Faktor Penyebab Kerutan Wajah dan Cara Menanganinya

Saat ini, tersedia sederetan produk dan perawatan untuk mengatasi kerutan kulit, yang juga banyak dijumpai pada wajah.
Untuk mengatasi kerutan kulit, termasuk di wajah, ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba.

Kerutan merupakan salah satu masalah, ketika Anda memasuki usia senja. Namun, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan keriput datang lebih cepat sebelum waktunya. Misalnya, kulit yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Bagian tubuh yang mengalami keriput biasanya leher, punggung tangan, dan wajah.

Penyebab Umum Kerutan Wajah

Kerutan atau keriput terbagi menjadi dua kategori, yaitu garis permukaan yang halus atau alur yang lebih dalam. Lalu apa yang menyebabkan kerutan terjadi? Biasanya hal-hal berikut menjadi faktor munculnya kerutan.

  • Merokok
  • Jenis kulit (orang-orang dengan warna kulit yang lebih terang dan mata biru biasanya mengalami masalah akibat paparan matahari)
  • Keturunan
  • Paparan sinar matahari

Produk Kecantikan untuk Mengatasi Kerutan Wajah

Ada beberapa produk maupun perawatan yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi kerutan pada kulit, yaitu:

  • Retinoid

    Kandungan ini merupakan salah satu yang terbukti ampuh menghilangkan tanda penuaan berupakerutan. Walaupun pada awal pengobatan, retinoid akan menimbulkan reaksi kemerahan dan kulit mengelupas, tapi hasil yang diinginkan akan terlihat saat pengelupasan kulit selesai.
  • Produk dengan kandungan AHA

    Produk skincare yang Anda gunakan sebaiknya memiliki kandungan Alpha-hydroxy acids (AHA) di dalamnya. AHA merupakan merupakan fruit acid yang aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi kerutan, bahkan menghilangkannya. Ini cukup aman dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Antioksidan

    Anda juga dapat menggunakan produk atau mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta beta-karoten. Dengan menggunakan produk atau mengonsumsi kandungan tersebut, Anda dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari (walaupun tetap harus memakai tabir surya) untuk menghindari munculnya kerutan di wajah.
  • Pelembap

    Dengan menggunakan pelembap, Anda dapat menyamarkan kerutan yang ada di wajah ataupun bagian tubuh lainnya.
  • Glycolic Acid

    Kandungan ini bisa membantu pengelupasan, dan dipercaya dapat membantu menyamarkan tanda penuaan.
  • Pengelupasan Mendalam

    Pengelupasan dengan metode ini menggunakan bahan seperti salicylic acid, yang dapat meresap lebih dalam ke kulit. Dengan menjalani prosedur ini, Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun, tentu saja perawatan ini memiliki efek samping yang dapat membuat perubahan pada warna kulit Anda.
  • Dermabrasi

    Ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kerutan di wajah dan membuat wajah Anda tampak lebih mulus dari sebelumnya. Prosedur ini hanya bisa dilakukan oleh ahli kecantikan. Sebagai efek samping, warna kulit Anda akan mengalami perubahan, serta terdapat bekas luka.
  • Operasi Plastik

    Sebagian orang merasa terbantu dengan menjalani operasi plastik. Konsultasikan dengan dokter kecantikan Anda sebelum memutuskan untuk menjalani operasi plastik.

Meski terdapat banyak pilihan produk kecantikan, Anda harus tetap selektif. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam siaran persnya mengingatkan masyarakat agar teliti dalam memilih produk. Caranya, dengan melakukan pemeriksaan pada kemasan, label, izin edar, serta tanggal kedaluwarsanya. 

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/wrinkles
Diakses pada 30 Januari 2019

Badan Pengawas Obat dan Makanan. https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/409/SIARAN-PERS---Kampanye-Cerdas-Gunakan-Kosmetik-untuk-Generasi-Milenial.html
Diakses pada 15 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed