5 Tips Memilih Bedak untuk Kulit Kering dan Cara Menggunakannya

(0)
Salah memilih dan menggunakan bedak untuk kulit kering bisa bikin kulit semakin keringMemilih bedak untuk kulit kering memang tidak boleh sembarangan
Memiliki tipe kulit kering memang perlu berhati-hati, apalagi jika Anda gemar memulaskan produk kosmetik pada wajah, termasuk bedak. Sebab, seringkali riasan wajah yang dipulaskan pada kulit wajah kering tidak dapat menempel dengan sempurna dan membuat kulit tampak semakin kering. Maka dari itu, penting untuk memilih bedak untuk kulit kering dengan aman. 

Bolehkah kulit kering menggunakan bedak untuk mempercantik wajah?

Penggunaan bedak memang dapat berfungsi mempercantik wajah. Selain itu, bedak juga dapat mengunci foundation dan concealer agar dapat menempel sempurna pada wajah Anda. Akan tetapi, bagi pemilik kulit kering, penggunaan bedak justru dapat membuat wajah semakin kering dan hasil make up terlihat cakey. Pasalnya, bedak dapat menyerap produksi minyak berlebih pada kulit, di mana pemilik kulit kering biasanya sudah kehilangan kadar minyak alami pada wajahnya Jika Anda pemilik kulit kering berjerawat, penggunaan bedak dapat semakin memperburuk kondisi kulit wajah Anda. Inilah alasan kulit kering sebaiknya tidak perlu menggunakan bedak. Namun, dalam beberapa kesempatan spesial, sebagian besar perempuan dengan kulit wajah kering tentu ingin mempercantik wajahnya dengan make up, termasuk bedak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memilih dan menggunakan bedak untuk kulit kering dengan tepat agar tampilan wajah tidak tampak semakin kering. 

Tips memilih bedak untuk kulit kering yang aman

Sebelum menggunakan bedak untuk kulit kering, ada baiknya Anda mengetahui tips memilihnya dengan tepat terlebih dahulu. Berikut adalah tips memilih bedak untuk kulit kering dengan aman:

1. Pilih jenis bedak untuk kulit kering

Berbagai jenis dan merek bedak untuk semua jenis kulit wajah beredar luas di pasaran. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit kering sebaiknya tidak boleh asal memilih bedak yang diformulasikan untuk kulit normal atau kulit berminyak. Sebab, menggunakan bedak yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah dapat berisiko membuat kulit semakin kering. Terlebih, pada dasarnya pemilik kulit kering sudah kehilangan kelembapan dan kadar minyak alami pada kulit. Selain itu, salah memilih bedak untuk kulit kering dapat menyebabkan masalah garis-garis halus dan kerutan di wajah semakin terlihat dengan jelas.

2. Perhatikan label dan kandungan pada bedak

Salah satu tips memilih bedak untuk kulit kering yang paling utama adalah memerhatikan label dan kandungan yang terdapat di kemasannya. Pastikan memilih bedak untuk kulit kering dengan tekstur partikel yang ringan. Ini bertujuan agar bedak dapat menempel sempurna pada kulit wajah Anda. Penting pula memilih bedak untuk kulit kering dengan kandungan moisturizer (pelembap) di dalamnya. Selain melembapkan, kandungan ini juga dapat mencegah riasan wajah menjadi cakey

3. Pilih bedak yang berlabel hypoallergenic

Beberapa pemilik kulit kering mengaku mudah mengalami iritasi dan sensitif terhadap produk kosmetik. Jika Anda memulaskan bedak yang salah, kondisi tersebut dapat semakin parah. Maka dari itu, saat memilih bedak untuk kulit kering, pilihlah produk yang berlabel hypoallergenicHypoallergenic berarti kandungan tersebut tidak dapat menyebabkan alergi dan sudah diuji secara dermatologi sehingga cocok untuk kulit yang sensitif sekalipun. Selain itu, umumnya produk kosmetik yang berlabel hypoallergenic tidak mengandung wewangian tertentu yang aman digunakan oleh pemilik kulit kering. 

4. Cari bedak berbahan dasar mineral

Bedak untuk kulit kering yang berbahan dasar mineral merupakan pilihan baik untuk Anda. Sebab, bedak mineral dapat membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya. 

5. Hindari bedak yang mengandung wewangian dan bahan keras tertentu

Tips memilih bedak untuk kulit kering lainnya adalah jangan memilih jenis bedak dengan kandungan bahan keras tertentu di kulit. Misalnya, bedak untuk kulit kering yang mengandung wewangian. Pasalnya, kandungan tersebut dapat menghilangkan kadar minyak alami pada kulit. Akibatnya, wajah Anda akan semakin kering dan riasan wajah tidak dapat menempel sempurna di kulit. 

Cara menggunakan bedak untuk kulit kering

Setelah mendapatkan bedak untuk kulit kering yang cocok, kini saatnya Anda menggunakannya dengan tepat. Agar tampilan riasan wajah menempel dengan sempurna dan tidak cakey, ada cara ampuh menggunakan bedak untuk kering, yaitu:
  • Selalu oleskan pelembap sebelum menggunakan make up. Anda bisa mengoleskan pelembap pada wajah seraya memijatnya secara lembut. Langkah tersebut dapat membantu penyerapan pelembap ke dalam kulit dengan sempurna. Kulit wajah Anda pun akan terasa lebih lembap dan halus. 
  • Oleskan 2-3 lapis foundation pada wajah, lalu ratakan menggunakan kuas, spons, atau beauty blender. Ingat, jangan menggunakan terlalu banyak lapisan foundation karena dapat membuat tampilan kulit wajah terlihat cakey dan riasan wajah jadi tidak rata. 
  • Hindari menggunakan bedak pada area wajah yang rentan kering, seperti pipi dan area hidung

Catatan dari SehatQ

Memiliki tipe kulit kering memang perlu berhati-hati, apalagi jika Anda gemar memulaskan bedak pada wajah. Sebab, seringkali menggunakan bedak untuk kulit kering justru dapat membuat kulit semakin kering dan riasan wajah tidak dapat menempel dengan sempurna.Dengan tips memilih dan menggunakan bedak untuk kulit kering di atas, niscaya riasan wajah Anda dapat menempel sempurna dan tidak cakeyJika Anda masih merasa bingung atau kesulitan memilih dan menggunakan bedak untuk kulit kering, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi bedak untuk kulit kering yang cocok untuk Anda.
makeupkulit kering
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 5 Mei 2020
Adore Beauty. https://www.adorebeauty.com.au/make-up/concerns/dry-skin/guide/dry-skin-powder
Diakses pada 5 Mei 2020
Beauty Heaven. https://www.beautyheaven.com.au/makeup/face-powder/how-to-choose-a-face-powder-for-dry-skin-8246
Diakses pada 5 Mei 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/compact-which-one-to-use/
Diakses pada 5 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait