Tips Memilih Celana Ibu Hamil yang Tepat

(0)
14 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa jenis celana ibu hamil yang bisa Anda pilihCelana ibu hamil didesain khusus agar tidak mengganggu janin
Anda tengah hamil, tapi tidak suka memakai gaun terusan? Tenang, Anda tidak harus mengenakan dress atau rok selama mengandung karena kini sudah ada banyak jenis celana ibu hamil yang nyaman dan tetap aman bagi janin di dalam perut Anda.Dari luar, tampilan celana ibu hamil mungkin tidak jauh berbeda dengan celana panjang pada umumnya. Ada yang berbahan jeans, denim, atau katun dengan berbagai ukuran. Perbedaannya dengan celana biasa terletak pada bagian pinggang yang terbuat dari bahan jersey atau dilengkapi karet melar agar tidak terasa sesak di bagian perut.Memilih celana hamil yang tepat dapat menghindarkan para calon ibu dari heartburn yang biasa terjadi ketika memakai pakaian yang terlalu sempit, terutama di pinggang. Mengenakan celana atau pakaian yang ketat juga dapat menghambat peredaran darah menuju plasenta janin yang akan menghambat pertumbuhannya.

Jenis celana ibu hamil

Perkembangan dunia mode memungkinkan ibu hamil untuk tetap tampil modis selama berbadan dua, salah satunya dengan mengenakan celana ibu hamil. Apalagi, celana ini memiliki banyak jenis dan model yang dapat dipilih sesuai preferensi Anda, seperti:

1. Over the bump

Celana ibu hamil ini paling banyak beredar di pasaran dengan bentuk celana biasa dan bagian pinggang terbuat dari karet serta dapat digunakan hingga bagian atas perut alias over the bump.

2. Under the bump

Celana ibu hamil ini biasanya memiliki bagian pinggang yang terbuat dari bahan jersey dengan dilengkapi pinggang karet elastis. Celana ini cocok digunakan untuk calon ibu di trimester awal usia kehamilan.

3. Side panel

Karet elastis pada celana ibu hamil ini terletak di bagian samping, sedangkan bagian depan terlihat seperti celana pada umumnya.

4. Jersey basque

Celana hamil ini terbuat dari bahan jersey yang elastis dan lembut serta dapat melar sesuai dengan ukuran perut.

5. Drawstring

Celana ibu hamil dengan tali yang menjuntai di bagian depan agar dapat ditarik dan dikencangkan sesuai ukuran perut ibu hamil.

6. Fly front

Dari depan, celana ibu hamil ini memiliki kancing dan ritsleting seperti celana biasa, namun terdapat tali atau karet elastis di bagian samping yang bisa disesuaikan sesuai ukuran perut ibu hamil.Apa pun model celana ibu hamil yang Anda pilih, pastikan Anda merasa nyaman memakainya. Jangan memaksakan memakai celana yang sempit atau ketat di bagian paha atau kaki, namun mengakibatkan aktivitas Anda terganggu.

Bagaimana cara memilih celana ibu hamil yang tepat?

Memiliki celana ibu hamil adalah hal krusial yang bukan hanya menunjang penampilan Anda selama kehamilan, namun juga mengurangi keluhan seperti sesak dan tidak nyaman. Oleh karena itu, ada beberapa tips dalam memilih celana ibu hamil yang tepat, seperti:

1. Pilih model yang sederhana

Pakaian hamil biasanya tidak akan digunakan kembali setelah Anda melahirkan, oleh karena itu Anda sebaiknya memilih model yang sederhana, misalnya jeans atau legging. Selain untuk menghemat pengeluaran, celana ibu hamil dengan model yang simpel bisa dipadu-padankan dengan atasan apa pun, mulai dari blouse hingga kaus oblong.Sederhana yang dimaksud di sini juga bisa diaplikasikan dari segi warna, yakni warna-warna netral, seperti hitam, biru denim, atau cokelat. Untuk tampilan yang lebih profesional, pastikan Anda memilih bahan celana hamil yang lebih formal, namun tetap nyaman.

2. Pilih bahan yang elastis

Celana hamil sudah bisa digunakan sejak awal kehamilan, namun Anda sebaiknya memilih bahan yang elastis agar bisa dipakai hingga trimester akhir saat perut Anda kian besar. Anda tentu tidak ingin terlalu banyak menghamburkan uang untuk membeli celana ibu hamil, kan?

3. Pastikan kenyamanannya

Celana ibu hamil sebaiknya tidak ketat di bagian paha maupun pinggang agar Anda merasa nyaman selama memakainya. Celana yang terlalu ketat juga bisa mengurangi sirkulasi udara di area selangkangan sehingga menaikkan risiko ibu hamil terkenal infeksi jamur yang ditandai dengan keputihan berlebih.

4. Cari diskon

Diskon celana ibu hamil bisa dilihat di toko-toko online maupun offline. Pastikan Anda membeli celana sesuai kebutuhan.Lalu, berapa banyak celana ibu hamil yang harus Anda sediakan? Hal ini tergantung aktivitas, namun Anda bisa membeli dua celana hamil sebagai permulaan.
menjaga kehamilanperlengkapan kehamilan
E-Prints UMS. http://eprints.ums.ac.id/31093/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Diakses pada 29 Juni 2020
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a562821/buying-maternity-jeans
Diakses pada 29 Juni 2020
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/maternity-clothes
Diakses pada 29 Juni 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/maternity-clothes-4685940
Diakses pada 29 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait