Play gym adalah mainan bayi 3 bulan yang mampu menstimulasi koordinasi tangan dan mata bayi
Play gym termasuk salah satu mainan bayi 3 bulan yang direkomendasikan

Saat usianya menginjak 3 bulan, bayi akan memperlihatkan perkembangan fisik maupun motorik yang sangat pesat. Pada usia ini, Anda dapat memberinya mainan bayi 3 bulan untuk menstimulasi tumbuh kembangnya agar lebih optimal.

Bayi yang berumur 3 bulan akan mulai menunjukkan koordinasi antara mata dan tangannya. Tangan bayi tidak akan lagi terkepal sepanjang hari dan sudah mulai bisa membuka-tutup untuk menggapai benda yang berjarak beberapa centimeter di hadapannya.

Sedangkan matanya mulai bisa melihat mainan yang berwarna mencolok. Bila mainan itu menarik perhatiannya, bayi akan mencoba menggapainya kemudian menggenggam dan memasukkannya ke mulut.

Pertimbangan saat memilih mainan bayi 3 bulan

Mainan pada dasarnya merupakan sarana yang bagus untuk melatih kemampuan motorik dan sensori bayi, serta mendukung perkembangan kognitifnya. Namun, penting diingat bahwa bayi 3 bulan masih belum bisa menggunakan otaknya untuk memproses stimulasi yang diberikan kepadanya.

Sebaliknya, bayi akan merespons hal-hal di sekelilingnya hanya sebatas indera penglihatan, pendengaran, peraba, dan penciuman. Untuk itulah Anda harus memilihkan mainan bayi 3 bulan yang tepat agar tumbuh kembangnya juga sesuai dengan usianya.

Tipe mainan bayi 3 bulan yang bisa Anda pilih, misalnya:

  • Cincin plastik dan mainan lain dengan bobot ringan karena bisa melatih genggaman bayi.
  • Cermin untuk membantunya mengenali wajahnya sendiri dan menurunkan risiko rewel saat tummy time.

Jenis mainan bayi 3 bulan yang dapat Anda pertimbangkan

Setiap bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda sehingga pemilihan mainan dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Namun, secara garis besar, terdapat rekomendasi jenis mainan bayi 3 bulan yang dapat Anda pertimbangkan berikut ini.

  • Teether. Mainan ini dirancang memang untuk dikunyah oleh bayi serta merangsang tumbuhnya gigi depan dan tengah serta belakang. Pastikan Anda memilih teether yang berlabel BPA-Free atau juga memiliki mainan gemerincing (rattle).
  • Mainan dengan musik. Mainan bayi 3 bulan ini bisa mengeluarkan musik bila disentuh dan dapat melatih kemampuan sensorik bayi, serta memberi efek relaksasi.
  • Mainan dengan lampu berkedip-kedip. Memberi stimulasi pada indera penglihatannya agar bayi juga belajar menggenggam mainannya sendiri.
  • Play gym. Mainan bayi 3 bulan ini terdiri dari banyak mainan kecil lainnya dengan berbagai fungsi. Manfaat play gym adalah memperkuat koordinasi tangan dan mata, melatih fokus bayi, sekaligus sebagai mainan edukasi.
  • Mainan gantung berputar. Mainan ini bisa digantung di dekat tempat tidur maupun stroller anak. Ketika berputar, perhatian anak akan fokus ke mainan tersebut karena mainan bayi 3 bulan yang satu ini biasanya juga mengeluarkan suara atau musik yang riang.
  • Mainan yang bisa digenggam (misalnya kerincingan atau marakas). Ketika digenggam oleh bayi, mainan ini akan mengeluarkan bunyi gemerincing yang menarik perhatiannya. Mainan jenis ini memiliki keunggulan karena mudah dibawa ke mana saja, serta membantu bayi menstimulasi kekuatan genggamannya.

Anda juga sudah dapat memberikan mainan bayi 3 bulan berupa soft book dan membacakannya kepada bayi Anda saat ia terjaga. Bayi suka mendengarkan suara Anda sambil melihat ke gambar dan warna cerah pada halaman buku.

Jika Anda memberikan mainan bekas, pastikan bentuk fisiknya masih layak untuk digunakan. Bila bentuk mainan sudah rusak atau warnanya sudah pudar, sebaiknya jangan memberi mainan tersebut pada bayi yang masih berusia 3 bulan.

Perhatikan juga faktor keamanannya

Selain menimbang manfaatnya, pastikan juga Anda memperhatikan aspek keamanan pada mainan tersebut, di antaranya:

  • Mainan bayi 3 bulan tidak boleh memiliki ujung yang tajam.
  • Jangan pilih mainan yang memiliki tali atau senar lebih dari 30 cm karena berpotensi membuat bayi terlilit.
  • Pilih mainan bayi yang sudah berstandar SNI, serta jauhi mainan yang terlalu murah karena bisa jadi mengandung pewarna mainan yang tidak aman untuk kesehatan.
  • Jangan pilih mainan yang berukuran terlalu kecil (misalnya mainan dengan mur atau baut) karena berisiko tertelan oleh bayi. Hindari juga mainan yang mudah pecah.

Di pasaran, terdapat banyak jenis mainan bayi 3 bulan yang dapat Anda pilih. Meski Anda tidak disarankan membeli mainan yang terlalu murah, membeli mainan dengan harga mahal juga bukan solusi. Sebisa mungkin, luangkan waktu bermain dengan bayi dan memberinya stimulasi sendiri, bukan hanya dari mainan yang Anda belikan.

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_toys-for-3-to-6-month-olds_818.bc
Diakses pada 31 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months
Diakses pada 31 Desember 2019

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/baby-toys-for-3-month-old/
Diakses pada 31 Desember 2019

The Bump. https://www.thebump.com/a/best-developmental-toys-babies
Diakses pada 31 Desember 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/development/intellectual/enhance-cognitive-development-3-6-months/?slide=slide_e9508792-69bb-42e5-85ac-9655febe947b#slide_e9508792-69bb-42e5-85ac-9655febe947b
Diakses pada 31 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed