9 Tips Mempersiapkan Si Kecil untuk Punya Adik

(0)
14 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Saat kakak sudah punya adik, orangtua harus membantunya dalam menjadi seorang kakak yang peduli.Orangtua harus membantu sang kakak mempersiapkan diri saat ia punya adik.
Kelahiran anak baru dapat membawa banyak perubahan dalam keluarga. Anda dan pasangan akan menghabiskan banyak tenaga dan mencurahkan segala perhatian untuk mempersiapkan kelahirannya. Punya adik baru dapat terasa sulit bagi sang kakak sehingga wajar jika ia merasa cemburu dan diacuhkan.Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan kakak sebelum punya adik supaya ia tetap merasa diperhatikan. Untuk membantu kakak mempersiapkan diri, ada berbagai cara yang bisa Anda coba.

9 tips mempersiapkan kakak untuk punya adik

Saat sang Kakak mengetahui bahwa ia akan punya adik bayi, Anda jangan heran kalau ia menunjukkan perasaan bahagia, marah, atau bahkan tidak merespons sama sekali. Hal ini dianggap normal karena anak seusianya belum mengerti dinamika dalam rumah tangga.Anda juga perlu tahu bahwa fase ini termasuk dalam perkembangan emosionalnya. Oleh karena itu, mari kita simak berbagai cara mempersiapkan kakak untuk punya adik.

1. Beri tahu bahwa ia akan punya adik bayi

Ketimbang menunggu sampai perut Anda membesar, sebaiknya segera beri tahu anak bahwa ia akan segera punya adik ketika Anda positif hamil.Kemungkinan besar sang kakak akan bertanya dari mana datangnya adik. Jika ini kasusnya, Anda tidak perlu menjelaskan secara rinci. Cukup beri tahu bahwa adik sedang berada di dalam perut Anda.Hal ini perlu dilakukan supaya anak Anda bisa tahu bahwa ia akan segera punya adik. Dengan begitu, ia tidak akan kaget.

2. Beri tahu anak bahwa ia juga pernah menjadi bayi

Saat Anda dan pasangan sedang mempersiapkan perlengkapan bayi, beri tahu anak Anda bahwa dulu ia juga pernah menjadi bayi saat baru dilahirkan. Jelaskan kepadanya seberapa bahagia Anda saat ia terlahir ke dunia.Setelah itu, Anda boleh menegaskan kepadanya bahwa kehadiran adik juga akan membawa kebahagiaan serupa. Dengan begitu, diharapkan sang kakak tidak akan merasa cemburu saat ia punya adik.

3. Melibatkan anak dalam persiapan kelahiran adik bayinya

Melibatkan anak dalam persiapan kelahiran adiknya dapat membuatnya merasa sebagai bagian penting dalam keluarga. Cobalah minta sarannya terkait jenis kasur apa yang paling cocok untuk adiknya atau baju-baju yang menurutnya lucu saat dipakai oleh adiknya.Jika perlu, Anda bisa mencoba mempersiapkan beberapa nama untuk anak kedua, kemudian mintalah opini dari sang kakak terkait nama-nama itu.

4. Jangan membuat anak merasa tertekan dengan kehadiran adiknya

Sebagian orangtua mungkin akan meminta anak pertamanya untuk segera bisa mandiri sebelum punya adik baru. Misalnya, Anda memaksa anak untuk sudah bisa buang air kecil dan besar sendiri atau pindah ke kasur orang dewasa.Hal ini malah bisa membuat sang kakak merasa tertekan dan bahkan terlantar. Maka dari itu, jangan pernah memaksa anak untuk mandiri sebelum waktunya, apalagi ketika usianya tidak jauh dari adiknya yang masih berada di dalam perut.

5. Ajari anak untuk membantu mengurus adiknya yang masih bayi

Orangtua harus membantu kakak untuk bersiap diri saat punya adik
Ajarkan kakak untuk mengurus adiknya juga
Sebelum punya adik, Anda boleh mengajari anak untuk membantu mengurus adiknya yang belum lahir. Misalnya, Anda boleh membeli boneka bayi kemudian berikan pada kakak.Setelah itu, ajarkan ia cara mengelus bayi dengan lembut. Jika anak Anda sudah cukup dewasa, ajarkan juga cara menggendong bayi dengan benar.

6. Berkata jujur pada kakak

Supaya anak Anda mampu mempersiapkan dirinya saat punya adik, Anda juga harus berkata jujur kepadanya. Beri tahu bahwa adiknya akan sering menangis dan membutuhkan perhatian dari kedua orangtuanya.Mintalah pengertian si kakak untuk tidak terburu-buru bermain dengan adiknya yang masih bayi. Jelaskan pada mereka bahwa akan ada saatnya ia bisa bermain sepuasnya dengan adiknya.Dengan begitu, diharapkan tidak akan ada kesalahpahaman antara Anda dan anak. Pastikan juga kepada sang Kakak bahwa rasa cinta orangtua kepadanya tidak berubah meski adiknya telah dilahirkan ke dunia.

7. Minta anggota keluarga lain untuk memerhatikan kakak

Saat anak kedua sudah lahir, anggota keluarga yang lain biasanya akan datang ke rumah untuk menengoknya. Mereka akan cenderung untuk memerhatikan si bayi dibandingkan kakaknya yang sudah beranjak besar.Maka dari itu, Anda disarankan untuk meminta anggota keluarga yang lain juga memerhatikan sang Kakak. Hal ini akan membuat ia merasa diperhatikan sehingga rasa cemburu tak akan muncul.

8. Jangan lupakan kakak saat sedang menyusui bayi

Jangan terkejut jika si kakak akan bersikap manja dan selalu ingin dekat ibunya saat adiknya sedang disusui. Biarkan ia bersandar di paha Anda sambil menceritakan cerita atau mengelus rambutnya. Peluklah ia dengan lembut agar ia juga merasa disayangi seperti adiknya yang baru lahir.

9. Menghabiskan waktu bersama si Kakak

Memberikan perhatian lebih kepada anak Anda yang baru lahir bukanlah hal yang dilarang. Namun, jangan sampai Anda melupakan kakaknya. Sebab, setiap anak perlu diperhatikan.Kalau bisa, habiskan waktu bersama si kakak di sela-sela waktu istirahat Anda atau pasangan Memang perlu diakui bahwa hal ini cukup menantang, apalagi jika Anda merasa lelah setelah mengurus bayi. Namun, usahakan untuk selalu menunjukkan rasa perhatian Anda pada si kakak.

Catatan dari SehatQ

Berbagai tips di atas dapat membantu anak Anda mempersiapkan diri sebelum ia punya adik nantinya. Ingat, jangan sampai kehadiran anak kedua membuat Anda melupakan keberadaan si kakak.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingparenting stressgaya parenting
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/sibling-prep.html
Diakses pada 30 Maret 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/preparing-your-first-child-for-a-new-baby-2765029
Diakses pada 30 Maret 2021
Kinder Care. https://www.kindercare.com/content-hub/articles/2015/december/bringing-home-baby-how-to-help-big-sister-embrace-the-change
Diakses pada 30 Maret 2021
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/prenatal/Pages/Preparing-Your-Family-for-a-New-Baby.aspx
Diakses pada 30 Maret 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait