Tips Melakukan Senam Zumba untuk Menurunkan Berat Badan


Zumba untuk menurunkan berat badan dapat efektif jika Anda mengiringinya dengan pola makan yang seimbang. Jika dilakukan dengan intensitas tinggi, Zumba dapat membakar sekitar 369 kalori per 40 menit latihan.

0,0
23 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Senam zumba menurunkan berat badan dianggap bisa efektif jika diiringi dengan pola makan seimbangZumba dianggap bisa membantu menurunkan berat badan
Efektivitas Zumba dalam menurunkan berat badan membuat olahraga ini menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Jika Anda belum tahu, Zumba adalah sebuah latihan aerobik berenergi tinggi yang melibatkan gerakan tarian Latin dengan mengikuti irama musik salsa.Kelas Zumba termasuk salah satu kelas kebugaran yang digemari pada berbagai belahan dunia karena latihannya tidak membosankan. Latihan tari Zumba dengan intensitas ringan hingga tinggi, dipercaya mampu membakar 300-900 kalori dalam satu jam.Dilansir dari Medicinenet, jika Anda melakukan latihan Zumba secara konsisten sekitar 2-3 kali dalam seminggu, disertai dengan latihan kekuatan dan diet seimbang, dapat membantu Anda mencapai target penurunan berat badan yang diharapkan.

Tips menurunkan berat badan dengan Zumba

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus melakukan diet defisit kalori. Artinya Anda harus mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dikeluarkan tubuh Anda.Untuk penurunan berat badan yang efektif, sehat, dan berkelanjutan, dibutuhkan defisit kalori sebanyak 500 kalori per hari. Salah satu upaya membakar kalori yang bisa Anda lakukan adalah latihan senam Zumba untuk menurunkan berat badan.Untuk menjalankan rencana diet dengan latihan Zumba untuk menurunkan berat badan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Tentukan kebutuhan kalori harian Anda

Wanita umumnya membutuhkan 1200 kalori harian dan pria membutuhkan 1500 kalori harian untuk menurunkan berat badan. Kebutuhan Anda bisa saja berbeda dengan orang lain tergantung dari beberapa faktor. Kelebihan asupan kalori dapat dibakar dengan senam Zumba menurunkan berat badan.

2. Ketahui cara tepat membakar kalori dengan Zumba

Jumlah kalori yang dibakar lewat latihan Zumba dapat berbeda bagi setiap orang. Hal ini tergantung pada usia, genetik, berat badan, intensitas latihan, dan kondisi kesehatannya.Sebagai gambaran umum, sebuah penelitian yang dirilis Journal of Sports Science and Medicine menunjukkan bahwa senam Zumba dapat membakar rata-rata 9,5 kalori per menit atau sekitar 369 kalori per 40 menit. Beberapa jenis kelas Zumba dengan intensitas tinggi bahkan mampu membakar lebih banyak kalori.

3. Frekuensi latihan Zumba untuk menurunkan berat badan yang disarankan

Durasi dan frekuensi latihan Zumba yang tepat juga tergantung pada kondisi kebugaran dan target setiap pelakunya.Anda bisa mengacu pada hasil studi yang disinggung sebelumnya, yakni dengan durasi sekitar 40 menit untuk membakar rata-rata 369 kalori pada setiap sesinya. Jadwalkan latihan secara rutin setidaknya 3 kali per minggu. Jadwalkan latihan secara rutin setidaknya 3 kali per minggu.

4. Sertai dengan diet sehat

Diet sehat juga harus diperhatikan agar program menurunkan berat badan bisa sejalan dengan kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa saran dalam menjalankan diet dengan Zumba untuk menurunkan berat badan adalah:
  • Makan setiap tiga jam sekali agar tubuh tetap berenergi.
  • Konsumsi biji-bijian utuh (whole grains), protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayur-mayur.
  • Hindari karbohidrat olahan, seperti roti, pasta, atau kukis.
  • Pilih camilan yang sehat.

Kekurangan Zumba untuk menurunkan berat badan

Ada beberapa kekurangan Zumba untuk menurunkan berat badan yang juga perlu Anda ketahui. Beberapa kekurang tersebut meliput:
  • Beberapa kelas senam Zumba pemula untuk menurunkan berat badan mungkin tidak terlalu intens sehingga tidak bisa membakar kalori sesuai target yang diharapkan. Sebaiknya pilih kelas Zumba yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda. Banyaknya kalori yang Anda bakar dengan mengikuti kelas senam Zumba, mungkin saja tidak sebanyak yang Anda kira sebelumnya.
  • Zumba untuk menurunkan berat badan tidak memiliki latihan kekuatan. Maka, diperlukan tambahan latihan kekuatan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan dan penurunan berat badan yang lebih cepat.

Manfaat Zumba lainnya bagi kesehatan

Selain menurunkan berat badan dan mengecilkan perut, Zumba juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti:
  • Meningkatkan daya tahan jantung. Gerakan dansa interval intensitas tinggi dan sedang dalam Zumba adalah latihan yang sangat baik untuk jantung.
  • Fleksibilitas otot. Gerakan Zumba juga dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas otot-otot tubuh.
  • Peregangan otot. Gerakan dasar Zumba dianggap mampu meregangkan dan mengencangkan otot-otot tubuh.
  • Pembentukan otot. Latihan langkah Zumba menggabungkan beban untuk membangun otot di lengan, kaki, dan bokong.
  • Meningkatkan energi dan suasana hati. Zumba merupakan latihan yang seru dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan energi Anda.
Latihan senam Zumba untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan juga sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Termasuk bagi orang dengan kondisi medis tertentu, seperti kondisi jantung, kolesterol tinggi atau diabetes.Namun, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya. Selain itu, perhatikan kondisi Anda sebelum, selama, dan setelah menjalankan latihan senam Zumba untuk menurunkan berat badan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
olahragatips olahraga
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/is_Zumba_good_for_losing_weight/article.htm
Diakses 9 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/Zumba-for-weight-loss#Can-Zumba-help-you-lose-weight?-
Diakses 9 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/calorie-deficit
Diakses 9 September 2021
Fitness Blender. https://www.fitnessblender.com/articles/does-Zumba-work-for-weight-loss-Zumba-calories-burned-benefits-and-myths
Diakses 9 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait