebab wajah kusam bisa karena berbagai hal. Adapun beberapa penyebab wajah kusam, di antaranya:

1. Pertambahan usia

Wajah kusam bisa disebabkan oleh penuaan
Penuaan bisa membuat keriput dan garis halus muncul
Salah satu penyebab wajah kusam adalah pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah semakin melambat proses regenerasinya sehingga kehilangan elastisitasnya. Tak hanya itu, penuaan membuat kulit wajah mulai memproduksi minyak alami lebih sedikit. Kondisi ini yang membuat kulit tampak kering, muncul keriput dan garis halus, serta tidak bercahaya. 

2. Penumpukan sel kulit mati

Penyebab wajah kusam berikutnya adalah penumpukan sel kulit mati. Pada dasarnya, sel-sel kulit mati mengelupas secara alami untuk meregenerasi sel-sel baru setiap 28 hari atau lebih. Akan tetapi, terkadang, sel-sel kulit mati tidak dapat mengelupas sepenuhnya. Akibatnya, kulit menjadi terasa kering, bersisik, menyumbat pori-pori, dan tampak kusam.Selain itu, kondisi kulit kering, seperti eksim dan psoriasis, juga berkontribusi terhadap penumpukan sel kulit mati sehingga muka kusam dapat terjadi.

3. Kurang asupan air 

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh juga menjadi penyebab wajah kusam dapat terjadi. Akibatnya, kulit jadi terasa kering dan tampak tidak bercahaya. Tak ayal, jika saat muka kusam, mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata juga tampak menonjol. 

4. Paparan sinar matahari

Wajah kusam juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari
Sering terpapar sinar matahari jadi penyebab kulit kusam
Penyebab wajah kusam lainnya adalah paparan sinar matahari secara berlebihan. Beraktivitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal tersebut yang mengakibatkan timbulnya masalah kulit, seperti kulit kasar, noda hitam, dan kulit kusam.Terlebih, jika Anda tidak mengoleskan sunscreen atau tabir surya, kulit kusam dan tampak lelah bisa semakin parah. Pasalnya, sinar ultraviolet (UV) dapat berisiko memecah protein penting dalam kulit sekaligus merusak lapisan kulit. 

5. Penggunaan produk perawatan kulit yang salah

Salah dalam menggunakan produk perawatan kulit dapat menjadi penyebab wajah kusam yang Anda alami. Produk perawatan kulit yang dimaksud, termasuk sabun pembersih, toner wajah, serum wajah, hingga pelembap wajah.

6. Tidak mengoleskan pelembap wajah

Penggunaan pelembap wajah yang tidak dioleskan secara rutin bisa menjadi penyebab wajah kusam. Sebab, kulit kehilangan kelembapannya serta tampak kusam dan tidak bercahaya. 

7. Kurang tidur

Kurang tidur juga menjadi penyebab wajah kusam tidak dapat terhindarkan. Akibatnya, lingkaran hitam di bawah mata pun turut muncul. Padahal, kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup, sama halnya seperti tubuh Anda. 

8. Kebiasaan tidak menghapus make up

Kebiasaan tidak menghapus make up setelah beraktivitas dan dibawa saat tidur di malam hari menjadi penyebab wajah kusam timbul. Sebab, kebiasaan ini bisa menyebabkan penumpukan kotoran dan make up di permukaan kulit, menyumbat pori-pori serta membuat kulit kusam. 

9. Kebiasaan merokok

Kebiasan merokok juga dapat menjadi penyebab wajah kusam. Hal ini karena kandungan zat di dalam rokok yang dapat merusak struktur kulit. Asap rokok dapat merusak kolagen, membuat kulit tampak pucat, muncul kerutan dan garis halus, serta muka kusam.

10. Faktor stres

Penyebab wajah kusam lainnya adalah stres. Ya, aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan mungkin kerap membuat muka kusam terjadi. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengelola stres yang dialami agar tidak mengganggu kesehatan kulit dan memengaruhi tampilan wajah.

Bagaimana cara mengatasi wajah kusam agar tampak lebih cerah?

Cara mengatasi wajah kusam agar tampak lebih cerah sebenarnya dapat dimulai dari langkah perawatan sehari-hari yang sederhana. Berikut beberapa cara mengatasi wajah kusam yang bisa Anda lakukan agar wajah tampak lebih cerah.

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

wajah kusam bisa diatasi dengan cuci muka
Cuci muka dua kali sehari untuk mengatasi wajah kusam
Salah satu cara mengatasi kulit kusam adalah dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Sebaiknya, jangan mencuci muka lebih dari dua kali sehari karena justru dapat membuat kulit wajah kering.Anda bisa mencuci muka maksimal 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Jika Anda menggunakan make up sebelumnya, bersihkan menggunakan produk make up removerKemudian, cuci muka dengan cara membilas wajah dengan air hangat. Gunakan sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan di kulit seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

2. Menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner wajah, Anda perlu melembapkan wajah menggunakan pelembap atau moisturizer sebagai cara mengatasi wajah kusam. Gunakan moisturizer sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Penting pula untuk memilih pelembap wajah yang memiliki kandungan SPF dan berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.

3. Mengoleskan sunscreen atau tabir surya

mengoleskan sunscreen wajib sebagai cara atasi wajah kusam
Gunakan sunscreen yang mengandung SPF sebelum beraktivitas
Cara mengatasi wajah kusam berikutnya adalah rutin mengoleskan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15. Sunscreen tidak hanya dioleskan sekali saja. Tergantung aktivitas Anda apakah lebih banyak di luar atau di dalam ruangan, oleskan kembali setiap beberapa jam agar mendapatkan manfaat yang optimal.

4. Melakukan eksfoliasi kulit

Cara mengatasi wajah kusam berikutnya adalah melakukan eksfoliasi wajah atau pengelupasan kulit secara rutin.Eksfoliasi wajah secara rutin dapat mencerahkan tampilan kulit wajah Anda, termasuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan dan garis halus, serta mencegah pori-pori tersumbat. Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah secara rutin setiap 2-3 kali dalam seminggu. 

5. Menggunakan masker wajah 

Cara mengatasi wajah kusam bisa dengan penggunaan masker
Anda bisa menggunakan masker wajah alami dari yogurt
Anda juga dapat menggunakan masker wajah secara rutin sebagai cara mengatasi wajah kusam. Anda bisa menggunakan masker wajah alami untuk kulit kusam instan yang banyak ditemukan di pasaran.Umumnya, masker wajah di pasaran mengandung pelembap dan serum yang dapat mengatasi masalah kulit yang spesifik, seperti membuat wajah cerah dan tampak awet muda.  Pastikan Anda memilih masker wajah sesuai dengan tipe kulit wajah. 

6. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi wajah kusam perlu dimaksimalkan dengan memenuhi asupan cairan tubuh dengan benar. Ya, minum air putih yang cukup membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik sehingga terasa lebih lembap. Alangkah baiknya, Anda dapat minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

7. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sebagai cara mengatasi wajah kusam
Tidur yang cukup bisa mencegah kulit kusam dan menua
Kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup, sama halnya seperti tubuh Anda. Maka, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dengan tidak sering begadang sehingga penyebab kulit kusam dan tanda-tanda penuaan bisa dihindari. 

8. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat, baik untuk kesehatan kulit, termasuk kesehatan tubuh secara keseluruhan..Mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tampak sehat bercahaya.

9. Jauhi asap rokok

Kulit terpapar asap rokok terus menerus bisa meningkatkan kondisi stres oksidatif pada sel-sel kulit. Stres oksidatif bisa memicu munculnya tanda penuaan dini sehingga kulit tampak kusam. Bagi Anda yang saat ini masih merokok, alasan ini bisa jadi faktor pendorong untuk segera berhenti sehingga cara mengatasi wajah kusam bisa dilakukan semakin maksimal.

Adakah cara mencerahkan wajah kusam dengan masker wajah alami?

Masker wajah alami untuk kulit kusam dapat diandalkan sebagai perawatan sehari-hari. Ya, selain menggunakan masker wajah di pasaran, Anda juga bisa menggunakan masker wajah alami untuk kulit kusam dari bahan-bahan yang ada di rumah. Beberapa rekomendasi bahan dan cara membuat masker wajah alami untuk kulit kusam, yakni:

1. Lemon

air lemon bisa digunakan sebagai cara mencerahkan wajah kusam
Oleskan air lemon pada permukaan wajah Anda 
Salah satu cara mencerahkan wajah kusam secara alami adalah dengan lemon. Kandungan asam yang terdapat dalam buah lemon diketahui dapat mencerahkan kulit secara alamiCara membuat masker wajah alami untuk kulit kusam dari lemon adalah sebagai berikut. Ambil perasan lemon, lalu campurkan dengan beberapa tetesan air dalam perbandingan 1:2.Oleskan pada wajah, diamkan sekitar 10-15 menit, baru kemudian bilas wajah dengan air sampai bersih.Setelah menggunakan masker ini, Anda dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung selama 24 jam. Sebab, kulit Anda mungkin jadi sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari.Sayangnya, selain hasilnya tidak instan, pemilik kulit sensitif dan kulit kering juga tidak dianjurkan untuk mencoba membuat masker wajah alami dengan lemon untuk menghindari adanya iritasi kulit.

2. Kunyit

Kunyit juga bisa menjadi pilihan bahan alami sebagai cara mencerahkan wajah kusam. Kunyit memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan antiradang. Kunyit diketahui mampu membuat kulit terlihat lebih lembap, kenyal, dan cerah. Cara membuat masker wajah alami untuk kulit kusam dari kunyit Anda bisa menerapkan langkahnya sebagai berikut.Campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu, serta 1 sendok makan yogurt.Aduk hingga adonan tercampur rata. Lalu, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih.Setelah melakukan perawatan ini, wajah akan terlihat sedikit menguning, khususnya jika Anda berkulit putih. Tidak perlu khawatir, kondisi tersebut merupakan hal yang normal dan akan menghilang setelah Anda mencuci wajah, atau menggunakan toner wajah.

3. Madu

wajah kusam bisa dicerahkan dengan mengoleskan madu
Oleskan madu pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan
Cara mencerahkan wajah kusam dari bahan alami bisa pula dengan madu. Madu memiliki zat pelembap yang dapat melembutkan kulit dan membuat kulit tampak lebih kenyal. Tak ayal jika madu dapat dijadikan sebagai masker wajah alami untuk kulit kusam. Untuk membuat masker madu, Anda bisa mengoleskan madu pada permukaan wajah menggunakan jari tangan yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air suam-suam kuku atau air hangat. Anda juga dapat menambahkan madu dengan beberapa tetes air lemon untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

4. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang bukan isapan jempol semata. Lidah buaya mampu menghambat tyrosinase, yang menjadi pemicu hiperpigmentasi pada kulit. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya yang didapat dari produk gel aloe vera yang dibeli di pasaran. Akan tetapi, mengoleskan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung disarankan agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Oleskan lidah buaya pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih. 

5. Yogurt

Yogurt juga menjadi cara mencerahkan wajah kusam dari bahan alami yang bisa digunakan. Yogurt bekerja dengan menghambat tyrosinase yang menyebabkan kulit kusam terjadi. Tak hanya itu, yogurt juga mengandung L-cysteine yang efektif mengurangi tampilan noda bekas jerawat dan hiperpigmentasi. Dengan demikian, wajah Anda akan tampak cerah bercahaya.

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam mengatasi muka kusam, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Berkonsultasi sebelum menjadwalkan perawatan kulit di klinik kecantikan dapat membantu dokter dalam menentukan prosedur sesuai dengan masalah kulit kusam yang Anda alami.Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar muka kusam dan penanganannya. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit keringkulit dan kecantikanpencerah kulitmasalah kulit
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/aging-skin/younger-healthier-skin.aspx
Diakses pada 29 November 2019
Parents. https://www.parents.com/parenting/moms/beauty/10-tips-for-glowing-skin/
Diakses pada 29 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/meaning-of-exfoliating#chemical-exfoliation
Diakses pada 29 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/lemon-for-face
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/turmeric-for-skin
Diakses pada 24 September 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/dull-skin-causes-treatments
Diakses pada 30 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait