Penyebab dan Cara Mencegah Timbulnya Flek Hitam di Wajah

Menggunakan tabir surya dapat mencegah munculnya felk hitam di wajah
Paparan sinar ultraviolet bisa memicu flek hitam pada wajah.

Bagi beberapa orang, munculnya flek hitam di wajah dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Meski begitu, pada beberapa kasus, munculnya flek hitam di wajah juga dapat menjadi penanda kondisi penyakit serius seperti kanker.

Penyebab munculnya flek ini dapat beragam. Karena itu, sebelum Anda mengetahui cara yang tepat untuk mencegahnya, kenali dulu beberapa kondisi penyebabnya berikut ini.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Flek hitam muncul sebagai akibat produksi melanin berlebih di kulit. Selain itu, kondisi ini juga dapat muncul karena kerusakan kulit yang terjadi akibat pengaruh radikal bebas. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kondisi di atas, di antaranya:

1. Paparan Sinar Ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet dapat diterima kulit melalui sinar matahari, maupun prosedur kecantikan seperti proses tanning, untuk menggelapkan warna kulit. Paparan sinar ini dapat memicu produksi melanin berlebihan.

Produksi melanin berlebih dapat menyebabkan suatu kondisi yang dinamakan hiperpigmentasi. Kondisi hiperpigmentasi umum terlihat pada individu paruh baya, akibat akumulasi paparan sinar UV.

Munculnya flek hitam biasanya terjadi pada orang paruh baya yang tidak biasa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Karena itu, biasakanlah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, dengan menggunakan tabir surya maupun alat pelindung lainnya.

2. Gangguan di Kulit

Selain paparan sinar UV, flek hitam di wajah juga dapat disebabkan oleh gangguan di kulit seperti:

  • Hiperpigmentasi pascaperadangan:
    Terjadinya perubahan warna kulit akibat kondisi yang menyebabkan peradangan pada kulit seperti jerawat.
  • Melasma:
    Perubahan warna kulit pada ibu hamil
  • Chloasma:
    Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap karena perubahan hormon.
  • Erythromelanosis follicularis:
    Kondisi yang ditandai oleh pigmentasi cokelat kemerahan pada wajah dan leher.

3. Pengaruh Konsumsi Obat

Konsumsi beberapa jenis obat juga dapat memicu timbulnya flek hitam di wajah. Sebab, obat-obat tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jenis obat yang dapat memicu timbulnya kondisi ini di antaranya estrogen, tetrasiklin, amiodarone, feniotin, fenotiazin, dan sulfonamid.

4. Bekas Luka

Flek hitam juga dapat timbul akibat bekas luka dari gigitan serangga, luka bakar, maupun luka akibat teriris sesuatu. Flek yang muncul akibat hal ini dapat menghilang, seiring dengan berjalannya waktu.

5. Penyebab Lainnya

Selain keempat hal di atas, kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.

  • Diabetes:
    Diabetes dapat menyebabkan kulit penderitanya terlihat lebih gelap.
  • Iritasi:
    Penggunaan kosmetik maupun produk perawatan rambut, dapat mengiritasi kulit, sehingga muncul flek hitam

Cara Mencegah Munculnya Flek Hitam di Wajah

Langkah utama untuk mencegah munculnya flek hitam di wajah adalah dengan rutin menggunakan tabir surya, maupun produk lain yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Gunakan produk dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide untuk mendapatkan hasil yang baik.

Anda juga disarankan untuk menggunakan tabir surya yang memiliki sun protecting factor (SPF) 30 setiap hari, meski saat mendung. Segera rawat kondisi gangguan pada kulit seperti jerawat sebelum meradang, dan menyebabkan flek hitam.

Jika memungkinkan, hindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Sebab pada waktu-waktu tersebut, matahari diperkirakan bersinar paling kuat.

Setelah mengetahui penyebab serta cara mencegah munculnya flek hitam di wajah, Anda diharapkan dapat lebih waspada dalam melakukan langkah-langkah perlindungan kulit. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit, untuk mengetahui cara menghilangkan flek yang paling tepat dan efektif, sesuai kondisi Anda.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545
Diakses pada 22 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833.php
Diakses pada 22 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots
Diakses pada 22 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed