7 Tips Memilih Personal Trainer di Gym Agar Bisa Raih Body Goals

Personal trainer yang mahal, belum tentu cocok untuk Anda. Yang terpenting, mereka tahu cara memotivasi diri Anda.
Personal trainer yang baik, biasanya tahu porsi tenaga Anda saat berolahraga di gym.

Tanpa ilmu pengetahuan yang cukup, akan sulit bagi Anda untuk meraih body goals, walau sudah nge-gym. Buat apa banyak peralatan canggih untuk angkat berat, tapi Anda tidak tahu cara menggunakannya? Jika Anda merasakan hal serupa, mungkin ini saat yang tepat untuk menyewa jasa personal trainer.

Mungkin di pikiran Anda, personal trainer ialah orang yang membantu mengangkat berat hingga menjadi teman yang bisa diajak ngobrol di gym. Namun, tugas seorang personal trainer lebih dari itu.

Berikut ini tips memilih personal trainer di gym, agar Anda bisa meraih body goals.

Tips memilih personal trainer di gym

Memiliki seseorang yang bisa membantu serta memotivasi ketika berolahraga adalah hal yang sangat berarti. Selain aktivitas di gym jadi lebih efektif serta interaktif, memiliki personal trainer bisa mengurangi risiko cedera yang bisa ditimbulkan, kalau Anda tidak benar dalam melakukan latihan.

  • Menemukan titik terkuat

Jika personal trainer mampu “mengeluarkan” sisi terbaik dan terkuat Anda saat berolahraga, dialah personal trainer yang tepat.

Salah satu masalah di gym ialah, orang-orang yang sudah “banjir” keringat, tapi tidak melihat hasil apapun. Biasanya, hal ini terjadi karena Anda tidak mau mendorong diri untuk ke tingkatan yang lebih atas lagi.

Dengan adanya personal trainer, Anda terbantu untuk keluar dari zona nyaman dan menemukan titik terkuat, dengan berolahraga di gym.

  • Mengetahui gerakan tepat untuk porsi badan

Saat Anda pertama kali masuk ke gym, pertanyaan yang muncul ialah, apa yang harus dilakukan untuk kali pertama?

Tugas personal trainer yakni bisa “membaca” segala kegiatan yang pantas Anda lakukan, sesuai dengan porsi tenaga yang dimiliki.

Sewaktu-waktu, personal trainer bisa saja bersikap tega dan mendorong Anda untuk berlatih melebihi batas. Namun, dari sinilah, body goals akan diraih. No pain, no gain.

  • Membawa angin segar ke gym

Jika Anda bosan dengan gerakan olahraga yang itu-itu saja, personal trainer yang baik seharusnya bisa membawa angin segar ke gym dengan memberikan gerakan baru untuk meraih tubuh ideal seperti yang Anda inginkan.

Memang, melihat dari video di dunia maya saja, Anda sudah bisa menemukan gerakan baru yang bisa dicontoh di gym. Namun, hasilnya tidak akan sebaik jika dilatih langsung oleh personal trainer. Sebab, keberadaan pelatih pribadi, bisa mengevaluasi gerakan Anda.

  • Membuat Anda merasa tertantang

Jika progres latihan Anda sudah baik, pastinya, tantangan dibutuhkan untuk mengasah kemampuan dalam berolahraga. Tanpa personal trainer, hal ini sulit dilakukan, karena Anda tidak punya teman nge-gym yang mampu membuat merasa tertantang.

Jika personal trainer bisa membuat Anda merasa tertantang dengan cara pelatihannya, maka ialah personal trainer yang memang dibutuhkan.

  • Mengerti tentang anatomi otot tubuh

Personal trainer memiliki ilmu pengetahuan tentang otot pada tubuh Anda. Jika Anda ingin memperbesar otot triceps dan biceps, ia akan memberi tahu, gerakan dan alat yang bisa Anda gunakan di gym. Jika personal trainer sudah dibekali dengan ilmu ini, percayakan aktivitas Anda di gym kepadanya.

  • Tidak melulu mahal

Tentu, jasa personal trainer tidak gratis. Anda harus mengeluarkan uang untuk bisa merasakan manfaat kehadirannya di gym.

Perlu diketahui, belum tentu personal trainer yang mahal, cocok untuk Anda. Yang terpenting dalam memilih personal trainer ialah, sifatnya yang mau mengerti progres Anda dalam meraih tubuh ideal di gym.

  • Punya sertifikat

Sama seperti kebanyakan profesi, personal trainer harus melewati tahap ujian, untuk mendapatkan sertifikat resmi.

Jika personal trainer sudah memiliki sertifikat resmi, biasanya ia sudah dilatih terlebih dahulu, untuk bisa menyampaikan ilmu pengetahuannya dengan baik kepada Anda. Jadi, tidak perlu ragu lagi saat sedang nge-gym.

Dengan atau tanpa seorang personal trainer, olahraga tetaplah menjadi pilihan baik untuk hidup Anda. Jika memang memutuskan tidak menggunakan jasa pelatih pribadi di gym, ada baiknya tidak ambil risiko dengan melakukan gerakan yang bisa membahayakan tubuh, jika dilakukan sendiri.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Carilah personal trainer yang juga peduli dengan kesehatan tubuh Anda. Sebab, kebugaran tubuh sangatlah penting, apalagi kalau Anda ingin membentuk tubuh agar lebih ideal lagi. Pastinya, tenaga besar dibutuhkan dan sesuaikan dengan budget Anda.

Dengan bantuan personal trainer, Anda bisa diingatkan untuk terus menyeimbangkan pola makan teratur, istirahat yang baik serta olahraga yang konsisten. Jika ketiga hal ini sudah Anda jalani, body goals bukan lagi mimpi.

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/finding-personal-fitness-trainer#1

Diakses pada 14 Oktober 2019

 

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/reasons-to-hire-a-personal-trainer-1231372

Diakses pada 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed