Tips Memilih Stroller Bayi yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Car-seat stroller merupakan salah satu stroller yang populer
Stroller bayi akan memudahkan orangtua dalam mengasuh bayi

Saat ini, begitu banyak jenis stroller yang tersedia. Hal ini tentu membuat Anda sulit untuk memilih stroller bayi mana yang tepat untuk si kecil dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Akan ada banyak sekali pertimbangan yang perlu dipikirkan, seperti di mana Anda tinggal, di mana Anda menggunakannya, dan berapa banyak bawaan yang biasanya akan dibawa. Berikut ini adalah tips memilih stroller bayi yang aman, nyaman, dan tepat.

Kenali Jenis-Jenis Stroller Bayi

Jika Anda ingin mendapatkan stroller yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, hal pertama yang perlu Anda pahami adalah mengenali jenis-jenis stroller. Pasalnya, tiap jenis stroller bayi memiliki karakteristik dan kelebihan yang dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda.

Meskipun begitu, secara umum, stroller yang standar memiliki kursi yang empuk, memiliki area penyimpanan barang, dan dapat dilipat. Berikut jenis-jenis stroller yang dapat Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan.

1. Car-seat Stroller

Untuk Anda yang kerap berpergian dengan mobil, ada baiknya stroller model ini menjadi pilihan utama. Desain yang praktis dengan bingkai yang dapat digunakan sebagai car seat akan memudahkan Anda dalam memindahkan Si Kecil dari mobil ke stroller tanpa harus menurunkannya dari kursi mobil dan mendudukkannya pada stroller yang lain.

2. Lightweight Stroller

Apablia Anda sering melakukan perjalanan jauh, membawa stroller seringkali menjadi merepotkan karena ukurannya yang besar dan berat. Akan tetapi, ada solusi tepat untuk mengatasinya dengan memilih stroller yang ringan. Stroller seperti ini biasanya digunakan untuk keluarga yang sering berpergian ke luar kota atau luar negeri sehingga tidak menambah bobot bagasi berlebihan.

3. Jogging Stroller

Anda gemar berolahraga? Pastikan untuk memiliki stroller dengan model khusus ini untuk memudahkan Anda dalam menjaga bayi saat jogging. Dengan menampilkan tiga roda sepeda pada rangka yang ringan, stroller model ini dapat memberikan alur jalan yang mulus bagi orangtua dan bayi yang ada di dalamnya.

4. Double atau Triple Stroller

Stroller dengan model double atau triple direkomendasikan bagi Anda yang memiliki anak kembar. Selain itu, ada pula stroller dengan model tandem yang memungkinkan satu anak duduk di belakang yang lain. Untuk model yang satu ini, stroller dapat berguna untuk kakak beradik yang terpaut usia 1-4 tahun.

Kriteria Memilih Stroller Untuk Bayi

Saat akan memilih stroller untuk bayi, pastikan untuk memperhatikan dengan jeli beberapa kriteria berikut ini:

  • Keselamatan: Pastikan bingkai kereta dorong terkunci kuat pada posisinya. Perhatikan pula mekanisme yang digunakan dan bagaimana mencegah kecelakaan seperti jatuh tanpa sengaja saat membawa anak.

  • Sabuk Pengaman: Sistem pengamanan adalah suatu keharusan dan esensial untuk diperhatikan. Pastikan sabuk pengaman terdiri dari 5 titik tali pengaman yang melingkari pinggang, di antara kedua kaki, serta bagian atas bahu. Periksa apakah pengait berisiko untuk mudah dilepas serta keamanannya untuk anak.

  • Kenyamanan: Stroller dengan kursi yang dapat disesuaikan akan memudahkanmu untuk memposisikan stroller sesuai dengan usia bayi/anak di dalamnya.

  • Praktis digunakan: Pastikan apakah stroller dapat didorong dalam garis lurus dan memutarnya hanya satu tangan. Memiliki roda yang bisa berputar di depan dan belakang akan membuat stroller lebih mudah praktis untuk digunakan.

  • Rem: Pilih stroller yang memiliki rem yang mudah untuk dioperasikan. Beberapa jenis stroller memiliki rem yang dapat mengunci dua roda sekaligus sehingga dapat memberikan keamanan yang ekstra. Pastikan lokasi rem stroller tidak dapat dijangkau oleh anak. 

  • Kesesuaian tinggi pegangan: Pegangan harus berada di tingkat pinggang pendorong atau sedikit di bawah. Hal ini penting untuk kenyamanan orang tua yang mendorong stroller.

  • Kanopi/Penutup: Penutup ini digunakan untuk melindungi Anak dari paparan sinar matahari, hujan, dan angin. Pastikan material penutup cukup baik, tiap bocor, tidak membuat panas, dan tidak menutup sirkulasi udara.

  • Berat stroller: semakin ringan stroller, maka akan semakin mudah untuk di dorong serta dibawa di berbagai kesempatan.  
  • Penyimpanan: Periksa pula kapasitas stroller dalam menyimpan barang bawaan dan kebutuhan bayi selama diperjalanan. Biasanya area penyimpanan berada di bawah kursi.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan membeli stroller untuk bayi. Meskipun hanya digunakan beberapa tahun, pastikan stroller yang Anda beli benar-benar bermanfaat secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

BabyCenter. https://www.babycenter.com/0_how-to-buy-a-stroller_1427.bc
Diakses pada November 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/stroller-safety/art-20043967
Diakses pada 21 Maret 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/gear/strollers/your-stroller-buying-guide/
Diakses pada 21 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed