Tips Mengatasi Kulit Kusam yang Mudah Dilakukan di Rumah

Hindari terpapar matahari dalam waktu yang lama agar kulit tidak kusam
Terpapar matahari membuat kulit kusam

Memiliki kulit wajah yang cantik dan cerah tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Sayang, ada beberapa faktor yang membuat para wanita memiliki masalah pada wajahnya. Salah satunya adalah kulit kusam.

Perawatan mengatasi kulit kusam di klinik kecantikan memang mudah ditemukan. Namun, sebenarnya mengatasi kulit kusam dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Apa penyebab kulit wajah kusam?

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan semakin lambat beregenerasi dan kehilangan elastisitasnya. Hal inilah yang membuat sel-sel kulit mati menumpuk sehingga mengakibatkan tampilan wajah yang kering dan kusam.

Selain faktor internal, ada beberapa faktor eksternal yang membuat kulit wajah kusam, misalnya:

1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit, seperti kulit kasar, noda hitam, dan kusam.

2. Kebiasaan merokok

Kebiasan merokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Hal ini karena kandungan zat di dalam rokok yang dapat merusak struktur kulit dibandingkan orang yang tidak merokok. Asap rokok dapat merusak kolagen, membuat kulit tampak pucat, berkerut, dan kusam.

3. Penggunaan produk perawatan kulit yang salah

Salah dalam menggunakan produk perawatan kulit dapat membuat kulit Anda menjadi kusam. Produk perawatan kulit yang dimaksud, termasuk sabun pembersih, toner wajah, serum wajah, hingga pelembap wajah.

4. Faktor stres

Aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan dapat menjadi salah satu penyebab wajah Anda menjadi kusam. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengelola stres yang dialami agar tidak memengaruhi tampilan wajah.

Cara mengatasi kulit kusam agar tampak lebih cerah

Cara mengatasi kulit kusam agar tampak lebih cerah sebenarnya dapat dimulai dari langkah perawatan sehari-hari yang sederhana. Berikut beberapa perawatan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit kusam agar tampak lebih cerah, di antaranya:

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

Salah satu cara mengatasi kulit kusam adalah dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Jangan lebih dari itu karena justru akan membuat wajah menjadi kering. Anda dapat membersihkan wajah pada pagi dan malam hari.

Gunakan sabun pembersih dengan kandungan yang ringan. Kemudian, lanjutkan dengan penggunaan cairan toner wajah.

2. Menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan cairan toner, Anda perlu melembapkan wajah menggunakan pelembap. Gunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Penting pula untuk memilih pelembap wajah yang memiliki kandungan SPF dan antikomedogenik.

3. Mengoleskan sunscreen (tabir surya)

Langkah berikutnya adalah rutin mengoleskan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15. Sunscreen tidak hanya dioleskan sekali saja. Tergantung kegiatan Anda apakah di luar atau di dalam ruangan, oleskan kembali setiap beberapa jam agar mendapatkan manfaat yang optimal.

4. Melakukan eksfoliasi kulit

Cara mengatasi kulit kusam berikutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin.

Eksfoliasi secara rutin dapat mencerahkan tampilan kulit wajah Anda, termasuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, mencerahkan kulit, menyamarkan garis kerutan, dan mencegah pori-pori tersumbat. 

5. Menggunakan masker wajah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa stres dapat menjadi faktor yang membuat kulit wajah kusam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker wajah secara rutin.

Anda dapat menggunakan masker wajah yang banyak dijual di toko-toko produk kecantikan. Pastikan untuk memilih masker wajah sesuai dengan tipe kulit wajah Anda.

Jika tidak, Anda dapat membuat masker wajah alami sendiri di rumah. Caranya:

  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan ½ gelas oatmeal dan satu sendok makan madu.
  • Tuang air hangat, lalu aduk campuran tersebut secara merata.
  • Oleskan pada permukaan kulit wajah Anda, tetapi hindari area mata.
  • Duduklah dengan santai selama 10 menit sambil menunggu masker wajah mengering.

6. Melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan

Jika perawatan kulit sederhana sudah Anda lakukan dan kurang memberikan efek yang maksimal, tak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Beberapa jenis perawatan kulit di klinik kecantikan yang umum disarankan adalah:

  • Chemical peeling. Perawatan kecantikan ini bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga membantu kulit tampak lebih cerah dan awet muda. Peeling akan dilakukan dengan menggunakan zat kimia tertentu, contohnya asam glikolat, asam trikloroasetat, asam salisilat, atau asam karbolat (fenol).
  • Dermabrasi. Prosedur perawatan yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit wajah. Sebuah alat yang berputar akan digunakan untuk menghilangkan sel kulit di bagian terluar.
  • Laser resurfacing. Perawatan kulit ini bertujuan untuk mengatasi kulit kusam sehingga membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah. Dengan menggunakan laser yang diarahkan pada area tertentu di kulit, prosedur ini akan mengangkat bagian kulit yang tidak diinginkan secara tepat.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum menjadwalkan perawatan kulit di klinik kecantikan. Dengan demikian, prosedur ini akan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Catatan dari SehatQ

Selain melakukan langkah-langkah perawatan mengatasi kulit kusam di atas, penting pula untuk menjalani pola hidup dengan mengonsumsi makanan yang sehat, memperbanyak asupan air putih, rutin berolahraga, dan berhenti merokok.

Dengan menerapkan kebiasan tersebut, masalah kulit kusam dapat diatasi dengan baik dan kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah.

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam mengatasi kulit kusam, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/aging-skin/younger-healthier-skin.aspx
Diakses pada 29 November 2019

Parents. https://www.parents.com/parenting/moms/beauty/10-tips-for-glowing-skin/
Diakses pada 29 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/meaning-of-exfoliating#chemical-exfoliation
Diakses pada 29 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed