Pasangan yang baru menikah biasanya masih canggung dan bingung ketika harus menjalani malam pertama
Setelah janji suci terucap, saatnya Anda dan pasangan menunaikan 'malam pertama'

“Malam pertama” selalu identik dengan aktivitas seksual antara suami dan istri yang baru menikah. Bisa jadi yang terlintas adalah hal-hal yang sensual, menyenangkan, dan penuh keterbukaan antara dua insan manusia.

Sekarang, kita akan ulas tips malam pertama bagi pria dan wanita, karena malam pertama bukan sekadar urusan buka-bukaan.

Benarkah malam pertama selalu menyenangkan?

Akui saja, terkadang aktivitas seksual tidak menjadi hal favorit bagi sebagian orang karena rasa kurang nyaman yang bisa terjadi sebelum, saat, dan sesudah melakukannya.

Contoh sederhana: penetrasi penis ke vagina saat berhubungan seksual hanya akan terasa tidak sakit apabila pihak wanita telah merasa rileks. Ketika merasa terangsang, liang vagina akan terlubrikasi sehingga basah dan memudahkan penetrasi penis.

Namun apakah semudah itu? Terkadang ada banyak hal yang membuat malam pertama tidak berlangsung seindah ekspektasi. Misalnya saat pihak wanita merasa lelah setelah acara pernikahan dan ingin segera istirahat, namun justru harus memenuhi “kewajiban” bercinta di malam pertama.

Apabila tidak merasa rileks, mustahil pihak wanita akan menikmati aktivitas seksual. Belum lagi saat malam pertama kerap masih banyak urusan seputar pesta pernikahan yang belum rampung, saudara yang mengajak ngobrol hingga larut malam, dan lain sebagainya.

Tentu suasananya akan jauh berbeda jika dilakukan saat bulan madu, hanya kalian berdua di tempat berlibur yang menyenangkan.

Untuk mengantisipasi agar malam pertama tidak terasa bagai “kewajiban” tapi sebagai “momen spesial”, simak tips malam pertama berikut ini yuk!

Tips malam pertama

Ada banyak faktor yang berpengaruh pada momen malam pertama pasangan yang baru menikah, baik itu urusan fisik maupun mental. Kita akan membedah tips malam pertama dari kedua hal tersebut.

Berikut ini beberapa tips malam pertama agar berlangsung menyenangkan:

1. Persiapkan diri

Bukan hanya mempersiapkan diri untuk pesta pernikahan saja, persiapkan juga diri Anda untuk malam pertama. Sangat wajar jika merasa kikuk, ragu, atau bingung apa yang harus dilakukan ketika pertama kali berhubungan seksual.

Ingat, hubungan seksual adalah hal yang begitu menyenangkan. Pastikan hal ini selaras dengan apa yang Anda rasakan. Apabila belum siap malam pertama langsung di malam setelah pesta, komunikasikan kepada pasangan Anda.

Idealnya, menunggu sehari dua hari untuk benar-benar siap bukan masalah besar. Semakin Anda siap untuk malam pertama, akan semakin menyenangkan pengalaman yang didapat.

2. Bangun mood

Selain fisik yang harus siap, mood juga tidak kalah penting. Pastikan kedua pihak benar-benar mood untuk melakukan malam pertama. Jangan sampai ada pikiran yang menyita dan membuat tidak fokus untuk berhubungan seksual.

Lagi-lagi, kuncinya adalah komunikasi. Sampaikan apa yang sedang Anda rasakan. Atau mungkin, saling berbagi cerita tentang apa yang dirasakan juga dapat membantu membangun mood.

Selain bercerita, bangun mood juga bisa dilakukan dengan menata kamar dengan nuansa menenangkan. Lilin dengan aroma lembut, penerangan temaram, sampai pakaian lingerie juga bisa dipersiapkan.

3. Berdandan sesuai selera pasangan

Menyambung tips malam pertama sebelumnya, baik pria maupun wanita sama-sama perlu “berdandan” untuk menyambut momen malam pertama yang spesial ini.

Misalnya bagi wanita, gunakan lingerie yang seksi untuk menambah gairah. Bagi pria, tampil dengan bersih dan gunakan parfum beraroma macho juga bisa menambah mood.

Hal ini tentu berbeda bagi setiap pasangan. Cari tahu apa yang paling disukai pasangan masing-masing dan beri mereka kejutan sebelum melakukan hubungan seksual.

4. Foreplay tidak terburu-buru

Tips malam pertama berikutnya adalah melakukan foreplay dengan rileks dan tidak terburu-buru. Take your time. Apalagi bagi pasangan yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual, foreplay adalah fase untuk saling mengenal titik rangsang satu sama lain.

Jangan ragu untuk menyampaikan pada pasangan apa yang disukai dan kurang disukai saat foreplay maupun dalam seluruh rangkaian hubungan seksual. Komunikasikan detil terkecil dan jangan menutupinya.

Bagi pria, lakukan foreplay dengan perlahan dan lembut. Perlakukan wanita dengan anggun. Pihak wanita pun bisa melakukan hal yang sama, dengan tetap mengomunikasikan apa yang dirasakan kepada pasangan.

5. Membasuh organ intim usai berhubungan

Hal penting yang juga jangan sampai terlewat adalah membasuh organ intim setelah berhubungan seksual. Terlebih bagi wanita yang rentan mengalami infeksi kandung kemih, membasuh vagina bisa menghilangkan bakteri dari bagian anus yang bisa terbawa hingga dekat lubang berkemih.

Pria pun perlu melakukan hal yang sama. Basuh penis dengan air bersih. Tidak perlu menggunakan sabun khusus baik bagi pria maupun wanita karena rentan merusak pH alami organ intim Anda.

6. Siapkan air minum

Jangan sepelekan pentingnya air minum saat malam pertama. Aktivitas seksual bisa membakar 100 kalori. Lebih jauh lagi, pria bisa membakar 4.2 kalori per menit, sementara wanita 3.1 kalori. Sangat wajar jika Anda merasa haus di tengah-tengah hubungan seksual.

Untuk itu, siapkan air minum yang mudah dijangkau dari tempat tidur agar Anda bisa melanjutkan kembali aktivitas seksual. Game on!

7. Cari posisi yang tepat

Tips malam pertama terakhir terutama bagi pria: cari posisi yang tepat untuk melakukan penetrasi. Ingat bahwa vagina adalah organ elastis namun untuk hubungan seksual pertama kalinya, mungkin tidak semudah itu.

Ketika mencoba satu posisi, tanyakan apakah pasangan Anda merasa nyaman. Jika tidak, coba cari posisi lain. Lakukan trial and error sampai menemukan posisi yang paling nyaman untuk Anda berdua.

Tips bagi wanita, selain jangan ragu menyampaikan apa yang Anda rasakan, juga aktiflah bergerak merespon rangsangan dari pasangan Anda. Lama kelamaan, Anda akan menemukan ritme bercinta yang semakin menyenangkan.

Tentu 7 tips malam pertama di atas tidak baku dan berlaku sama bagi setiap pasangan. Setiap sentuhan, setiap eksplorasi, dan setiap komunikasi akan mendefinisikan cara bercinta masing-masing pasangan.

Jangan ragu untuk menyampaikan apa yang mengganjal, dan katakan pula ketika rangsangan tertentu terasa sangat nikmat. Ingat, pasangan Anda bukan seorang mind reader, kan? Selamat mencoba!

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/save-your-sex-life/201108/when-sex-hurts-tips-and-tricks-overcome-discomfort
Diakses 18 September 2019

The Health. https://www.thehealthsite.com/sexual-health/how-to-have-sex-the-step-by-step-guide-166115/
Diakses 18 September 2019

Women’s Health. https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a19929825/things-to-do-after-sex/
Diakses 18 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed