Tips Pakai Makeup untuk Kulit Kering agar Riasan Tahan Lama


Penggunaan makeup yang salah bisa membuat tampilan wajah menjadi tidak prima dan menimbulkan masalah kulit baru. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui tips pakai makeup untuk kulit kering. Kuncinya adalah dengan mengoleskan pelembap serta memilih produk kosmetik berbahan dasar krim atau cair.

0,0
03 Nov 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
makeup untuk kulit kering harus disesuaikan dengan kondisi kulitSelalu oleskan pelembap terlebih dulu sebelum menggunakan produk makeup untuk kulit kering
Apakah Anda memiliki jenis kulit wajah kering? Jika iya, Anda mungkin pernah merasa kesulitan menggunakan produk makeup. hasil riasan yang kerap kali tampak retak (cracking) bahkan mengelupas. Kini tak perlu khawatir, ada berbagai tips make up untuk kulit kering yang bisa dicoba untuk mencegah kondisi kulit kering dan mengelupas.

Tips pakai make up untuk kulit kering

Penggunaan makeup yang salah bisa membuat tampilan wajah menjadi tidak prima. Belum lagi, mungkin akan ada berbagai masalah kulit yang timbul. Untuk menghindarinya, berikut adalah berbagai tips make up untuk kulit kering yang bisa Anda ikuti.

1. Oleskan pelembap dulu

Pakai pelembap dulu sebelum oles make up untuk kulit kering
Oleskan pelembap yang mengandung hyaluronic acid
Pelembap merupakan salah satu produk skincare untuk kulit kering yang wajib digunakan sebelum pakai makeupPasalnya, kulit wajah kering adalah jenis kulit yang tidak dapat menghasilkan minyak alami cukup sehingga dibutuhkan penggunaan pelembap untuk melembapkan kulit. Dibandingkan lotion, pilihlah pelembap untuk kulit kering yang teksturnya lebih kental atau tebal. Pastikan Anda menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat. Selain pelembap, Anda juga bisa menggunakan serum mengandung hyaluronic acid untuk meningkatkan kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan membuat makeup lebih awet dan bertahan lama di wajah.

2. Pilih produk makeup berbahan dasar krim atau cair

Pemilik kulit kering wajib memilih produk makeup berbahan dasar krim atau cair. Umumnya produk makeup ini mengandung minyak sehingga mampu melumasi permukaan kulit wajah Anda yang kering.Hal ini termasuk saat memilih foundation untuk kulit kering, blush on (perona pipi), hingga eye shadowBila ingin menggunakan primer, pilihlah produk mengandung dimethicone. Kandungan ini diyakini dapat melumasi dan melembutkan kulit yang kering.Tak hanya melembapkan, bahan dasar makeup krim atau cair dapat membuat hasil akhir wajah tampak dewy. Sebaiknya, hindari penggunaan produk makeup dengan hasil akhir matte atau full coverage.Selain foundation, coba gunakan BB cream (beauty balm). BB cream tidak hanya sekadar meratakan warna kulit, melainkan juga mengandung pelembap yang baik untuk kulit kering, seperti hyaluronic acid dan vitamin B. Dengan begitu, tampilan kulit Anda akan tampak lebih segar.

3. Pakai spons untuk memulas foundation

Sebagian besar perempuan mungkin menggunakan jari tangan untuk memakai foundation di wajahnya. Namun, cara pakai makeup ini kurang tepat bagi orang yang memiliki kulit wajah kering. Memulas foundation dengan jari justru rentan membuat tampilan wajah tampak retak.Untuk menghindari hal ini, coba gunakan spons makeup atau beauty blender untuk memulas dan meratakan berbagai produk makeup untuk kulit kering. 
Gunakan spons make up untuk kulit kering
Gunakan spons lembap saat memakai foundation
Caranya, basahi spons atau beauty blender terlebih dulu dengan air agar mengembang, kemudian peras kelebihan airnya sampai terasa lembap. Seorang ahli penata rias menyarankan agar Anda menotolkan foundation cair di beberapa tiitik wajah hingga leher. Selanjutnya, gunakan spons makeup atau beauty blender lembap untuk meratakan ke seluruh permukaan wajah. Namun, jangan dipakai dengan cara digosok atau ditekan agar produk makeup dapat terserap dengan baik.

4. Tidak perlu pakai bedak

Bedak memang berfungsi untuk mempercantik wajah. Selain itu, bedak juga dapat mengunci foundation agar dapat menempel sempurna pada wajah.Akan tetapi, bagi pemilik kulit kering, penggunaan bedak justru dapat berisiko membuat wajah semakin kering dan hasil makeup terlihat cracking. Akibatnya, hasil riasan tidak akan bertahan lama.Bedak bisa menyerap produksi minyak berlebih pada kulit. Padahal, pemilik kulit kering mungkin sudah kehilangan kadar minyak alami pada wajahnya.Namun, bila tipe kulit Anda cenderung mengilap di area T wajah (dahi, hidung, dan dagu), coba pakai sedikit bedak pada area tersebut. Anda juga dapat menggunakannya hanya pada area bawah mata untuk mengunci concealer. Jika wajah tidak berminyak sama sekali, sebaiknya Anda tidak perlu memakai bedak.

5. Jangan lupa semprotkan face atau hydrating mist

Setting spray sebagai produk make up untuk kulit kering
Semprotkan setting spray sebelum menggunakan produk make up
Kulit wajah kering rentan mengalami kulit mengelupas atau pecah-pecah saat menggunakan makeup. Maka dari itu, face mist atau hydrating mist menjadi produk makeup untuk kulit kering yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Penggunaan face mist atau hydrating mist mampu membuat wajah menjadi lebih segar sehingga riasan wajah bisa bertahan lama. Cukup semprotkan produk ini jika wajah Anda mulai terasa kering di siang hari.Selain memakai face mist, Anda juga dapat menyemprotkan setting spray sebelum memoles produk makeup.

6. Gunakan lipstik yang tepat

Jika bibir Anda juga tergolong kering, hindari penggunaan lipstik dengan hasil akhir matte atau formula tahan lama. Pasalnya, jenis lipstik ini hanya akan membuat bibir semakin cepat kering. Sebagai alternatifnya, produk make up untuk kulit kering yang cocok di bibir adalah yang mampu memberi kilau nan segar seperti lip glossSebelum memulas perona bibir, tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu mengeksfoliasi bibir dengan scrub. Anda bisa menggunakan scrub bibir alami yang terbuat dari gula dan madu. Scrub gula dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan, manfaat madu mampu melembapkan bibir. Cara lain untuk scrub bibir adalah menggunakan sikat gigi untuk mengikis sel-sel kulit mati pada permukaan bibir Anda. Rutin mengoleskan pelembap khusus bibir pada malam hari juga dapat memperbaiki kondisi bibir kering.

7. Oleskan sunscreen 

Selalu pakai tabir surya sebelum pakai make up untuk kulit kering
Oleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan
Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kulit wajah terasa kering. Oleh karena itu, penting menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari urutan make up untuk kulit kering.Anda disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Oleskan pada permukaan wajah 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah. Oleskan sunscreen kembali setiap 2-3 jam tergantung aktivitas yang Anda lakukan.Anda juga perlu mengoleskan tabir surya saat mendung atau sinar matahari tidak terik. Sebab, sinar matahari, terutama sinar ultraviolet, tetap dapat merusak kulit saat cuaca dingin.

8. Rutin eksfoliasi wajah 

Pemilik kulit kering mungkin akan merasa kulitnya pecah-pecah atau terkelupas beberapa jam setelah memakai makeup. Hal ini mungkin dapat terjadi akibat adanya penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba mengeksfoliasi wajah dengan scrub lembut sebelum menerapkan urutan make up untuk kulit kering.Manfaat eksfoliasi wajah mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga produk skincare atau makeup yang digunakan dapat terserap dengan baik pada kulit. Setelah eksfoliasi, Anda disarankan untuk melembapkan kulit dengan pelembap. Lakukan eksfoliasi kulit sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. BACA JUGA: Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara merawat kulit wajah kering

Selain memperhatikan cara pakai make up untuk kulit kering, Anda juga perlu melakukan perawatan kulit yang tepat agar wajah tidak terlihat kusam, mengelupas, bahkan pecah-pecah. Misalnya: 
  • Jangan membasuh wajah terlalu sering. Pemilik kulit wajah kering disarankan untuk mencuci muka hanya 1-2 kali sekali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Sebaiknya, gunakan air dengan suhu biasa, bukan air hangat.
  • Pakai sabun cuci muka yang tepat. Gunakan sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan, mengandung pelembap dan ceramide, atau berbentuk gel, serta bebas dari alkohol, pewarna, dan zat pewangi buatan. Jika kulit rasanya seperti ditarik-tarik setelah mencuci muka, artinya sabun cuci muka tersebut tidak cocok untuk Anda.
  • Minum air putih yang cukup. Minum air yang cukup bisa jadi cara mengatasi wajah kering yang mampu membantu kulit terhidrasi menjadi lebih lembap. 
  • Gunakan humidifier atau pelembap udara. Humidifier bekerja dengan cara membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Penggunaannya dapat membuat kelembapan kulit terjaga sehingga terasa lebih lembap. 
  • Kenakan aksesori pelindung area wajah. Anda bisa menutupi area wajah dengan topi, masker, atau scarf untuk melindungi muka dari paparan sinar matahari dan cuaca kering atau sedang berangin. Dengan demikian, tampilan makeup juga dapat bertahan lama.
Itulah berbagai tips make up untuk kulit kering agar tampilan riasan tetap awet dan prima sepanjang hari. Jangan lupa juga untuk senantiasa merawat kulit kering secara rutin guna memaksimalkan hasil riasan wajah.Jika Anda masih kesulitan untuk menggunakan makeup untuk kulit kering, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui produk riasan yang cocok sesuai kondisi kulit. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi dulu melalui App Store dan Google Play.

tips makeup dan merawat kulit kering

kulit keringperawatan kulitkulit dan kecantikanmakeup
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/make-your-makeup-last-dry-skin#1
Diakses pada Oktober 2018
Prevention. https://www.prevention.com/beauty/makeup/g25608062/best-foundation-dry-skin/
Diakses pada Oktober 2018
Self. https://www.self.com/story/makeup-tips-for-dry-skin
Diakses pada 3 November 2021
The Healthy. https://www.thehealthy.com/skin-health/makeup-for-dry-skin/
Diakses pada 3 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/6-tips-relive-dry-skin-fast#1
Diakses pada 3 November 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 3 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait