Tips Memilih Foundation untuk Kulit Kering agar Tidak Salah Beli

(0)
27 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih foundation untuk kulit keringMemilih foundation untuk kulit kering tidak boleh sembarangan
Foundation merupakan kosmetik yang berfungsi untuk melapisi kulit wajah. Fungsi utama foundation adalah sebagai dasar sebelum penggunaan kosmetik wajah yang lebih kompleks supaya hasilnya tampak bagus. Oleh karena itu, foundation juga dikenal dengan sebutan alas bedak.Penggunaan foundation dapat membuat kulit tampak lebih halus, warna kulit wajah tampak merata, dan dapat menutupi berbagai kondisi kulit, seperti komedo, bercak, jerawat, hingga bekas jerawat atau bekas luka. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih foundation untuk kulit kering karena dapat memperparah kondisi kulit.Atas dasar inilah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih foundation , khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kering. Apa saja hal yang sebaiknya diperhatikan?

Memilih foundation

Seiring berkembangnya kosmetik, variasi foundation pun kian beragam. Foundation tersedia dalam beragam variasi warna, tekstur, dan konsistensi. Mulai dari warna yang paling terang hingga paling gelap, berbentuk cairan (losion), krim, bubuk, atau padat, yang memberikan hasil akhir berbeda-beda.Beberapa jenis foundation juga memiliki tambahan formula dan memiliki manfaat lebih bagi kesehatan kulit. Sehingga, foundation dapat melembapkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit, serta juga bermanfaat sebagai tabir surya dan mencegah penuaan dini.Untuk memilih foundation, umumnya ada tiga hal yang harus diperhatikan:
  • Coverage: Coverage atau ketebalan adalah kemampuan foundation menutupi kelemahan pada kulit wajah. Mulai sheer (tipis) hingga full coverage (sangat tebal).
  • Formula: Bahan-bahan pembuat foundation yang juga harus diperhatikan. Beberapa formula mungkin cocok untuk kulit tertentu, tapi berbahaya bagi jenis kulit lainnya. Khususnya, jika Anda memiliki alergi pada kandungan bahan tertentu. Pemilihan formula foundation yang sesuai dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda.
  • Hasil akhir: Tampilan akhir setelah penggunaan foundation akan memberikan efek sesuai yang Anda inginkan, seperti matte, radiant, natural, glowing dan sebagainya. Hal ini juga harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Tips memilih foundation untuk kulit kering

Tantangan bagi pemilik kulit kering adalah makeup yang tampak tidak merata dan terlihat pecah-pecah (retak) karena kulit yang mengalami dehidrasi atau memiliki kelembapan rendah. Akhirnya, kulit wajah malah akan terlihat kusam dan pucat, khususnya di siang hari.Para ahli kecantikan mengungkapkan bahwa pemilik kulit kering harus memilih foundation yang dapat membuat kulit wajah terlihat lembap, segar, dan bercahaya. Pemilihan foundation untuk kulit kering yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan tampilan wajah yang sehat, halus, dan lembut.Berikut ini adalah tips memilih foundation untuk kulit kering:
  • Pilihlah foundation dengan coverage tipis hingga sedang.
  • Formula krim cair, ringan, dan berbahan dasar air, dapat menjaga agar kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.
  • Jika kulit wajah kering Anda masih relatif halus, gunakan BB cream yang mengandung formula melembapkan untuk mendapatkan hasil akhir alami.
  • Jika kulit wajah Anda sangat kering dan mudah berkerut, sebaiknya pilih foundation yang diperkaya dengan pelembap dan memberikan hasil akhir kulit berkilau sepanjang hari.
  • Hindari jenis foundation yang mengandung antijerawat, seperti kandungan asam salisilat. Biasanya formula antijerawat dapat menyebabkan kulit kering.
  • Sebaiknya hindari jenis foundation bubuk atau berupa bedak karena dapat memperjelas garis penuaan (kerutan).
  • Jangan gunakan foundation dalam jangka panjang, misalnya untuk seharian, karena akan membuat kulit terlihat pecah-pecah dan makeup tidak merata seiring waktu.
Kulit wajah menjadi kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor lingkungan, berkurangnya produksi minyak wajah seiring usia, atau kulit wajah tidak memproduksi cukup minyak untuk menjaga kelembapannya. Kulit yang kering bisa terasa gatal dan terlihat bersisik, tidak rata, kusam, serta kasar.Oleh karena itu, apabila Anda memiliki kulit wajah kering, cobalah untuk menggunakan pelembap beberapa kali sehari pada kulit wajah. Termasuk sebelum menggunakan foundation. Biarkan krim pelembap menyerap selama beberapa menit, baru kemudian gunakan foundation.Hapus kembali makeup setelah beberapa jam, lalu ulangi pemakaian pelembap dan foundation jika masih diperlukan.
kulit keringperawatan wajah
Adore Beauty Australia
https://www.adorebeauty.com.au/make-up/foundation/guide/foundation-purpose
Diakses 12 Agustus 2020
Good House Keeping
https://www.goodhousekeeping.com/beauty-products/foundation-reviews/g25561067/best-foundation-dry-skin/
https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a29993947/dry-skin-on-face-treatments-causes/
Diakses 12 Agustus 2020
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935
Diakses 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait