Tips Memilih Sekolah Anak yang Tepat dan Alasan untuk Melakukannya


Memilih sekolah anak perlu memerhatikan berbagai pertimbangan, terutama untuk sekolah dasar. Anda dapat mempertimbangkan beberapa aspek dalam memilih sekolah untuk anak, mulai dari preferensi pribadi, hal-hal praktis (biaya, lokasi, dan semacamnya), hingga sekolah yang ingin dipilih.

0,0
13 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah anakAnda perlu mempertimbangkan sejumlah hal dalam memilih sekolah anak
Memilih sekolah anak perlu memerhatikan berbagai pertimbangan, terutama untuk sekolah dasar. Sebab, sekolah dasar merupakan fondasi yang diperlukan supaya anak bisa meraih kesuksesan di masa depan. Terlebih lagi, setelah anak mulai sekolah, sebagian besar kesehariannya mungkin dihabiskan di lingkungan sekolah.Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu berpikir panjang sebelum memutuskan untuk mendaftarkan anak ke sekolah dasar. Artikel ini akan membahas seputar tips memilih sekolah dasar untuk anak dan alasan mengapa Anda harus melakukannya.

Tips memilih sekolah anak yang tepat

Mulai dari preferensi pribadi hingga faktor sekolah, berikut adalah beberapa tips memilih sekolah dasar untuk anak yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Tentukan nilai dan preferensi pribadi Anda

Anda dapat memilih sekolah anak yang terbaik berdasarkan nilai dan preferensi pribadi yang bisa dijadikan acuan.Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih sekolah berdasarkan statusnya (negeri atau swasta) berdasarkan kelengkapan fasilitasnya, pengalaman pribadi Anda sekolah di sana, pendidikan agama yang diberikan, dan sebagainya.

2. Perhatikan hal-hal praktis (biaya, lokasi, dan semacamnya)

Anda juga dapat memilih sekolah anak berdasarkan hal-hal praktis, misalnya lokasi sekolah, biaya, akses transportasi, hingga di mana saudara kandung atau temannya bersekolah.Bagi sebagian orangtua, biaya sekolah yang terjangkau atau tersedianya beasiswa mungkin dapat menjadi faktor penting dalam memilih sekolah. Sementara bagi orangtua lainnya, menyekolahkan semua anak-anaknya di sekolah yang sama menjadi pertimbangan utama.

3. Kenali sekolah yang ingin Anda pilih

Cara memilih sekolah untuk anak selanjutnya adalah berdasarkan faktor-faktor yang menunjang sekolah yang ingin Anda pilih. Misalnya, fasilitas sekolah, sistem belajar, akreditasi, kemajuan sekolah dari tahun ke tahun, prestasi sekolah, atau reputasi sekolah lainnya.Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa aspek penting lainnya dalam mencari sekolah anak, seperti:
  • Prosedur penerimaan sekolah dan persyaratan masuk
  • Besar kecilnya kelas dan kemampuan mengajar guru
  • Apakah sekolah tersebut hanya untuk jenis kelamin tertentu atau campuran
  • Apakah budaya dan filosofi yang dianut di sekolah tersebut telah sesuai dengan nilai dan preferensi pribadi Anda.
Jangan ragu untuk mencari tahu dan menanyakan berbagai hal di atas kepada pihak sekolah sebelum Anda memutuskan untuk memasukkan anak ke sana.

Alasan Anda harus memilih sekolah yang tepat untuk anak

Anak siap-siap sekolah
Sekolah yang tepat dapat menjaga kualitas hidup anak
Memilih sekolah yang tepat dapat membantu anak membangun kepribadian dan fondasi penting dalam hidupnya di masa depan. Sekolah anak yang baik dapat berkontribusi dalam aspek-aspek berikut.

1. Membangun fondasi yang baik untuk masa depan anak

Prestasi akademis yang baik akan membuat anak menjadi lebih percaya diri. Anak juga akan dapat memilih jenjang sekolah lebih tinggi dengan kualitas terbaik dan mendapatkan kesempatan lebih baik dalam menentukan masa depannya.Hal ini dimulai dengan memilih sekolah yang bagus untuk mendukung anak supaya bisa berprestasi dan membangun fondasi masa depannya.

2. Menjaga kualitas hidup anak

Memilih sekolah yang tepat juga dapat menjaga kualitas hidup anak. Contohnya, jika Anda memilih sekolah anak yang menurut Anda bagus, tetapi letaknya jauh dari rumah, sebaiknya pertimbangkan kembali hal tersebut.Pasalnya, anak Anda akan menghabiskan waktu terlalu lama di jalan yang berpotensi membuatnya terlalu letih, serta berbagai risiko lainnya saat menempuh perjalanan panjang menuju dan pulang dari sekolah.Demikian juga untuk memilih full day school karena tidak semua anak bisa cocok dengan sekolah jenis ini. Sebagian anak mungkin malah menjadi tertekan karena terlalu lama menghabiskan waktu di sekolah.

3. Membangun jiwa kepemimpinan anak

Kemampuan untuk memimpin adalah salah satu aset penting yang dapat dimiliki anak. Kemampuan ini sebaiknya dilatih dan dikembangkan sejak masih anak-anak.Sekolah anak yang tepat dapat membantu anak mengembangkan jiwa kepemimpinan yang kuat sejak kecil melalui bantuan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.Berikan anak Anda kesempatan bereksperimen dengan hal-hal baru dan mempelajari cara-cara baru dalam berurusan dengan orang lain.

4. Mengembangkan kemampuan bekerja sama anak

Kemampuan bekerja sama atau kerja tim merupakan keterampilan yang sangat penting diperlajari untuk anak supaya bisa bertahan dan berkembang di dunia yang lebih besar. Di masa depan, anak mungkin harus bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang.Memilih sekolah yang bagus dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan dalam menghadapi dan bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, sambil berusaha mencapai tujuan pribadinya.Itulah tips memilih sekolah dasar untuk anak. Setiap orangtua tentunya memiliki berbagai pertimbangan berdasarkan kondisi masing-masing dalam memilih sekolah yang bagus.Ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu bersama anak ke beberapa sekolah untuk memastikan si kecil mendapatkan sekolah yang terbaik.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips parentingsekolahanak sekolah
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-learning/preschool/choosing-a-school
Diakses 27 Agsutus 2021
Our Neighbourhood Australia. http://ourneighbourhood.com.au/the-importance-of-choosing-the-right-school-for-your-children/
Diakses 27 Agsutus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait