Ada beberapa pilihan bak mandi bayi dengan kelebihan masing-masing yang bisa dipilih
Seorang ibu sedang memandikan bayinya dengan bak mandi bayi

Tidak sedikit orangtua baru yang takut memandikan bayi karena berbagai alasan. Namun, kekhawatiran itu dapat diminimalisir dengan pemilihan bak mandi bayi yang aman dan kokoh.

Bak mandi bayi yang banyak beredar di pasaran biasanya terbuat dari plastik yang kokoh dan berukuran lebih kecil dari bath tub untuk orang dewasa. Di bagian dalam bak plastik tersebut terdapat kontur yang dapat mengatur kedalaman air dan dudukan untuk bayi yang usianya sudah lebih besar.

Macam-macam model bak mandi bayi

Di luar model standar tersebut, saat ini juga terdapat banyak tipe bak mandi bayi yang dapat Anda pilih. Berikut beberapa contoh tipe bak mandi bayi yang dijual di pasaran:

  • Tipe konvertibel

Bak mandi bayi jenis ini dapat disesuaikan dengan besar badan bayi sehingga dapat digunakan bagi bayi baru lahir hingga balita.

  • Dapat dilipat

Bak mandi bayi ini kerap menjadi pilihan karena mudah dilipat dan dapat disimpan di tempat sempit. Hanya saja, bak mandi ini memiliki kekurangan berupa desain yang kurang kokoh dan rentan mengalami kebocoran.

  • Bak mandi tiup

Ini adalah bak mandi bayi dari karet atau balon yang dapat dikempiskan ketika tidak lagi digunakan. Meski tidak memakan tempat penyimpanan yang banyak, namun bak mandi bayi ini kurang praktis karena Anda harus meniupnya kembali sebelum memandikan bayi.

  • Bak mewah

Bak mandi ini memberi efek spa kepada bayi karena dilengkapi dengan bel, semprotan air yang digerakkan dengan tenaga motor, shower, mesin getar seperti pijatan, dan lain-lain. Bak mandi biasanya lebih berat, harus dioperasikan menggunakan baterai, dan tentunya jauh lebih mahal dibanding bak mandi bayi konvensional.

  • Bak mandi berdiri

Bak mandi bayi ini mirip dengan tipe konvensional, hanya saja ia dilengkapi dengan tiang yang kokoh untuk menyangga bak tersebut. Bak mandi berdiri akan membuat Anda tidak perlu membungkuk ketika memandikan bayi sehingga cocok digunakan oleh orangtua yang memiliki masalah dengan persendiannya.

Dari banyaknya tipe bak mandi bayi di atas, mana yang harus Anda pilih?

Tips memilih bak mandi bayi yang tepat

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih bak mandi bayi adalah ukuran bayi Anda itu sendiri. Memilih bak mandi untuk newborn dan bayi yang sudah berusia beberapa bulan tentu tidak sama.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah faktor keselamatan dan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat bak tersebut. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kondisi rumah, preferensi, serta tentu saja dana yang Anda siapkan.

Berikut beberapa tips memilih bak mandi bayi yang tepat dan aman yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Pilih bak mandi bayi konvertibel

Bak mandi ini biasanya dilengkapi dengan penyangga seperti ayunan yang dapat digunakan ketika usianya masih kecil (newborn hingga beberapa bulan). Saat Si Kecil sudah bisa duduk, penyangga ini tidak perlu digunakan lagi sehingga anak bisa duduk dan bermain air di dalam bak mandi.

Meskipun demikian, Anda tetap harus memegang bayi saat memandikannya di atas dudukan. Meski sudah dilengkapi sabuk pengaman, anak dikhawatirkan bisa terguling dari penyangga tersebut dan dikhawatirkan dapat tenggelam di bak mandinya.

Pada bak mandi yang tidak dilengkapi penyangga, bak tersebut biasanya memiliki bagian dengan kontur yang sedikit lebih tinggi sehingga memudahkan bayi untuk duduk. Yang jelas, bak mandi konvertibel ini akan membuat Anda tidak perlu lagi membeli bak hingga anak menginjak usia balita.

  • Plastik yang kokoh

Penggunaan bak mandi bayi tiup tidak disarankan karena dapat terguling dan mengakibatkan cedera. Sebaliknya, Anda dapat memilih bak mandi dari bahan plastik yang kokoh, permukaannya mulus, tidak ada ujung yang tajam, serta membuat bayi nyaman selama berada di dalamnya.

Bak mandi bayi yang terbuat dari bahan plastik juga mudah dibersihkan. Anda bahkan cukup menggantungnya di dinding kamar mandi untuk mengeringkan bak mandi ini sehingga bisa langsung dipakai di waktu mandi berikutnya.

  • Tidak mengandung bahan berbahaya

Hindari memilih bak mandi bayi yang dilengkapi busa atau karet yang mudah robek. Anak dikhawatirkan bisa mengambil dan memasukkan benda berbahaya tersebut ke mulutnya, apalagi bila ia mandi dalam keadaan tidak diawasi.

Selain pertimbangan di atas, Anda juga dapat menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda sendiri. Penggunaan bak mandi bayi yang dapat dilipat, misalnya, sangat cocok bagi Anda yang suka bepergian atau tinggal di tempat yang tidak terlalu luas, misalnya apartemen atau rumah susun.

Sedangkan bagi Anda yang punya dana lebih, penggunaan bak mandi bayi mewah juga tidak ada salahnya. Meski bak mandi bayi ini belum terbukti memiliki manfaat untuk Si Kecil, namun setidaknya Anda akan merasa senang dan nyaman memandikan bayi di bak tersebut.

Parents. https://www.parents.com/baby/care/bath/tips-for-buying-a-baby-bathtub/
Diakses pada 19 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/best-baby-bath-tub
Diakses pada 19 April 2020

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_how-to-buy-a-baby-bathtub_1007.bc
Diakses pada 19 April 2020

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/products-bathtubs.html
Diakses pada 19 April 2020

Artikel Terkait