Tips Memilah dan Memilih Produk Pencuci Muka untuk Kulit Berminyak


Pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat harus bebas minyak, noncomedogenik, dan bersifat lembut di kulit. Kandungan sabun cuci muka untuk kulit berminyak termasuk asam salisilat, asam glikolat, niacinamide, dan benzoil peroksida.

(0)
06 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Produk pencuci muka untuk kulit berminyak haruslah bebas minyakHindari mencuci muka terlalu sering sebaiknya cukup lakukan dua kali sehari saja
Pencuci muka untuk kulit berminyak sebaiknya harus dipilih dengan hati-hati. Ini karena minyak alami atau sebum di kulit sebenarnya berperan penting. Jika produksinya berlebih, maka dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara memilih pencuci muka yang sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan tepat sebagai salah satu produk penting dalam ritual perawatan kulit Anda.

Kandungan aktif dalam produk pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat

Memilih sabun pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya, ini merupakan produk yang penting sebagai cara menjaga kesehatan kulit paling mendasar. Adapun beberapa kandungan aktif dalam produk pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah sebagai berikut. 

1. Asam salisilat

Salah satu pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat yang penting adalah asam salisilatAsam salisilat adalah jenis asam beta hidroksi (BHA) yang membantu menyingkirkan kelebihan sebum atau minyak di kulit. Kandungan ini dapat mengeksfoliasi lapisan atas kulit wajah agar terbebas dari penumpukan minyak dan sel kulit mati. Asam salisilat juga bersifat menyukai minyak (lipofilik) sehingga membantu mengeluarkan minyak yang ada di pori-pori. Dengan kemampuannya ini, asam salisilat menjadi kandungan yang paling dicari dalam produk facial wash untuk kulit berminyak.Ikuti cara penggunaan facial wash untuk kulit berminyak Anda pilih dengan saksama. Sebab, asam salisilat dapat menimbulkan efek samping berupa kulit sangat kering bila digunakan berlebihan.

2. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah kandungan bahan aktif dalam pencuci muka untuk kulit berminyak berikutnya. Benzoil peroksida memiliki kandungan yang dapat mengeksfoliasi kulit. Kandungan tersebut membantu mengurangi mengurangi kelebihan sebum di kulit wajah, membantu pori-pori melepaskan sel kulit mati, dan mencegah munculnya jerawat. Namun, dalam memilih produk pencuci muka yang sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mengandung benzoil peroksidaAnda harus memerhatikan konsentrasi kandungan ini di dalamnya. Anda disarankan untuk memilih kandungan benzoil peroksida di bawah 4%.Apabila Anda mengalami kulit kering dan kemerahan berlebihan setelah menggunakan facial wash untuk kulit berminyak yang mengandung benzoil peroksida, hentikan penggunaan produk dan hubungi dokter segera. 

3. Asam glikolat

Pencuci muka untuk kulit berminyak juga perlu mengandung asam glikolat di dalamnya. Glycolic acid adalah golongan asam alfa hidroksi (AHA) yang banyak ditemukan dalam sabun cuci muka, toner wajah, hingga pelembap. Kandungan ini sangat cocok untuk kulit berminyak, terutama jika Anda juga rentan berjerawat. Asam glikolat dalam produk pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat dapat membantu mencegah penyumbatan di pori-pori yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi asam glikolat adalah sebagai zat eksfoliator alami yang ampuh untuk menyingkirkan sel kulit mati. Penggunaan asam glikolat untuk wajah cenderung aman dilakukan. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

4. Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang amat populer dalam dunia skincare, termasuk pada produk pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Niacinamide dapat membantu mengontrol produksi sebum di kulit sekaligus mengontrol jerawat yang sudah ada di wajah. Dengan begitu, kandungan ini bisa Anda cari dalam pencuci muka yang sesuai untuk untuk kulit berminyak dan berjerawat.

5. Humektan

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak lainnya adalah mengandung humektan alami. Humektan alami yang bekerja dengan menarik partikel air ke lapisan kulit paling atas sekaligus meningkatkan kelembapan kulit.Anda bisa menemukan humektan alami, seperti gliserin dan hyaluronic acid. 

Panduan menggunakan sabun cuci muka untuk kulit berminyak

Pencuci muka untuk kulit berminyak harus memiliki bahan yang bebas minyak
Pastikan facial wash yang Anda pilih tidak mengandung alkohol
Dalam memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak, ada beberapa panduan yang bisa Anda ikuti. Adapun beberapa panduan penggunaan sabun cuci muka untuk kulit berminyak seperti yang direkomendasikan American Academy of Dermatology Association.

1. Jangan cuci muka terlalu sering

Hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan sabun cuci muka untuk kulit berminyak adalah jangan cuci muka terlalu sering. Banyak orang berpikir bahwa semakin sering mencuci muka akan semakin baik untuk kulit. Padahal, ini adalah pemahaman yang keliru. Cuci muka terlalu sering dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas secara berlebihan Akibatnya, produksi minyak semakin tinggi. Kondisi ini pun dapat memicu kulit rentan berjerawat.Cuci muka sebaiknya dilakukan dua kali sehari saja, serta jika Anda berkeringat setelah berolahraga dan beraktivitas fisik. Hindari pula penggunaan scrub yang dapat mengiritasi kulit dan membuat kulit makin berminyak. 

2. Cari facial wash untuk kulit berminyak yang berlabel bebas minyak dan noncomedogenic

Pencuci muka yang sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat paling tidak memiliki label “bebas minyak” atau oil free dan “noncomedogenic”.Produk dengan label ini cocok untuk kulit berminyak karena tidak rentan menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan jerawat.Panduan di atas tentu tak hanya berlaku untuk produk pencuci muka saja, melainkan juga produk perawatan wajah lain serta produk kosmetik. 

3. Pilih pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat yang lembut

Pastikan Anda tidak memilih produk pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat yang lembut atau tidak terlalu keras di kulit. Kandungan zat yang terlalu keras dapat mengiritasi kulit dan memicu peningkatan produksi minyak sebagai bentuk kompensasi kulit. Anda juga harus menghindari produk facial wash untuk kulit berminyak yang mengandung minyak dan kandungan alkohol.

Panduan perawatan kulit berminyak lainnya

Selain pencuci muka untuk kulit berminyak, pilih sunscreen dengan kandungan bahan yang cocok untuk jenis kulit Anda
Gunakan sunscreen dengan kandungan bahan yang bebas minyak
Kulit berminyak sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri. Minyak alami yang ada di kulit dapat “mengawetkan” kulit sehingga orang dengan kulit berminyak akan memiliki kulit yang lebih tebal dan membuat kemunculan kerutan menjadi lebih lamban. Kuncinya, Anda harus mengendalikan agar produksi minyak bisa terkendali dengan mencari produk pencuci muka yang sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat.Selain itu, ada beberapa panduan perawatan kulit berminyak lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Oleskan pelembap

Salah satu cara merawat kulit berminyak adalah dengan mengoleskan pelembap secara rutin. Orang dengan jenis kulit berminyak mungkin menghindari penggunaan pelembap lantaran dianggap bisa membuat kulit terlihat lebih berminyak.Faktanya, menggunakan pelembap yang tepat bisa menjadi cara merawat wajah berminyakBagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah jenis pelembap berbahan dasar air dan tanpa kandungan minyak guna menjaga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak. Baca Juga: Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak yang Tepat

2. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Cara merawat wajah berminyak berikutnya adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Untuk mencegah timbulnya jerawat, pilihlah tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida.Hindari menggunakan sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian. Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

3. Pakai kertas minyak atau blotting paper

Penggunaan kertas minyak atau blotting paper memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit. Akan tetapi, penggunaan kertas minyak bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari agar kulit wajah Anda terlihat kurang mengkilap. 

4. Hindari menyentuh wajah 

Hindari kebiasaan menyentuh wajah sebelum tangan dibersihkan dengan sabun dan air bersih. Kebiasaan tersebut dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan Anda ke wajah. Anda hanya boleh menyentuh wajah saat membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit wajah. 

5. Bersihkan make up sebelum tidur di malam hari

Pastikan Anda selalu membersihkan make up sebelum tidur di malam hari. Kebiasaan tidur di malam hari tanpa menghapus make up dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga timbul jerawat. [[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Mencari produk pencuci muka yang sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat memang susah-susah gampang. Cara memilih produk pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat di atas penting untuk mengendalikan wajah berminyak. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait perawatan untuk wajah berminyak, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia di Appstore dan Playstore yang memberikan informasi kesehatan kulit terpercaya.
kulit berminyakperawatan wajahperawatan kulit
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Diakses pada 23 Oktober 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/the-best-ingredients-to-control-oily-skin.aspx
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-care-routine-for-oily-skin-2
Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait