7 Tips Membuat Payudara Kencang dan Padat yang Aman Tanpa Operasi

Bra yang tepat dapat membuat payudara kencang dan padat
Memilih bra yang tepat dan sesuai ukuran dapat membantu menjaga payudara tidak kendur

Selain rambut, payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang menjadi sumber daya tarik penampilan. Memiliki payudara yang kencang dan padat dapat membuat pemiliknya bukan hanya terlihat semakin menarik tetapi juga percaya diri.

Tak heran banyak produk seperti krim, bra, hingga alat lainnya yang mengklaim dapat membuat payudara kencang sangat laris di pasaran. Bahkan ada juga wanita yang melakukan augmentasi payudara agar tampilan dadanya tetap kencang dan menarik.

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot menjalani prosedur operasi plastik pada payudara, yang berisiko dan menguras biaya, karena ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat payudara terlihat kencang dan padat.

Cara membuat payudara terlihat kencang dan padat tanpa operasi

Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli semua krim pengencang dan alat bantu. Apa lagi melakukan operasi payudara untuk mendapatkan tampilan yang Anda mau. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat payudara terlihat kencang dan padat.

1. Latihan otot dada

Latihan otot dada adalah salah satu cara untuk membuat payudara terlihat kencang dan padat. Namun, latihan tersebut tidak secara langsung membuat payudara besar dan kencang, karena pada dasarnya payudara adalah kumpulan lemak, bukan otot.

Akan tetapi, latihan otot dada akan membantu membuat otot dada di sekitar payudara lebih kuat sehingga postur tubuh Anda cenderung tegap dan membusung. Dengan begini payudara Anda pun jadi terlihat kencang.

Beberapa olahraga yang menguatkan otot dada yang bisa Anda lakukan adalah berenang, pushup, dan bench press.

2. Latih otot lainnya

Selain otot dada, Anda juga perlu melatih keseluruhan otot lainnya untuk memperlihatkan payudara kencang dan padat. Latihan otot perut, punggung, bahu, paha, dan lengan dapat membantu meningkatkan penampilan payudara Anda.

3. Perbaiki postur tubuh

Selain melatih otot, Anda juga dapat memperbaiki postur tubuh, karena postur tubuh sangat berpengaruh pada penampilan payudara. Postur yang membungkuk akan membuat payudara terlihat menurun dan bahkan dapat meningkatkan kekendurannya.

Perbaiki postur tubuh dengan berdiri tegap dan bahu sedikit ke belakang agar berat tubuh bisa tersalurkan secara imbang.

Anda juga dapat melatih core muscle dan otot punggung untuk meningkatkan postur tegap yang dapat memperlihatkan payudara kencang dan padat.

4. Terapkan pola hidup sehat

Gaya hidup sehat memiliki peran utama dalam menjaga kesehatan. Tidak terbatas pada melindungi kesehatan, pola hidup sehat juga dapat mempengaruhi penampilan payudara Anda.

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi imbang dapat berdampak pada kesehatan kulit dan otot Anda, termasuk otot-otot yang menopang payudara.

Mengonsumsi air yang cukup dapat menjaga kepadatan dan kekuatan jaringan payudara. Selain itu, berhentilah merokok karena rokok diyakini sebagai salah satu faktor yang membuat payudara kendur.

5. Turunkan berat badan

Berat badan berlebih tidak hanya berisiko mendatangkan penyakit, tetapi juga dapat memberikan tekanan berlebih pada jaringan kulit disekitar payudara dan membuatnya mengendur.

Kurangi berat badan berlebih dan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buat, serta berolahraga setidaknya 30 menit sehari sebanyak empat hari seminggu dapat membantu penampilan payudara Anda.

6. Pilih bra yang tepat

Jangan salah, jenis bra yang digunakan sangat berpengaruh terhadap penampilan payudara. Gunakanlah bra yang dapat menyokong payudara ke atas dan memiliki ukuran yang sesuai.

Anda tidak perlu membeli bra yang dapat menopang payudara secara ‘super ekstra’, karena menggunakan jenis bra tersebut justru dapat melemahkan otot yang berada di bawah payudara.

7. Pergunakan make up

Tips yang satu ini sifatnya sementara dan mendadak saja. Tapi bisa Anda gunakan di waktu-waktu darurat ketika Anda membutuhkannya. Seperti saat ingin menggunakan gaun atau pakaian pesta yang memiliki daerah terbuka di bagian dada.

Dengan menggunakan highlighter, contour stick, atau bronzer yang gelap, Anda bisa menciptakan ilusi payudara besar, kencang, dan padat sesuai dengan warna kulit yang dimiliki. Anda bisa mempelajari hal ini dari berbagai video tutorial make up.

Catatan dari SehatQ

Perlu diketahui bahwa cara-cara di atas tidak serta merta dapat mengubah payudara menjadi kencang dan padat dalam waktu instan. Untuk tips yang melibatkan olahraga misalnya. Anda tetap harus rutin berolahraga agar hasil yang diinginkan tercapai.

Namun jika Anda tetap merasa membutuhkan operasi plastik, hal tersebut tidak masalah. Asalkan  Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter bedah mengenai risiko dan efek samping yang mungkin terjadi.

Healthline. healthline.com/health/home-remedies-for-sagging-breast
Diakses pada 3 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-perky-boobs#if-you-need-a-quick-fix
Diakses pada 3 Februari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/274484-how-to-tighten-sagging-breasts/
Diakses pada 3 Februari 2020

Artikel Terkait