Tips Makan Sehat saat Stres Melanda


Emotional eating adalah respon tubuh Anda dalam menghadapi stres, dan bukanlah masalah utamanya. Stres adalah masalah utama yang harus Anda atasi jika ingin menghentikan kebiasan buruk ini.

(0)
21 Apr 2021|Marco Anthony
Saat stres seseorang tergoda untuk makan camilan tidak sehatSaat stres seseorang tergoda untuk makan camilan tidak sehat
Penyebab stres sering kali datang dalam berbagai bentuk. Mulai dari kemacetan yang berkepanjangan, tugas pekerjaan yang menumpuk dan tak kunjung berakhir, hingga masalah keluarga. Saat mengalami stres, tubuh secara alamiah mencari pelampiasan. Salah satunya dengan makan.Emotional eating adalah salah satu bentuk pelarian seseorang dalam menghadapi perasaan stres. Anda makan bukan karena lapar, namun agar perasaan Anda kembali baik.Meski “ngemil” bisa membantu membuat mood Anda lebih baik, nyatanya hal itu hanya berlangsung sementara. Dalam jangka panjang, hal ini dapat memengaruhi kesehatan dan pola makan Anda.Terlebih, saat stres seseorang cenderung memilih camilan yang tak sehat seperti cokelat, biskuit, dan kue. Akibatnya Anda bisa mengalami kelebihan berat badan dan juga rentan mengalami penyakit seperti diabetes dan serangan jantung

Tips makan sehat saat stres

Jika Anda sering mendapati diri makan camilan tak sehat saat stres, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

1. Bawa camilan sehat saat Anda bepergian

Jika Anda memiliki kebiasaan emotional eating, tentunya camilan adalah hal yang pertama Anda cari. Oleh karena itu selalu bawa camilan sehat sebagai “target” pelampiasan Anda. Anda bisa membawanya di tas, menyimpannya di kantor atau mobil sehingga mudah diambil.Beberapa camilan sehat yang bisa Anda coba adalah mixed nuts, granola bar, energy bar. Atau jika Anda ingin camilan yang lebih sederhana, buah-buahan seperti pisang dan apel bisa menjadi alternatif yang baik dan tentunya jauh lebih sehat dibandingkan snack biasa.

2. Makan secara teratur

Usahakan untuk makan secara teratur. Terutama jangan lewatkan waktu sarapan. Sarapan membantu menjaga kadar gula darah stabil dan membuat perut tetap kenyang. Jika Anda lapar bersamaan dengan stres, maka Anda akan lebih “kalap” dalam melahap makanan.Untuk menghadapi emotional eating, pastikan tubuh Anda sudah kenyang. Tujuannya agar Anda bisa meyakinkan diri Anda untuk menolak keinginan untuk makan karena tubuh sudah kenyang.

3. Hindari minum kopi setelah jam 2 siang

Kafein dalam kopi memang dapat membuat Anda lebih bersemangat. Namun efeknya bisa bertahan selama 6 jam di dalam sistem peradaran darah. Tentu hal ini akan mengganggu waktu istirahat Anda.Saat kurang tidur, Anda lebih rentan terserang stres yang akhirnya kembali memicu keinginan untuk ngemil.

Pilhan camilan sehat saat stres

Jika Anda masih dalam tahap mengganti camilan biasa ke camilan sehat, berikut daftar yang bisa Anda coba.
  • Ubi
  • Telur rebus
  • Biji bunga matahari (kuaci)
  • Brokoli rebus
  • Blueberry
  • Chickpeas
  • Kimchi
  • Teh kamomil
  • Teh hijau (matcha)

Cara berhenti makan saat stres

Keinginan untuk makan saat stres biasanya dapat berlalu dengan sendirinya. Oleh karena itu Anda perlu mencari kegiatan lain yang menyehatkan untuk mengalihkan perhatian. Saat Anda stres dan menyadari timbulnya keinginan untuk makan, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut:
  • Berbicara pada teman tentang hal yang membuat Anda stres
  • Membaca buku/majalah atau mendengarkan musik favorit Anda
  • Jogging
  • Meditasi
  • Merapikan rumah, mencuci pakaian
  • Menulis jurnal
Hal-hal ini akan membantu mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk makan.

Catatan dari SehatQ

Emotional eating adalah respon tubuh Anda dalam menghadapi stres, dan bukanlah masalah utamanya. Stres adalah masalah utama yang harus Anda atasi jika ingin menghentikan kebiasan buruk ini. Anda dapat mencoba berbagai cara mengatasi stres, mulai dari menulis jurnal, yoga, hingga berkonsultasi dengan terapis.Namun, sementara Anda berjuang mengatasi perasaan tertekan, menerapkan tips makan yang benar bisa menolong Anda tetap sehat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar mengatasi stres, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalstresgangguan stres akut
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/features/stress-proof-eating
Diakses pada 8 April 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/stop-emotional-eating
Diakses pada 8 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/stress-relieving-foods
Diakses pada 8 April 2021
Verywell Mind.  https://www.verywellmind.com/how-to-combat-stress-with-good-nutrition-3144529 
Diakses pada 8 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait