Tips Memilih Suplemen Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh


Konsumsi suplemen vitamin C yang tepat bisa menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19. Namun, perhatikan cara memilih, dosis, dan aturan pakainya agar manfaat vitamin C yang didapat bisa maksimal.

0,0
Konsumsi suplemen vitamin C bisa jadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19Pastikan untuk memilih suplemen vitamin C untuk daya tahan tubuh yang direkomendasikan BPOM
Walaupun angka kasus Covid-19 semakin menurun dari hari ke hari, rasa cemas dan takut akan tertular penyakit menular satu ini, atau penyakit lainnya masih melanda. Pasalnya, jika tubuh sudah tidak mampu menahan serangan virus dari luar, siapa saja bisa rentan jatuh sakit.
Untuk itu, menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi selama masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang tepat.

Manfaat vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin C atau dikenal sebagai asam L-askorbat adalah vitamin yang larut dalam air.Sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients membuktikan bahwa manfaat vitamin C dapat meningkatkan berbagai fungsi sel imun, baik sistem imun bawaan maupun sistem imun adaptif. Maka, tak heran bila Vitamin C berperan dalam perlindungan tubuh dari agen penyakit.
Manfaat vitamin C bisa didapat melalui suplemen kesehatan
Sumber vitamin C umum ditemui dalam buah jeruk
Manfaat vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Terutama, karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas.Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan.Terlalu banyak radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga risiko tubuh terpapar berbagai macam penyakit bisa meningkat.Konsumsi vitamin C pun diperlukan untuk membentuk kolagen guna mempercepat proses penyembuhan luka.Kekurangan asupan vitamin C dapat menyebabkan Anda rentan mengalami luka, kulit terasa kering dan kasar, muncul gangguan pada gigi dan mulut, dan nyeri sendi. Selain itu, Anda mungkin akan mudah lelah, tampak lesu, hingga anemia.

Berbagai sumber vitamin C yang bisa didapat

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Oleh sebab itu, nutrisi ini harus didapatkan melalui makanan yang tinggi vitamin C, seperti buah-buahan dan sayuran.Beberapa jenis buah yang merupakan sumber vitamin C:
  • Jeruk
  • Lemon.
  • Stroberi.
  • Jambu biji.
  • Kiwi.
  • Tomat.
  • Melon.
Manfaat vitamin C bisa ditemui dalam berbagai buah dan sayur
Manfaat vitamin C bisa ditemui dalam berbagai buah dan sayur
Vitamin C juga banyak terkandung di dalam sayuran, seperti
  • Paprika.
  • Brokoli.
  • Kentang.
  • Kembang kol.
Pada dasarnya, asupan vitamin C sudah dapat tercukupi bila Anda sering mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran.Namun aktivitas yang padat dan pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan Anda kekurangan vitamin C.Padahal, selama pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, mengonsumsi makanan tinggi vitamin C menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh agar semakin kuat melawan infeksi berbagai virus penyebab penyakit, termasuk virus corona.Selain dari makanan, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian melalui konsumsi suplemen kesehatan.

Tips memilih suplemen vitamin C

Jika harus mengonsumsi suplemen vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda tidak boleh sembarangan memilih. Untuk itu, simak berbagai cara memilih suplemen vitamin C yang tepat berikut ini.

1. Perhatikan jenis vitamin C

Konsumsi suplemen vitamin C ada yang hadir dalam berbagai bentuk
Bentuk vitamin C yang terdapat dalam suplemen bermacam-macam
Vitamin C hadir dalam bentuk murni atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Berikut adalah ragam bentuk vitamin C selengkapnya.
  • Asam askorbat, atau L-ascorbic acid dan L-ascorbate, adalah bentuk vitamin C yang paling umum, serta mudah dan cepat diserap oleh tubuh melalui aliran darah.
  • Natrium askorbat. Jika asam askorbat terlalu asam di perut Anda, pilihlah asam askorbat yang terikat pada molekul sodium untuk meminimalkan keasaman. Namun, Anda perlu berhati-hati bahwa natrium askorbat dapat meningkatkan kadar garam dalam tubuh.
  • Kalsium askorbat. Bentuk vitamin C ini mengikat asam askorbat ke kalsium sehingga dapat menetralkan keasaman. Kalsium askorbat ideal bagi Anda yang memiliki lambung ekstra sensitif, atau tidak dapat mengonsumsi bentuk vitamin C lain.
  • Mineral askorbat lainnya. Jenis vitamin C yang terikat dengan mineral tambahan lainnya dalam suplemen. Misalnya, magnesium, kromium, zinc, atau bahkan mangan.
Walaupun ada berbagai bentuk vitamin C, menurut National Institutes of Health, belum ada studi yang menjelaskan mana jenis vitamin C yang lebih baik.Anda dapat memilih bentuk vitamin C yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan atau sensitif tidaknya terhadap suatu bentuk vitamin C.

2. Pertimbangkan yang aman untuk ginjal

Anda disarankan untuk memilih suplemen vitamin C yang rendah kadar oksalat. Jika kadar oksalat di dalam tubuh tinggi, zat ini dapat membentuk kristal atau batu di dalam ginjal.

3. Perhatikan dosisnya

Batas asupan suplemen vitamin C sangat beragam, mulai dari 25 mg hingga 1.500 mg per unit.Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang tidak lebih dari 2.000 mg sehari.

4. Pilih bentuk suplemen vitamin sesuai kebutuhan

Salah satu tujuan seseorang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizinya.Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa suplemen yang Anda pilih dapat diserap oleh tubuh dengan baik, jadi Anda tak sia-sia mengonsumsinya.Suplemen vitamin sendiri ada yang hadir dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk, hingga tablet kunyah (gummy) dan tablet hisap. Anda bisa memilih sesuai preferensi dan kebutuhan.
Konsumsi suplemen vitamin C
Suplemen vitamin C ada yang hadir dalam bentuk kapsul
Bagi Anda yang lebih nyaman untuk menelan suplemen, coba pilih dalam bentuk tablet atau softgel kapsul.Sebaliknya, bila Anda merasa lebih mudah untuk mengisap atau mengunyah suplemen, tak ada salahnya mempertimbangkan bentuk tablet kunyah atau tablet hisap. Kedua bentuk suplemen ini juga cocok dikonsumsi oleh anak-anak.Namun, perhatikan kadar gula yang terdapat dalam suplemen tablet kunyah atau hisap. Alangkah baiknya untuk memilih kadar gula yang tidak terlalu tinggi atau palng tidak kurang dari 4 gram dalam satu tablet.

Pilihan suplemen vitamin C untuk daya tahan tubuh

Memilih suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh tentu tidak boleh sembarangan.Pastikan Anda mencari suplemen kesehatan yang mengandung berbagai macam vitamin untuk mencegah Covid-19 yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan dan BPOM. Nah, salah satu suplemen vitamin C yang bisa jadi pilihan diproduksi oleh Mega We Care.Mega We Care sebagai perusahaan farmasi penghasil softgel kapsul di Asia Tenggara, telah menjamin mutu dan kualitas produknya melalui sertifikat internasional yang dimiliki, yakni GMP Uni Eropa, TGA Australia, dan sertifikat halal dari The Central Islamic Council Thailand.Mega We Care sendiri sudah tersebar di 35 negara di dunia, termasuk Indonesia, dan terus berkomitmen untuk menghasilkan produk suplemen kesehatan terbaik sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.Adapun suplemen kesehatan yang diproduksi oleh Mega We Care, yaitu:

1. NAT C 1000

NAT C 1000 adalah suplemen vitamin C dosis optimum 1.000 mg. Tidak hanya mengandung vitamin C, produk ini diperkaya dengan kombinasi antioksidan lain.Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, melainkan juga mencegah penularan infeksi virus dan bakteri, mempercepat proses penyembuhan, menangkal radikal bebas yang merusak tubuh, membentuk jaringan kolagen dalam tubuh, hingga mencerahkan kulit.Berbagai manfaat tersebut juga berasal dari kandungan ekstrak acerola dan rosehip. Kedua kandungan ini bahkan baik untuk menjaga kesehatan lambung. Tak ayal bila NAT C 1000 bersifat buffer atau rendah asam yang cenderung aman di lambung Anda.Selain itu, suplemen vitamin C ini mengandung antioksidan berupa bioflavonoid dan senyawa turunannya, yakni rutin dan hesparidin.Fungsi antioksidan di antaranya sebagai anti peradangan dan membantu penyerapan vitamin C dalam tubuh dengan lebih mudah.Menariknya, NAT C 1000 tidak menyebabkan risiko alergi karena tidak mengandung zat pewarna tambahan.NAT C 1000 hadir dalam bentuk tablet berisi 10 butir, 30 butir, dan 150 butir per kemasan. Orang dewasa bisa mengonsumsi 1 tablet per hari pada waktu makan.Mengonsumsi suplemen vitamin C di luar aturan pakai dapat menimbulkan efek samping, seperti diare, gangguan gastrointestinal, hingga hiperoxaluria.Dapatkan NAT C 1000 di sejumlah apotek atau toko obat terdekat dengan harga mulai dari Rp60.000,00 - Rp560.000,00

2. NAT C Yummy Gummyz

Untuk anak-anak, Mega We Care memiliki produk suplemen vitamin C bernama NAT C Yummy Gummyz.Sesuai namanya, produk ini hadir dalam tablet kunyah atau gummy rasa jeruk dengan bentuk menarik.Dosis vitamin C optimum di dalamnya dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C pada Si Kecil. Dalam tiap tablet kunyah, mengandung vitamin C sebanyak 75 mg.Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, suplemen vitamin C untuk anak ini dapat membantu mencegah penularan virus dan bakteri penyebab penyakit, mempercepat proses penyembuhan, mengurangi risiko alergi, hingga melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.Terbuat dari bahan alami dan bersifat gluten free, suplemen NAT C Yummy Gummyz tidak mengandung zat pengawet, pemanis, atau pewarna buatan.Anda pun tak perlu khawatir akan tingkat keasamannya. Sebab, suplemen vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh ini aman di lambung dan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.NAT C Yummy Gummyz hadir dalam kemasan kotak berisi 50 gummy. Anda bisa membelinya di sejumlah toko obat atau apotek terdekat dengan harga Rp60.000,00 per kotak.Untuk anak usia 2-9 tahun, aturan pakainya adalah 1-2 tablet gummy setelah makan. Kemudian, anak usia di atas 9 tahun mengonsumsi 2-3 tablet gummy setelah makan.

Catatan SehatQ

Penggunaan suplemen vitamin C untuk daya tahan tubuh selama pandemi umumnya dianjurkan.Bahkan untuk orang-orang dengan kondisi tertentu, konsumsi suplemen dapat sangat membantu meningkatkan imun mereka.Namun, akan lebih baik jika Anda juga menyempatkan diri untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat seperti dengan memperbanyak makan buah dan sayuran, rutin beraktivitas fisik, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup agar imun tetap berfungsi maksimal.Menerapkan gaya hidup sehat sembari memulai konsumsi vitamin daya tahan tubuh tetap menjadi cara paling baik untuk menjaga kesehatan di masa yang rentan seperti sekarang ini.
vitaminsuplemenvitamin anakvitamin ckekurangan vitamin cadv mega we care
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/immune-boosting-supplements#3.-Vitamin-C
Diakses pada 22 Oktober 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/9/11/1211
Diakses pada 22 Oktober 2021
Harvard School of Public Health. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-c/
Diakses pada 22 Oktober 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/best-vitamin-c-supplements-5092579
Diakses pada 22 Oktober 2021
Healthline https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamin-c-supplement#how-to-choose
Diakses pada 22 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/side-effects-of-too-much-vitamin-c#kidney-stones
Diakses pada 22 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-vitamin-c-supplements#daily-requirements
Diakses pada 22 Oktober 2021
National Institutes of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/#h3
Diakses pada 22 Oktober 2021
Chicago Tribune. https://www.chicagotribune.com/consumer-reviews/sns-bestreviews-wellness-the-best-vitamin-c-supplement-20191206-dvsgnlilxzcbnf5txht3cua25y-story.html
Diakses pada 22 Oktober 2021
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 22 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait