logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

9 Cara Menabung Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan

open-summary

Cara menabung anak sekolah dapat dilakukan dengan mudah. Cobalah untuk menentukan tujuan dan rencana, sisihkan uang jajan, hindari terlalu sering nongkrong, dan bawa bekal ke sekolah.


close-summary

4.4

(5)

26 Jul 2021

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menabung anak sekolah dapat dilakukan dengan menyisihkan uang jajan

Penting untuk mengajarkan anak untuk menabung sejak dini

Table of Content

  • Cara menabung anak sekolah
  • Pentingnya menabung sejak dini

Bagi para pelajar yang menginginkan sesuatu tetapi belum memiliki cukup uang, cobalah untuk menabung. Cara menabung anak sekolah tidak sulit dilakukan. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan Anda untuk tidak menghambur-hamburkan uang sehingga bisa lebih menahan diri dan bersyukur.

Advertisement

Uang yang ditabung pun nantinya dapat digunakan membeli barang yang diinginkan atau keperluan lainnya. Untuk mulai melakukan cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah, berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

Cara menabung anak sekolah

Cara menabung anak sekolah bisa dilakukan sejak dini. Anda mungkin telah diajarkan oleh orangtua untuk menabung atau melihat mereka menabung di celengan maupun bank.

Supaya lebih mandiri, berikut adalah sejumlah tips menabung untuk pelajar yang dapat dicoba.

1. Menentukan tujuan dan rencana

Apabila Anda mulai tertarik menabung, tentukan tujuan terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin membeli sepeda baru seharga Rp1.000.000, ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya berdasarkan uang yang rutin ditabung. 

Dengan demikian, Anda bisa lebih semangat untuk menabung dan tidak tergoda menggunakan uangnya untuk hal lain.  

Supaya lebih termotivasi, Anda dapat menempelkan gambar barang yang ingin dibeli di samping celengan atau dinding kamar. Dengan menetapkan tujuan dan perencanaan, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah pun bukan hal yang mustahil dilakukan.

2. Gunakan celengan yang menarik

Anda juga bisa membeli celengan menarik sebagai cara menabung yang unik dan bikin semangat. Di samping itu, tak ada salahnya juga untuk membuat celengan sendiri dari kaleng ataupun stoples yang sudah tidak terpakai. 

Celengan transparan bisa memudahkan Anda melihat isi tabungan yang semakin banyak. Alhasil, Anda pun semakin semangat untuk menambah isi celengan tersebut.

3. Sisihkan uang jajan untuk menabung

Ajarkan anak menyisihkan uang jajannya untuk menabung
Anak dapat menyisihkan uang jajan untuk menabung

Cara menabung anak sekolah juga dapat dilakukan dengan menyisihkan uang jajan. Misalnya, jika Anda diberi uang jajan Rp20.000, cobalah untuk menabung sekitar Rp7.000-10.000. Lakukan tips agar bisa menabung setiap hari ini dengan konsisten.

Selain itu, cara mudah menabung bagi pelajar bisa dilakukan dengan menyisihkan separuh uang THR atau angpao yang Anda dapat dari keluarga untuk ditabung.

Walaupun hanya menyisihkan sedikit uang, lama-kelamaan uang yang ditabung secara teratur akan semakin banyak.

4. Tabung uang recehan

Cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah selanjutnya adalah mengumpulkan uang recehan. Anda tidak boleh menyepelekan uang nominal Rp100, Rp500, Rp1.000, Rp2.000, atau lainnya. 

Sebaiknya, masukkan recehan tersebut ke dalam celengan. Tanpa terasa cara menabung anak sekolah ini akan membuat uang yang ditabung semakin bertambah.

5. Hindari terlalu sering nongkrong atau jajan

Pelajar sekolah menengah pertama (SMP) atau ke atas (SMA) biasanya sudah mulai menyukai nongkrong dengan teman-teman. Namun, kegiatan ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering jika Anda ingin melakukan cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah.

Pasalnya, Anda bisa menghabiskan uang jajan lebih banyak di tempat tongkrongan daripada ditabung. Akibatnya, uang yang ingin Anda kumpulkan menjadi lebih lama atau bahkan sulit terkumpul.

6. Membawa bekal makanan

Tips menabung pelajar selanjutnya adalah membawa bekal makanan ke sekolah supaya uang jajan tersisih lebih besar untuk ditabung. Alih-alih pergi ke kantin saat jam istirahat, Anda dapat menikmati menu bekal yang telah disiapkan dari rumah.

Kebiasaan anak menabung ini baik untuk diterapkan. Selain membuat uang jajan tersisa banyak, bekal dari rumah juga lebih terjaga kebersihannya sehingga membantu Anda terhindar dari kuman penyakit.

7. Menabung ke bank

Jika usia Anda sudah cukup besar, tak ada salahnya untuk menabung ke bank agar lebih aman. Cara menabung anak sekolah ini dapat membuat Anda merasa senang karena melakukan kegiatan yang biasanya hanya dilakukan orang dewasa. 

Selain itu, mengambil uang yang ditabung di bank juga tidak semudah mengambil uang di celengan. Jadi, cara ini memungkinkan Anda untuk tidak sembarangan mengambil uang yang ditabung.

8. Ketahui perbedaan kebutuhan dan keinginan

Mengajari anak pebedaan kebutuhan dan keinginan
Ajarkan anak mengenai perbedaan kebutuhan dan keinginan

Terkadang, Anda mungkin merasa tidak tahan ingin menggunakan uang tabungan, misalnya untuk jajan. Padahal uang yang ditabung belum cukup terkumpul untuk mencapai tujuan Anda.

Sebaiknya, ketahui perbedaan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi, sedangkan keinginan adalah hal yang bisa ditunda. 

Hal ini akan membantu Anda belajar menahan diri dari sesuatu yang kurang penting sehingga semangat menabung tetap tinggi.

7. Sesekali meminta orangtua membantu isi tabungan

Orangtua sesekali dapat ikut mengisi celengan anak sebagai hadiah karena ia berprestasi atau rajin menabung. Alih-alih meminta dibelikan mainan atau benda yang tidak terlalu penting, Anda dapat meminta orangtua memberikan sejumlah uang untuk ditabung sebagai hadiah.

Cara menabung untuk pelajar dengan cepat ini perlu dilakukan secara tepat dan disesuaikan dengan usia anak. Jadikan ajang belajar menabung ini sebagai kebiasaan yang menyenangkan.

Baca Juga

  • Kenali Cara Membuat Finger Painting yang Aman untuk Si Kecil
  • 10 Karakter Anak Tunggal dan Tips Mendidiknya
  • Kenali Cara Mengasah Kemampuan Motorik Halus Anak yang Benar

Pentingnya menabung sejak dini

Penting bagi para orangtua mengajarkan cara menabung untuk anak sekolah agar ia bisa menghargai uang dan belajar menahan diri. Terdapat beberapa alasan pentingnya menabung sejak dini, yakni:

  • Mengajarkan anak untuk lebih berusaha dalam mendapatkan apa yang diinginkannya
  • Menjadikan anak lebih disiplin
  • Mengajarkan anak melakukan perencanaan dan menetapkan tujuan
  • Membuat anak lebih mandiri
  • Membantu anak membedakan keinginan dan kebutuhan
  • Mengasah kemampuan delayed gratification anak
  • Mengajarkan anak berhemat dan tidak menghamburkan uang.

Terkadang, orang-orang mempertanyakan cara menabung agar cepat banyak untuk anak sekolah. Namun, yang terpenting adalah rutinitas anak dalam menabung. Walaupun sedikit demi sedikit, tabungan anak pasti bertambah banyak jika ia rutin menabung.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips mendidik anakpekerjaan rumah untuk anakanak sekolahcara mendidik anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved