Tips Memotong Kuku dengan Benar agar Bentuknya Terjaga

(0)
16 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memotong kuku dengan benar akan membuat kuku sehat dan bersihMemotong kuku harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi komplikasi
Tahukah Anda bahwa kuku panjang yang tidak dirawat dengan baik bisa menjadi pintu masuk berbagai penyakit? Inilah yang membuat para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk melakukan gunting kuku atau memotong kuku secara reguler dengan cara yang juga tepat.Kuku yang ideal menurut para ahli kesehatan ialah kuku yang pendek dengan bagian bawahnya tidak terlihat kotoran atau tampak bersih. Semakin panjang kuku, semakin besar kemungkinan kuku menyimpan debu atau bakteri dan dapat menyebarkan penyakit tertentu, misalnya cacingan.

Tips memotong kuku dengan benar

Memotong kuku mungkin terlihat sepele dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan ahli manicure/pedicure. Hal itu ada benarnya, tapi Anda tetap harus berhati-hati saat melakukannya karena pemotongan yang salah juga dapat mengakibatkan masalah, mulai dari bentuk kuku yang kurang baik hingga infeksi kuku.Oleh karena itu, para dermatologis merekomendasikan langkah memotong kuku panjang yang benar sebagai berikut:

1. Lunakkan kuku

Waktu memotong kuku yang paling baik adalah setelah mandi. Jika tidak, Anda dapat merendam kuku dalam air hangat selama beberapa menit untuk membuatnya lebih lunak.

2. Gunakan alat yang tepat

Pastikan Anda memotong kuku dengan gunting kuku, bukan silet, pisau, atau alat lain yang tidak semestinya. Untuk memastikan kebersihannya, Anda dapat mengelap gunting kuku dengan kain beralkohol 70-90 persen.

3. Potong lurus

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada kuku, Anda sebaiknya tidak memotong kuku terlalu dalam dan potongan kuku dilakukan secara lurus.

4. Haluskan dengan kikir

Jika Anda ingin tepi kuku yang lebih lembut, gunakan kikir kuku. Lakukan gerakan searah (bukan bolak-balik) agar kuku tidak menjadi rapuh.

5. Jangan menggunting kutikula

Kutikula adalah kulit tipis yang berada di dasar kuku serta bertugas menjaga akar kuku. Memotong kutikula sama saja membuka pintu masuk bakteri atau kuman untuk menginfeksi kuku Anda.

6. Gunakan pelembap

Bila kuku Anda terlihat kering atau mudah pecah-pecah, Anda bisa mengoleskan pelembap setelah gunting kuku.

Masalah yang bisa terjadi jika salah memotong kuku

Ketika Anda memotong kuku dengan benar, kebersihan kuku akan terjaga dan penampilan Anda akan terlihat lebih baik. Namun jika kegiatan gunting kuku dilakukan serampangan, beberapa masalah kuku mungkin akan terjadi setelahnya, seperti:

1. Bintil kuku (hangnail)

Bintil kuku adalah kulit di sekitar sisi-sisi kuku yang terlihat sobek atau terlepas dari kuku Anda. Masalah ini biasanya terjadi pada jari tangan, namun kadang bisa terjadi di kuku kaki.Hangnail sebetulnya merupakan masalah kuku yang lumrah, namun bisa menjadi infeksi ketika terpapar bakteri atau jamur. Bintil kuku yang telat terinfeksi ditandai dengan munculnya bengkak, kemerahan, dan nyeri.Kondisi ini biasanya sembuh sendiri dalam seminggu. Namun bila tidak ada perubahan setelahnya, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter.

2. Kuku kaki tumbuh ke dalam (ingrown toenail)

Kuku kaki tumbuh ke dalam bisa terjadi ketika Anda memotong kuku dengan cara yang kurang tepat. Kondisi ini biasanya terjadi di jempol kaki dan ditandai dengan kuku yang tumbuh ke dalam dan rasa nyeri di sekitar kuku itu sendiri.Ketika ingrown toenail sudah infeksi, area yang terkena juga bisa bengkak, kemerahan, mengeluarkan nanah, dan membuat Anda panas-dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa merendam kuku di air hangat atau datang ke dokter agar kuku yang bengkok tersebut dapat diangkat dan mendapatkan resep salep yang mengandung antibiotik.Tak perlu takut untuk memotong kuku sendiri. Asalkan dilakukan dengan benar, Anda dapat menghindari masalah-masalah di atas, kok.
kuku
CDC. https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/hand/nail_hygiene.html
Diakses pada 30 Juni 2020
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/nail-care-secrets/basics/how-to-trim-nails
Diakses pada 30 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/infected-hangnail
Diakses pada 30 Juni 2020
NSH. https://www.nhs.uk/conditions/ingrown-toenail/
Diakses pada 30 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait