Tips Belajar Make Up Sendiri untuk Pemilik Kulit Berminyak

Produk makeup non-comedogenic menjadi pilihan tepat untuk pemilik wajah berminyak.
Pilih produk make up non-comedogenic dan yang bebas minyak.

Setiap orang memiliki minyak pada wajahnya. Namun, ada yang kadarnya berlebihan dan membuat kulit wajah tampak sangat berminyak. Untuk mengatasi kondisi ini, ada tips mudah untuk belajar make up sendiri, bagi pemilik kulit berminyak.

Jangan sampai karena mempunyai jenis kulit berminyak, Anda jadi enggan menyentuh peralatan make up lagi.

[[artikel-terkait]]

8 Tips Belajar Make Up Sendiri untuk Pemilik Kulit Berminyak

Anda bisa tetap tampil cantik dengan makeup, meski memiliki jenis kulit berminyak. Jika belum mengetahui caranya, ikuti tips berikut ini untuk mempelajari cara mengaplikasikan riasan, tanpa membuat kulit wajah Anda terlihat terlalu berkilap.

1. Selalu Gunakan Primer 

Penggunaan primer akan membuat makeup lebih lama bertahan di wajah. Sebelum mengaplikasikan makeup, oleskan primer pada area wajah yang paling berminyak, yaitu zona-T (wajah, hidung, dagu).

Pilih primer yang bebas minyak dan tidak akan membuat wajah berkilap. Pastikan Anda sudah membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan primer, foundation, bedak, maupun produk makeup lainnya.

2. Hindari Concealer untuk Kelopak Mata

Untuk menghindari kemungkinan riasan makeup mata Anda rusak, hindari melapisi kelopak mata dengan concealer. Sebagai gantinya, gunakan primer yang dirancang khusus untuk kelopak mata.

Dasar ini menjadikan kelopak mata sebagai kanvas yang sempurna untuk eye shadow dan liner, sekaligus menyerap minyak yang menyebabkan riasan mata rusak sepanjang hari.

3. Jangan Gunakan Bedak Secara Berlebihan

Ketika Anda memiliki kulit berminyak, menggunakan bedak berlapis mungkin terdengar seperti hal yang tepat. Namun, ternyata terlalu berlebihan dapat menjadi bumerang karena hal tersebut dapat membuat pori-pori mendorong produksi minyak yang lebih banyak.

Tips makeup untuk kulit berminyak lainnya yang perlu Anda ketahui adalah, dengan mengaplikasikan bedak hanya pada area yang berminyak saja. Gunakan produk yang memiliki formula matte translucent yang dapat mengurangi minyak pada kulit.

4. Bawa Kertas Minyak untuk Wajah

Tidak peduli seberapa mulus dan matte makeup di pagi hari, jika memiliki wajah yang cenderung berminyak, maka wajah Anda akan mulai berminyak di siang hari. Bawa dan gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih pada wajah.

Agar kertas minyak tidak merusak makeup di wajah Anda, sebaiknya Anda hanya menekan kertas di bagian wajah yang berminyak lalu mengangkatnya, bukan menggosoknya pada wajah Anda.

5. Pilih Produk Makeup Bebas Minyak

Karena kulit secara alami memproduksi minyak dalam jumlah yang cukup banyak, pilihlah produk makeup yang bebas minyak dan non-comedogenic, yang berarti produk tersebut tidak menyumbat pori-pori Anda. Selain itu, gunakan juga pembersih wajah dan toner yang sudah dilengkapi dengan asam glikolat, yang mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

6. Cari Produk yang Tahan Lama

Air dan minyak dapat memberikan efek yang sama pada makeup: membuatnya terlihat kotor, luntur, atau licin. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan produk riasan mata yang tahan air, kedap air, atau tahan lama. Salah satu kombinasi terbaik adalah eyeliner yang tahan air dan eyeshadow dalam bentuk krim yang digunakan setelah primer mata.

7. Fokus pada Kulit yang Lembut

Krim-krim yang berat dan antipenuaan memang baik untuk digunakan di malam hari, tetapi jika Anda hendak menggunakan makeup, pilihan terbaik makeup untuk kulit berminyak adalah memilih pelembap yang ringan serta mampu menghidrasi kulit tanpa menghasilkan banyak minyak. Pertimbangkan juga untuk menggunakan serum karena cenderung lebih ringan.

Jangan lupakan tabir surya Anda. Carilah formula yang bebas minyak. Setelah mengaplikasikannya, letakkan tisu di wajah Anda dan tekan dengan lembut. Langkah ini diperlukan untuk menghilangkan kelebihan minyak, sebelum menerapkan foundation pada wajah Anda.

8. Kurangi Kelebihan Minyak

Sekali atau dua kali seminggu, gunakan masker perawatan wajah. Masker yang terbuat dari kaolin atau bentonit adalah yang terbaik untuk jenis kulit berminyak. Sebab, dua bahan tersebut secara alami menyerap minyak dan kotoran, dan mampu menenangkan iritasi. Diamkan masker selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Penyebab Kulit Berminyak

Setidaknya, ada tiga faktor yang menyebabkan kulit berminyak, yaitu genetik, usia, serta lingkungan tempat tinggal. Apakah Anda memiliki kondisi-kondisi berikut ini?

1. Genetik:

Kulit berminyak merupakan kondisi yang sifatnya diturunkan dalam keluarga. Jadi jangan heran jika kulit memiliki minyak berlebih, karena orangtua Anda pun mempunyai jenis kulit tersebut.

2. Usia:

Terkadang, pori-pori kulit membesar seiring bertambahnya usia dan berat badan. Pori-pori yang membesar ini pun cenderung memproduksi lebih banyak minyak.

3. Lingkungan Tempat Tinggal:

Selain faktor genetik, lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh. Individu yang tinggal di lingkungan lembap dan panas, lebih berpotensi memiliki kulit berminyak.

WebMD.
https://www.webmd.com/beauty/features/oily-skin-how-to-make-makeup-last
Diakses pada Oktober 2018

Healthline.
https://www.healthline.com/health/oily-skin-causes
Diakses pada 13 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed